Blog SABDA
22Jun/220

Kelas PPB: Menjelajahi Dunia Alkitab Perjanjian Baru

Hai, Sahabat SABDA. Saya sungguh bersukacita karena dapat menyapa Sahabat lagi melalui blog ini. Kali ini, saya tidak akan bercerita banyak karena saya akan membagikan beberapa testimoni dari peserta yang mengikuti kelas Pembimbing Perjanjian Baru (PPB) . Kelas diskusi yang berlangsung pada 8 – 15 Juni 2022 akhirnya meluluskan 75 peserta dari 93 orang yang mengikuti. Wow, puji Tuhan! Kiranya seluruh peserta yang sudah lulus bisa mendapatkan bekal untuk semakin serius mendalami dan mengenal dunia Alkitab Perjanjian Baru.

Kalau ditanya apa yang saya pelajari dari kelas PPB ini, pasti sangat banyak. Saya belajar lagi tentang bagaimana dunia PB sangat penting dalam mendalami setiap nats yang saya gali (memperhatikan konteks budaya, agama, dll.). Saya juga belajar tentang bagaimana jemaat mula-mula yang sangat eksis untuk menjadi berkat di tengah-tengah situasi sulit yang mereka alami. Banyak pembelajaran dari diskusi peserta yang membuat saya sangat kagum dan mengucap syukur kepada Tuhan karena Dia bisa memberikan firman-Nya untuk saya pelajari sampai saat ini. Tuhan benar-benar hebat!

Nah, bagaimana nih pendapat dan testimoni dari peserta kelas PPB? Mari kita baca beberapa testimoni peserta dari masing-masing kelas diskusi ya!

1. Indriwati Taine (PPB 1)

Sungguh bersyukur kembali dapat belajar di kelas MLC, yaitu kelas PPB. Melalui kelas ini, saya terus diperlengkapi dengan pemahaman yang baru tentang latar belakang Perjanjian Baru. Dengan latar belakang Paulus, Allah memilih dan memanggil orang kudus-Nya untuk memberitakan Injil Allah, bahkan melengkapinya dengan kuasa Roh Kudus. Berkat yang saya terima sangat banyak, tetapi iman Paulus menjadi teladan dan semakin kagum akan kuasa Allah melalui Roh Kudus sehingga Paulus tetap kuat meski disiksa dan dianiaya. Dia semakin teguh dalam pemberitaan Injil. Teladan dari hidup jemaat mula-mula bertekun dalam pengajaran sangat penting, selain berdoa, karena akan membawa hubungan yang intim dengan Tuhan. Ini adalah gaya hidup yang saya dapat pakai.

Terima kasih SABDA MLC yang telah memfasilitasi sehingga saya dimungkinkan belajar sebagai orang awam untuk memahami Alkitab dengan baik. Peran rekan dalam kelas dan moderator yang setia mengarahkan dalam diskusi memberkati dan memperkaya pengertian saya akan pentingnya PPB. Berakhirnya kelas ini adalah awal baru bagi saya untuk lebih aktif menyelidiki Alkitab pada berbagai waktu sehingga saya dapat membagi firman-Nya dengan benar kepada orang lain. Harapan saya untuk kelas selanjutnya, saya dapat kesempatan lagi meski saya sangat terbatas dalam penyajian hasil penggalian, tetapi rindu Tuhan melengkapi. Aplikasi komitmen lebih intens untuk selalu baca Alkitab. Akhirnya, saya ucapkan terima kasih kepada: Ibu Yulia sebagai Narasumber, Ibu Evie sebagai moderator, Kak Rode sebagai admin, serta seluruh tim SABDA. Tuhan Yesus memberkati pelayanan SABDA sehingga semakin maju menjadi berkat bagi masyarakat luas.

2. Thomas B.A. (PPB 2)

Pertama, saya mengucapkan puji syukur kepada Tuhan dan juga mengucapkan terima kasih kepada tim SABDA online karena saya telah diberi kesempatan bergabung sekolah online gratis. Bahan ajar materi lengkap. Pesertanya dari seluruh gereja di Indonesia, bahkan Asia. Dapat bukti e-Sertifikat belajar PPB untuk peserta yang lulus. Kedua, saya sangat senang dan tertarik dalam diskusi tanya jawab.

Pelajaran menarik tentang pengorbanan dan perjuangan gereja mula-mula dalam mempertahankan iman percaya kepada Yesus Kristus. Kita seharusnya patut menghargai gereja mula-mula yang berani mewartakan Injil sehingga kita, orang Kristen saat ini, menikmati kasih karunia menjadi orang Kristen masa kini. Mempertahankan iman pada zaman milenium abad ke-21 sekarang lebih mudah karena dijamin undang-undang dan dilindungi Hak Asasi Manusia (HAM). Berbeda situasi kondisinya dengan zaman gereja mula-mula yang penuh penindasan. Oleh sebab itu, materi belajar PPB ini perlu kita ajarkan kepada anak-anak dan keluarga kita untuk mempelajari Perjanjian Baru dengan lebih mendalam.

Saya ucapkan banyak terima kasih untuk founder, owner, moderator, fasilitator, worker dari tim SABDA – MLC yang peduli dan berjuang untuk jemaat gereja di seluruh Indonesia. Sukses terus program SABDA belajar online MLC, serta terima kasih para peserta yang berbagi referensi bahan diskusi tambahan. Semoga kita dapat belajar kembali materi lainnya tentang Alkitab. Sampai jumpa kembali. Tetap semangat. Salam kasih.

3. Shirley Lo (PPB 3)

Saya sangat mengucap syukur kepada Tuhan Tritunggal dan juga kepada pihak SABDA karena memberi peluang kepada orang awam seperti saya untuk mempelajari Alkitab PB walau dalam masa yang begitu singkat. Jujur, sangat berat untuk mengikuti kelas yang bertajuk diskusi karena ketiadaan pengetahuan dalam bidang alkitabiah, apa lagi berapologetika. Banyak ilmu baru tentang PB yang dapat saya cerna sepanjang 1 minggu yang lalu. Walau bagaimanapun, beberapa hal penting yang sudah saya pelajari adalah:

  1. Mesti rajin membaca Alkitab.
  2. Mesti ada rujukan yang baik.
  3. Mesti dibimbing oleh pribadi yang paham tentang Alkitab.
  4. Jangan menyerah walau waktu kelihatannya hanya ada 24 jam sehari.
  5. Tetap semangat dan bersandar pada Roh Kudus dalam mempelajari firman-Nya.

Akhir kata, saya mau memberikan penghargaan kepada moderator kami, Mbak Roma, juga kepada Mbak May sebagai admin yang memberi kekuatan untuk ikut serta dalam PPB ini. Tidak dilupakan kepada teman seperjuangan, Ibu Maria yang sudah mengajak saya untuk menerima berkat Tuhan sepanjang PPB ini berlangsung. Sekian. Terima kasih. Tuhan memberkati. Amin.

4. Supriyono (PPB 4)

Shalom! Puji Tuhan! Bersyukur kepada Tuhan Yesus Kristus, Sang Juru Selamat, Kepala Gereja, saya bisa mengikuti kursus online Pembimbing Perjanjian Baru yang diadakan oleh Yayasan Lembaga SABDA Ministry Learning Center/MLC mulai Kamis, 9 s/d Selasa, 14 Juni 2022. Materi Pembimbing Perjanjian Baru semakin memperkaya, menambah wawasan, dan memberkati saya pribadi, terutama dalam penggalian Alkitab/firman Tuhan. Komitmen setelah mempelajari Pembimbing Perjanjian Baru, saya akan lebih giat lagi dalam belajar, memahami, menggali, membaca, merenungkan firman Allah tentang Pembimbing Perjanjian Baru yang terkandung dalam Alkitab. Belajar dari peranan gereja mula-mula yang dapat berakar, bertunas, bertumbuh, berkembang, dan berbuah.

Ucapan terima kasih kepada moderator, Ibu Yulia Oeniyati, admin, Kak May, dan tim SABDA yang telah bekerja sama dengan para peserta kursus online tentang Pembimbing Perjanjian Baru yang memberikan saran, pendapat, koreksi, semangat, memacu, motivasi, jalinan korelasi komunikasi yang baik, dan masukan yang dapat membangun, menambah wawasan, dan memperkaya lebih dalam tentang Pembimbing Perjanjian Baru sehingga jalannya diskusi semakin hangat, memberkati semua peserta kelas PPB 4, sekalipun hanya via WhatsApp. Ada yang berhenti karena kesibukan pekerjaan dan kegiatan pelayanan lainnya.

Aplikasi praktis: sungguh menjadi berkat bagi saya pribadi sehingga kami dapat mempraktikkannya, seperti halnya para rasul melalui pimpinan Roh Kudus dipakai Tuhan, memperkenalkan Kristus sebagai Juru Selamat. Puji Tuhan! Akhirnya. Soli Deo gloria. Segala kemuliaan hanya bagi Tuhan.

Itulah beberapa testimoni dari peserta yang mengikuti kelas PPB. Lihat testimoni peserta lainnya dalam link berikut ya: https://live.sabda.org/mlc.php?title=pembimbing_perjanjian_baru#gsc.tab=0. Kiranya materi dan diskusi dapat mendorong seluruh peserta untuk terus belajar latar belakang dunia Alkitab Perjanjian Baru dan melihat konteksnya sehingga semua peserta yang lulus dapat memahami maksud dari firman Tuhan yang tertulis dalam Alkitab. Tuhan Yesus memberkati.



Roma

Tentang Roma

Romauli Marpaung telah menulis 36 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.