Blog SABDA
18Apr/220

Studi Ber-Media Alkitab: Belajar Alkitab secara Multimedia

SABDA kembali melaksanakan event GoSABDA! pada 8 April 2022. Saat itu, materi yang disampaikan berjudul Studi Ber-Media Alkitab yang dipresentasikan oleh dua rekan saya dari divisi Media SABDA, yakni Pioneer dan Nehemia.

Judul Studi Ber-Media Alkitab ini masih terkait dengan seri GoSABDA! sebelumnya, yang saya dan Pioneer presentasikan beberapa waktu lalu (Studi Ber-Komik Alkitab). Karena melalui seri ini, SABDA ingin menunjukkan bahwa ada begitu banyak cara yang tersedia bagi kita untuk menggali kebenaran Alkitab pada zaman ini.

Di awal presentasi, Pioneer dan Nehemia menunjukkan kepada audiens beberapa fakta tentang keadaan kita pada zaman ini. Mulai dari fakta tentang pemerataan jaringan internet di Indonesia, melonjaknya pengguna media sosial di Indonesia pada beberapa tahun terakhir, begitu banyaknya waktu yang dihabiskan oleh rata-rata penduduk Indonesia, hingga konten-konten multimedia yang sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan kita pada zaman ini. Untuk menajamkan poin multimedia, kedua pemapar juga membandingkan cara manusia berinteraksi dengan berbagai media pada zaman dahulu (sebelum smartphone menjadi sesuatu yang umum) dan cara manusia berinteraksi dengan multimedia pada zaman digital ini.

Lebih jauh lagi, kedua pemapar memaparkan juga bentuk-bentuk media Kristen zaman dahulu seperti khotbah, cerita perumpamaan, gulungan kitab, dll.. Semua media ini tidak serta-merta digantikan oleh bentuk yang lebih modern, tetapi diperluas menjadi bentuk media lain, seperti: film, video pendek, animasi, lagu, audio khotbah, himne, lukisan, traktat, dsb.. Pada zaman digital ini, segala bentuk media (yang kini disebut multimedia karena merupakan gabungan dari beberapa media sekaligus) kekristenan dapat diakses dan menolong orang untuk mempelajari firman Tuhan. Beberapa contoh bahan multimedia semacam itu juga dapat ditemukan dengan mudah di antara produk-produk pelayanan SABDA, antara lain dalam bentuk Alkitab AYT Bergambar, komik Yesus Mesias (Menurut Kitab Markus), Alkitab Suara, LUMO, dan film Yesus. Dalam program BaDeNo (Baca – Dengar – Nonton), bahan-bahan multimedia ini bahkan menjadi cara belajar Alkitab yang sangat menarik dan dapat memperluas pemahaman kita terhadap teks Alkitab.

Memasuki pembahasan inti, pemapar menunjukkan landasan yang kokoh bagi Studi Ber-Media Alkitab, yakni:

  • Media Alkitab menjadi sarana mendalami firman Tuhan.
  • Media Alkitab membantu memvisualkan peristiwa/konsep/tokoh yang sedang dipelajari.
  • Media Alkitab menjadi sarana yang solid, dapat menjadi terjemahan yang dapat dipercaya.

Dengan landasan ini, Studi Ber-Media Alkitab terbukti dapat menjadi cara yang baik untuk mempelajari firman Tuhan, apalagi kita dapat melakukannya dengan memakai metode PA (pendalaman Alkitab) yang sudah umum, seperti: metode S.A.B.D.A., OIA, WWG, dll.. Hal ini juga dibuktikan dengan contoh kasus yang diberikan oleh kedua pemapar. Dalam contoh yang menggunakan video LUMO tersebut, pemapar memperkenalkan 2 jalur dalam mempelajari firman Tuhan, yakni jalur teks dan jalur visual (menonton video). Kedua jalur ini memiliki langkah-langkah yang mirip, seperti: memilih kata/frasa/ayat yang berkesan (untuk jalur teks) dan memilih kata/frasa/ayat/image yang berkesan (untuk jalur visual), dilanjutkan dengan alasan pemilihan hal-hal yang menarik tersebut, dan pelajaran apa yang didapatkan dari bagian yang dipilih itu. Setelah itu, penggali firman Tuhan juga perlu memperhatikan apakah ada perbedaan kesan yang didapat dari kedua jalur tersebut. Setelah menarik pelajaran, dia harus menarik satu kebenaran untuk dilakukan (aplikasi).

Pemaparan ini kemudian ditutup dengan rangkaian foto kegiatan Studi Ber-Media Alkitab yang pernah dilakukan oleh SABDA. Dari foto-foto ini, semakin jelas bahwa Studi Ber-Media Alkitab dapat dilakukan dan diadaptasikan ke dalam berbagai bentuk PA untuk berbagai segmen usia; baik anak-anak, remaja, maupun orang dewasa.

Dari seri GoSABDA! kali ini, saya kembali diingatkan bahwa kita sangat diberkati dengan begitu banyak media untuk mendalami firman Tuhan, mulai dari teks (dengan berbagai versi terjemahannya), komik, klip dan film, bahkan gabungan dari berbagai media itu. Karena itu, belajar Alkitab secara multimedia seharusnya sudah menjadi menu yang wajar dalam PA kita sehari-hari.

Oh ya, untuk menonton seri GoSABDA! secara lengkap, silakan berkunjung ke https://live.sabda.org/events.php?id=gosabda#gsc.tab=0
Tuhan Yesus memberkati!

Yudo

Tentang Yudo

Yosua Setyo Yudo telah menulis 17 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.