Blog SABDA
24Mar/220

Kelas “Memahami Makna Paskah” — Antara Pertolongan Tuhan dan Kerja Keras

Shalom Sahabat MLC, kali ini saya akan membagikan pengalaman saya selama persiapan dan pelaksanaan kelas Memahami Makna Paskah (MMP) kemarin. Saya sungguh bersyukur kepada Tuhan atas pertolongan-Nya dalam persiapan dan pelaksanaan kelas MMP ini.

Mengenai pertolongan Tuhan dalam mempersiapkan kelas ini, sebenarnya sempat ada wacana kalau pelaksanaannya akan ditunda karena ada beberapa hal yang perlu disesuaikan, khususnya terkait modul. Rencananya, kelas MMP dilaksanakan pada 9 – 16 Maret 2022. Namun, dua hari sebelum pelaksanaan, tepatnya Senin, 7 Maret 2022, ternyata materi masih perlu disesuaikan. Secara akal pikiran manusia, ini mustahil jika kelas dilaksanakan sesuai jadwal. Namun, karena pertolongan Tuhan dibarengi dengan kerja keras, akhirnya modul tetap bisa diselesaikan tepat waktu. Meski masih ada proses edit teknis, modul tetap bisa diberikan kepada peserta sebagai bahan diskusi.

Pertolongan Tuhan tidak hanya berhenti pada persiapan kelasnya, tetapi juga pada pelaksanaan kelas diskusi MMP ini. Melalui modul yang dibagikan dan pertanyaan diskusi yang diberikan, peserta sangat tertolong untuk mendalami lagi tentang arti Paskah. Terlebih lagi saat ini, kita juga memasuki masa pra-Paskah sehingga menolong peserta untuk mempersiapkan Paskah ini dengan baik.

Dalam kelas MMP ini, saya bertugas sebagai moderator kelas diskusi MMP 1. Secara pribadi, saya bersyukur menjadi moderator dalam kelas diskusi MMP 1. Saya melihat Tuhan benar-benar bekerja melalui diskusi yang terjadi dan peserta dapat memahami materi dengan baik. Terbukti dengan jawaban-jawaban peserta yang sangat baik dan tidak terkesan asal menjawab dari pertanyaan yang diberikan. Selain itu, peserta kelas diskusi MMP 1 ini cukup antusias untuk berdiskusi dalam kelas. Banyak peserta saling menanggapi dan mempertajam pembahasan diskusi jika ada jawaban yang masih bisa digali kembali. Bukti antusiasme peserta kelas diskusi MMP 1 ini juga terlihat dari referensi di luar modul yang mereka bagikan dalam grup. Ini menandakan bahwa peserta bersedia menggali lebih dalam lagi.

Jika melihat ke belakang, pada saat persiapan kelas MMP hingga pelaksanaan kelas yang berjalan baik, dan juga antusiasme peserta dalam mengikuti diskusi di kelas, saya melihat Tuhan benar-benar bekerja dan memberi pertolongan kepada kami. Pada akhir diskusi, setiap peserta harus berbagi Kabar Baik melalui pertanyaan survei yang diberikan kepada mereka. Puji Tuhan! Yang paling menggetarkan hati adalah setelah membaca testimoni dan kesaksian dari peserta kelas MMP ini. Oh ya, di bawah ini, saya cantumkan testimoni dari perwakilan peserta di masing-masing kelas MMP. Semoga bisa menjadi kesaksian yang baik atas pertolongan dan campur Tuhan dalam kelas MMP ini.

MMP 1 – David C.E. Lisapaly (Kendari)

Pengalaman berharga saat saya mengikuti kelas MMP adalah saya mendapat banyak wawasan dan pengetahuan baru melalui modul yang diberikan maupun saat berinteraksi di kelas bersama teman-teman. Hal ini semakin membangun iman saya terhadap makna kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus yang telah rela berkorban

sebagai penebus dosa umat manusia. ….

MMP 2 – Deny Rochman Trimuljono (Gresik)

… Dalam kelas ini, banyak sekali manfaat yang saya dapatkan. Selain menguatkan, juga memberikan motivasi untuk kita bersaksi. Terlebih survei untuk orang yang belum mengenal/percaya pada Yesus tentang arti Paskah bagi orang Kristen. Bisa jadi sarana untuk bersaksi melalui apa arti momen Paskah. ….

MMP 3 – Emilia Dewi Kristinawati (Blitar)

Terima kasih yang tidak terhingga untuk kelas diskusi MMP, terutama untuk fasilitator dan moderator yang tidak bosan mengingatkan kami satu per satu. Untuk rekan-rekan semua, terima kasih support-nya. Sungguh bersyukur kita memiliki Yesus, yaitu Sang Juru Selamat. Melalui kasih dan anugerah-Nya, kita beroleh hidup yang kekal. Teladan Sang Guru Agung harus kita nyatakan dalam kehidupan kita sehingga banyak jiwa mengaku dan percaya hanya Yesus satu-satunya jalan kebenaran dan hidup. ….

MMP 4 – Ni Made Lidia (Ampana)

… Semula, saya kurang yakin bisa mengikuti semua tahapan dalam kelas diskusi MMP ini. Khawatir tidak ada waktu karena bekerja di kantor, khawatir diskusi akan seharian dan dalam bentuk Zoom. Namun, ternyata semua tidak seperti yang saya khawatirkan. Ketika saya berkomitmen menjadi murid, saya diminta untuk bersedia dahulu, lalu taat menjalani semua proses dengan terus melibatkan Tuhan. ….

Melalui testimoni ini, kita bisa melihat betapa peserta merasa sangat diberkati dan dikuatkan setelah mengikuti kelas MMP ini. Ini bukti nyata bagaimana Tuhan sungguh bekerja sangat luar biasa melalui kelas MMP ini. Terpujilah Tuhan yang Hidup. Jika Sahabat SABDA ingin membaca seluruh testimoni peserta lainnya, silakan kunjungi situs pesta.org.

Sekali lagi, selamat bagi peserta yang lulus dan selamat menjalani masa pra-Paskah dan Paskah tahun ini dengan rasa syukur yang mendalam kepada Allah kita. Amin.

Bima

Tentang Bima

Mattheau Bima telah menulis 19 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.