Blog SABDA
10Mar/220

Menghayati dan Memeriahkan PASKAH dengan BaDeNo

Shalom Sahabat SABDA. Apa kabar? Kiranya semua dalam keadaan baik dalam Tuhan ya. Btw, sebentar lagi mau Paskah 2022, bagaimana nih persiapan Sahabat SABDA dalam menyongsong Paskah nanti? Semoga persiapan hati dan acaranya berjalan baik ya. Nah, ngomong-ngomong tentang Paskah, bahasan blog saya kali ini pas sekali lho. Saya akan berbagi tentang BaDeNo Paskah, yang pernah disampaikan oleh Ibu Evie dalam acara SABDA Live pada 2 Maret 2022. Bagi Sahabat SABDA yang belum mengikuti acaranya, yuk mampir di halaman situs SABDA Live. Eitz, sebelum mampir ke dokumentasinya SABDA Live, baca ceritaku terkait SABDA Live kemarin ya.

Jadi, ceritanya begini … dalam acara kemarin, Ibu Evie membagi presentasinya menjadi beberapa bagian, yang masing-masing saling terkait tentunya. Pada bagian awal, Ibu Evie mengajukan pertanyaan terkait persiapan diri kita terkait Paskah. Ketika bertanya, Ibu Evie juga melihat kondisi yang tidak menentu di sekitar kita, mulai dari zaman dengan perubahan teknologi yang cepat sampai kepada efek yang timbul dari pandemi COVID-19. Melihat kondisi tersebut, Ibu Evie menekankan dengan tegas mengenai komitmen dan disiplin kita, sebagai orang percaya, yang harus dijalani selama pra-Paskah sampai Paskah. Kita jangan malah mengabaikan momen ini dengan membuat beragam alasan untuk do nothing, tetapi lebih pada do the best for God di tengah kondisi yang serba sulit ini. Nah, Ibu Evie juga sempat sekilas menyinggung sejarah singkat terkait pra-Paskah yang biasa dilakukan 40 hari sebelum Paskah, yang dimulai pada hari Rabu. Kita biasanya menyebutnya dengan Rabu abu. Biasanya, selama masa pra-Paskah, berbagai disiplin rohani dilakukan, seperti: berdoa, bersedekah, dan berpuasa/berpantang.

Lalu, bagaimana ya kira-kira pra-Paskah dan Paskah pada era serba digital ini? Nah, pertanyaan ini dijawab oleh Ibu Evie dengan PA Paskah yang multimedia dan sistematis selama tujuh minggu, sekaligus untuk memperkenalkan BaDeNo Paskah. BaDeNo merupakan singkatan dari Baca, Dengar, Nonton Alkitab. Dengan BaDeNo ini, diharapkan akan mendorong pengguna dapat berinteraksi dengan Alkitab secara teratur sehingga nantinya menumbuhkan kedisiplinan dan kehidupan Kristen yang bertumbuh pada era digital ini. Patut dicoba untuk Sahabat SABDA yang belum pernah menggunakannya! BaDeNo Paskah sendiri merupakan program 7+ minggu disiplin pra-Paskah dan Paskah dengan pendalaman alkitab secara multimedia dan sistematis, dengan tema-tema menarik setiap minggunya. Inilah tema-temanya:

– Minggu 1+: Nubuat Mesianik dalam PL dan Mazmur mengenai Kedatangan Sang Juru Selamat
– Minggu 2: Awal Minggu Sengsara/Minggu Terakhir Yesus Masuk ke Yerusalem Disambut sebagai Raja
– Minggu 3: Minggu Terakhir Yesus
– Minggu 4: Perjamuan Terakhir dan Doa Yesus
– Minggu 5: Yesus Ditangkap dan Diadili
– Minggu 6: Penyaliban dan Kematian Yesus
– Minggu 7: Kebangkitan Yesus
– Extra Lahirnya Gereja

Tidak lupa juga, Ibu Evie membagikan bagaimana cara ber-PA menggunakan BaDeNo Paskah ini. Dimulai dengan membaca/mendengar/menonton pasal hari itu, memilih ayat yang berkesan beserta alasan mengapa memilih ayat tersebut, pikirkan bagaimana ayat tersebut menolong pribadi kita dalam menghayati Paskah, dan yang terakhir temukan pelajaran penting, ambillah aplikasi, sharing pokok doa, dan bagikan. Selain dibagi secara personal, Sahabat SABDA juga dapat membagikannya di Grup Facebook Alkitab Setiap Hari. Luar biasa!

Dari acara SABDA Live kali ini, saya belajar bagaimana memanfaatkan media digital untuk membantu lebih lagi dalam menikmati Alkitab. Selain itu, saya juga belajar bagaimana ditolong untuk menghayati dan memeriahkan masa Paskah, minimal dimulai dari diri sendiri dengan ber-PA menggunakan BaDeNo Paskah. Dan tentunya, tidak lupa mengajak teman-teman lainnya untuk ber-PA dengan bahan dari BaDeNo Paskah ini. Yeah!

Akhir kata, semoga kita semua dapat memaknai Paskah tahun ini dengan benar! Shalom.

Andy

Tentang Andy

Andy Saktia telah menulis 12 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.