Blog SABDA
4Mar/220

Asyiknya Belajar dengan Komik Alkitab

Belum lama ini, tepatnya 25 Februari 2022, SABDA Biblical Engagement mengadakan seminar seri GoSABDA! Studi Ber-Komik Alkitab. Ketika membaca judul seminar ini, hati saya begitu senang. Saya jadi teringat semasa kecil akan serunya membaca komik Alkitab bersama adik-adik dan ibu. Ya, itulah salah satu pengalaman masa lalu saya yang menyenangkan. Saya rasa anak-anak muda masa kini pun tertarik belajar firman Tuhan melalui komik Alkitab.

Nah, sharing dari seri GoSABDA! kali ini disampaikan oleh Kak Yudo dan Kak Pio . Sebenarnya, sharing mengenai studi dengan komik Alkitab ini bukanlah pertama kali disampaikan oleh tim Multimedia SABDA. Walau bukan yang pertama kali, selalu saja ada hal-hal baru yang disampaikan. Mereka selalu bisa membawa kami untuk menyadari betapa serunya menikmati komik Alkitab.

Kak Yudo dan Kak Pio memulai presentasi dengan menjelaskan tentang 10 Hukum Komik. Bagian ini menunjukkan bahwa kegiatan membaca komik Alkitab tidak hanya berfokus pada cerita dan desain gambar yang bagus. Meski komik Alkitab itu menyenangkan untuk dilihat, tetapi kita juga perlu membacanya dengan serius agar kita pun tahu apa yang Tuhan inginkan melalui kebenaran firman Tuhan. Lantas, bagaimana kita bisa membaca komik-komik Alkitab ini?

Yayasan Lembaga SABDA (YLSA )bermitra dengan Kingstone Comics dari Amerika, sebuah lembaga yang memproduksi komik digital berisi cerita-cerita Alkitab bergaya Marvel Comic. Ada 72 buku komik yang siap dibaca secara online dan dimanfaatkan untuk melakukan studi Alkitab, baik secara pribadi maupun berkelompok. Komik Alkitab ini sangat mendukung untuk melakukan studi Alkitab karena di setiap halaman komik terintegrasi dengan bahan-bahan multimedia Alkitab. Belajar firman Tuhan akan menjadi lebih mudah, alkitabiah, tetap relevan, dan menyenangkan.

Dalam sesi tanya jawab, ada peserta yang penasaran dan bertanya, “Bagaimana cara ber-komik Alkitab, sebab belum tahu cara menggunakannya?” Tentang hal ini, kami sudah menyediakan panduan PA dengan komik Alkitab. Kami sendiri di pelayanan YLSA sudah menggunakan panduan ini dalam PA kelompok kami. Bersyukur panduan PA yang sudah disediakan dapat digunakan oleh gereja-gereja dan beberapa komunitas pemuda.

Pertanyaan tersebut dapat memberikan perspektif baru bagi peserta, terutama mereka yang selama ini takut jika fokus anak-anak muda terhadap Alkitab dialihkan ke komik. Hmm … rasanya hal itu tidak benar karena dalam komik Alkitab ini, setiap halamannya terhubung dengan Alkitab digital dan sumber-sumber referensi berkualitas lainnya. Kita, khususnya generasi muda, pun dapat langsung membagikan konten melalui barcode yang tersedia. Asyik dan relevan bukan? Studi dan komik Alkitab bukanlah hal yang terpisah, melainkan bisa terhubung satu sama lain. Di PPA gereja saya pernah juga melakukan studi Alkitab dengan menggunakan komik Alkitab Kingstone Indonesia. Kebanyakan yang hadir saat itu adalah pelajar SMU hingga kuliah. Saya melihat bagaimana kami sangat terberkati melakukan studi Alkitab dengan komik Alkitab, sebab ada panduan PA dan kami bisa merefleksikan firman Tuhan melalui pertanyaan yang terdapat dalam komik tersebut.

Bagaimana dengan Anda? Apakah masih suka bosan saat baca Alkitab? Yuk baca komik Alkitab! Saya berharap Anda semua akan semakin mencintai Alkitab . Tuhan kita baik dan kreatif, Ia bekerja aktif memakai anak-anak-Nya agar kita bisa semakin mengenal dan memahami kehendak-Nya.

Yuk lakukan studi ber-komik Alkitab dan ajak teman, keluarga, dan rekan pelayanan Anda ya!

Rode

Tentang Rode

Rode Pardede telah menulis 26 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.