Blog SABDA
17Jan/220

Kuis Alkitab Interaktif: Fitur Terbaru dari Scripture App Builder

Versi terbaru Scripture App Builder (SAB) memungkinkan pengguna membuat aplikasi Android yang memuat kuis interaktif dengan pilihan ganda. Pada Kamis, 6 Januari 2022, saya dan beberapa rekan dari divisi ITS SABDA berkesempatan untuk menyaksikan presentasi tentang fitur terbaru SAB ini dalam webinar bertajuk Building Interactive Bible Quiz Apps Using Scripture App Builder (Membuat Aplikasi Kuis Alkitab Interaktif dengan Scripture App Builder) yang diselenggarakan oleh EMDC Online. Melalui tulisan kali ini, saya ingin berbagi tentang garis besar dari presentasi tersebut dan sedikit tanggapan atau pendapat pribadi saya tentang fungsi baru ini.

Materi dalam webinar EMDC yang sudah saya sebutkan tadi dibawakan oleh Richard Margetts, salah satu pemimpin tim domain untuk bidang Scripture Engagement di SIL Afrika Frankofon. Dia tergabung dalam tim strategi digital SIL sekaligus terlibat dalam pengembangan program Scripture App Builder. Sebagai catatan tambahan, saya cukup sering berkunjung ke forum komunitas pengguna/pengembang Scripture App Builder. Saya dapat mengatakan bahwa pembicara merupakan salah satu anggota yang cukup aktif menjawab atau menanggapi pertanyaan dari anggota komunitas lain seputar kesulitan yang mereka hadapi ketika menggunakan SAB atau ide/masukan dari mereka terkait pengembangan SAB ke depan.

Secara garis besar, presentasi materinya sendiri terbagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama diawali dengan demo dari contoh aplikasi kuis yang dihasilkan dengan SAB. Fokus dari bagian pertama ini adalah untuk memberikan gambaran umum kepada peserta tentang hal-hal apa saja yang dimungkinkan dengan fitur baru ini. Kemudian, bagian kedua dilanjutkan dengan tutorial pembuatan aplikasi kuis semacam ini dengan SAB itu sendiri. Dalam bagian ini, peserta dapat melihat langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk membuat pertanyaan kuis, menentukan jawaban yang benar dan yang salah, menambahkan gambar atau suara, dan sebagainya. Terakhir, presentasi ditutup dengan pembahasan terkait berbagai ide atau potensi penerapan dari fungsi kuis ini.

Setelah menyimak keseluruhan presentasi, secara pribadi saya mendapati bahwa fitur kuis dalam SAB ini masih berada pada tahap yang sangat awal. Maksud saya, masih cukup banyak keterbatasan atau kekurangan yang perlu diatasi dan diperbaiki agar fitur ini dapat menjadi lebih stabil. Selain itu, saya kira ada juga beberapa hal lain yang dapat ditingkatkan untuk pengembangan fitur ini ke depan. Namun, terlepas dari kedua hal tersebut, hadirnya fitur baru ini tetap perlu disambut dengan baik karena berbagai potensi baru yang dimungkinkan olehnya.

Berbicara tentang potensi, saat membahas tentang hal tersebut, pembicara berulang kali menekankan pentingnya kontekstualisasi — untuk mengenal audiens kita, yaitu orang-orang yang akan menggunakan aplikasi kita, lalu mengembangkan sesuatu yang relevan bagi mereka. Dan, dari beberapa potensi penerapan yang sempat dibahas dalam presentasi, saya kira yang paling relevan dengan konteks budaya di Indonesia saat ini adalah mengembangkan aplikasi yang dapat menolong meningkatkan literasi Alkitab. Sebagai contoh, kita dapat mengembangkan aplikasi yang mengemas cerita Alkitab yang dipadukan dengan kuis interaktif untuk menguji pemahaman pengguna tentang cerita yang sudah dibaca/didengarkan/ditonton. Kita bisa mencantumkan info lebih lanjut tentang hal-hal tertentu dalam kuis sehingga pengguna dapat diperkaya dengan wawasan yang mungkin tidak tercakup dalam cerita atau setidaknya rujukan yang dapat dituju jika pengguna ingin melakukan penyelidikan lebih lanjut tentang topik tersebut. Dengan demikian, kebenaran Alkitab dapat lebih mudah diterima melalui penyajian yang menarik dan interaktif, dan pengguna dapat didorong untuk mencari tahu lebih banyak.

Di SABDA, salah satu proyek yang pasti akan mendapatkan manfaat besar dari fitur kuis dari SAB ini adalah proyek “Apa dan Siapa dalam Alkitab”, sebuah aplikasi mobile yang memuat beragam informasi seputar tokoh, tempat, benda, binatang, atau peristiwa dalam Alkitab. Fitur ini akan sangat menolong kami untuk menyajikan beragam informasi tersebut secara interaktif dalam bentuk kuis pilihan ganda, yang dapat dilengkapi dengan wawasan atau media seputar berbagai topiknya. Kiranya pengembangan proyek ini bisa makin maju dengan hadirnya fitur baru ini.

Bersyukur karena kita dapat melihat bahwa Scripture App Builder terus berkembang mengikuti perkembangan teknologi dan kebutuhan pelayanan terkini. Kiranya Tuhan terus memberkati setiap orang yang terlibat dalam pengembangan program ini dan setiap orang yang menggunakannya bagi perluasan Kerajaan Allah di bumi. Kiranya segala hal yang dihasilkan dengan program ini dapat membuka pintu-pintu bagi masuknya Injil ke tempat-tempat yang perlu ia tuju. Amin.

Akhir kata, kiranya tulisan ini dapat menjadi berkat bagi Anda.

Odysius

Tentang Odysius

Odysius Temara telah menulis 32 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.