Blog SABDA
15Sep/210

Twitter Training: Cara Mengembangkan Rencana Akun yang Strategis di Twitter

Ketika ditanya tentang media sosial (medsos), biasanya hal pertama yang terlintas di benak kita adalah platform untuk chat atau ngobrol virtual dengan orang lain. Padahal, sekitar 10+ tahun terakhir, media sosial sudah jauh berkembang. Mulai dari kultur, penggunaan fitur, sampai fasilitas yang media sosial sediakan, sudah banyak mengalami perubahan dan peningkatan jika dibandingkan dua dekade yang lalu.

Selain tiga hal tersebut, media sosial juga meluas dari segi variasi platform, mulai dari Facebook, Instagram, TikTok, dan Twitter. Nama terakhir menjadi salah satu platform media sosial yang cukup stabil dipakai banyak orang dalam beberapa tahun ke belakang. Dengan situasi seperti itu, “makna” media sosial akhirnya mengalami pergeseran, dari yang awalnya sekadar alat komunikasi, sekarang bisa menjadi tempat untuk berbagi konten menarik, mengedukasi, bahkan berjualan. Lalu, apakah ada tempat untuk firman Tuhan bisa dikabarkan di sana? Ada dan luas!

Itulah mengapa SABDA memberikan perhatian khusus untuk sektor ini, salah satunya dengan berusaha meningkatkan skill staf media sosial melalui berbagai macam training. Dimulai sejak 22 Juli sampai 2 September 2021, setiap dua minggu sekali, tim media sosial SABDA mengikuti pelatihan “Twitter Masterclass” yang dibawakan oleh tim Customer Success dari perusahaan berlogo burung berwarna biru itu. Meskipun orientasi pelatihan ini lebih mengarah kepada bagaimana mengembangkan bisnis melalui Twitter, tetapi kami mengambil ilmu bagaimana memulai setup akun dan menjalankan campaign di dalamnya. Pelatihan ini sendiri dibagi ke dalam 4 sesi.

Sesi 1: Pemanfaatan iklan Twitter
Di sesi pertama ini, kami belajar tentang sifat orang-orang di Twitter, mengapa dan bagaimana Twitter dapat memenuhi tujuan pemasaran konten atau produk kita. Para presenter juga membahas bagaimana kita dapat mendorong pengguna untuk berinisiatif melakukan Launch dan Connect dengan kita melalui iklan.

Sesi 2: Mengatur setting akun dan overview kampanye
Dalam sesi yang kedua, tim Customer Success Specialist menunjukkan cara memulai iklan di Twitter dan menghidupkan kampanye. Mereka memandu kami untuk melakukan Pengaturan Akun Iklan diikuti dengan berbagi Kampanye yang dapat diluncurkan bisnis Anda melalui Twitter berbagai tujuan, format iklan, opsi penargetan, dan banyak lagi!

Sesi 3: Mengatur kampanye dan mengoptimalkan iklan
Kali ini, kami diajari untuk mencari tahu tujuan kampanye dan format iklan yang sesuai dengan tujuan pemasaran konten. Hal ini penting, karena dalam melakukan pemasaran konten, kita perlu target audiens yang jelas agar kampanye bisa lebih terarah. Selain itu, mereka juga membagikan tips tentang bagaimana kita dapat mendorong user feedback melalui pengoptimalan iklan.

Sesi 4: Analisa kampanye
Di sesi terakhir, kami mendapatkan pembelajaran tentang pemakaian Dashboard. Alat ini dapat menolong kita mengukur skala dan mengoptimalkan kampanye di Twitter. Di samping itu, kita juga bisa memanfaatkannya untuk melacak tayangan, keterlibatan, dan biaya setiap hasil iklan di semua tujuan kampanye yang berbeda. Hal ini berguna untuk mempelajari apa yang berhasil dan mendorong kesuksesan engagement dengan user di masa depan.

Kami berharap ilmu, prinsip, dan tips yang kami peroleh dari sesi-sesi dalam kelas ini dapat berguna dalam pengerjaan media sosial di SABDA ke depannya. Tidak hanya untuk Twitter saja, tetapi untuk platform media sosial yang lain. Bukan untuk mengembangkan akun-akun media sosial di sini menjadi business-oriented, tetapi menggunakan cara yang tepat di setiap platform dan memiliki pola pikir yang lebih terarah dalam mengabarkan konten-konten kekristenan melalui media sosial. Tuhan Yesus memberkati kita semua.

Nikos

Tentang Nikos

Nikos Septian telah menulis 17 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.