Blog SABDA
13Sep/210

Situs Alkitab SABDA, Situs Lengkap untuk Belajar Alkitab!

Shalom pembaca SABDA yang terkasih. Saya senang sekali karena dapat menyapa pembaca sekalian. Kali ini, saya akan berbagi banyak hal tentang pengalaman berharga yang saya dapatkan ketika mengikuti acara pelatihan Situs Alkitab SABDA. Acara ini merupakan pelatihan secara daring bagi mahasiswa kelas Eksegesis Biblika 2021. Pelatihan pertama berlangsung pada 24 Agustus 2021 tentang penggunaan Software SABDA .(https://www.slideshare.net/sabda/training-software-sabda) yang diikuti oleh 47 mahasiswa (S1 dan S2). Pelatihan kedua mengenai Situs Alkitab SABDA yang dilakukan pada 31 Agustus 2021 dengan diikuti oleh mahasiswa yang sama. Pelatihan ini bertujuan supaya mahasiswa dapat mengenal alat-alat biblika yang baik untuk mendukung perkuliahan serta pelayanan mereka. Bahkan, ketika mendalami firman Tuhan, mereka dapat menggali dari akar-akarnya sampai kepada pemahaman yang benar sesuai maksud penulis Alkitab. Pelatihan ini dilakukan via Zoom dan yang mempresentasikan materi Situs Alkitab SABDA adalah Ibu Yulia Oeniyati, dengan didampingi oleh Kak Hadi Pramono (staf ITS SABDA).

Ibu Evie, selaku host, memulai acara pelatihan ini dengan menyapa peserta. Saya melihat para peserta cukup fresh dan siap untuk mengikuti pelatihan ini. Terlihat dari bagaimana mereka merespons Ibu Evie saat menyapa mereka. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan doa pembukaan, lalu langsung masuk ke sesi presentasi. Sebelum Ibu Yulia memaparkan materi presentasinya, kami diajak untuk melihat video tutorial Situs Alkitab SABDA. Video ini sepertinya dibuat sejak 13 tahun yang lalu. Videonya cukup sederhana dan mudah diikuti meskipun ada tambahan-tambahan bahan untuk situs sesuai kondisi sekarang ini. Setelah selesai menyaksikan video, kami pun mulai mendengarkan presentasi Ibu Yulia yang didampingi oleh Kak Hadi juga. Materi presentasi bisa dilihat melalui link di sini https://www.slideshare.net/sabda/situs-alkitab-sabda-alkitabsabdaorg

Jujur, sebenarnya saya baru pertama kali mendapatkan pemaparan langsung tentang Situs Alkitab SABDA. Saya memakai situs ini untuk belajar teologi, melihat referensi dan segala alat yang disediakan untuk mendukung perkuliahan saya. Namun, kali ini, akhirnya saya bisa melihat secara keseluruhan mengenai situs Alkitab SABDA serta bagaimana cara menggunakannya. Sangat menarik dan melimpah!

Selama presentasi berlangsung, saya cukup fun dan mendapat banyak berkat baru meskipun situs tersebut sering saya pakai. Saya juga diingatkan kembali mengenai sejarah adanya situs Alkitab SABDA ini. Di sisi lain, Ibu Yulia menyampaikan bahwa situs ini menjadi salah satu situs terlengkap dari 10 situs terbaik di dunia. Wow, puji Tuhan! Saya sih tidak habis-habisnya bersyukur mendengarkan Ibu Yulia menerangkan bagian per bagian di situs tersebut. Semuanya saling terintegrasi, lengkap, dan disajikan secara gratis agar masyarakat Kristen, khususnya mahasiswa teologi, dapat memakainya untuk membedah Alkitab.

Ya, saya belajar banyak hal dari seminar ini. Saya bisa mendapatkan banyak penjelasan dari enam bagian tools utama di situs Alkitab SABDA. Enam tools tersebut adalah Word Tools, ITL Tools (interlinear), Chapter/Verse Tools, Media Tools, Advanced CMT Tools, and Other Tools. Semua tools tersebut masih memiliki bagian-bagian tersendiri yang sangat kaya. Bagian yang paling menarik bagi saya adalah ketika melihat referensi silang yang ada di chapter/verse tools. Di situ, saya benar-benar kaget karena ada 3/4 juta referensi yang dapat dipakai untuk pembelajaran Alkitab. Puji Tuhan!

Melalui acara pelatihan ini, saya berharap semua mahasiswa yang mengikutinya dapat melihat semua tools yang ada sebagai tools yang berharga dan dapat dipakai untuk pelayanan dan perkuliahan mereka. Di sisi lain, saya juga berharap agar mereka mau membagikan apa yang telah mereka dapatkan kepada rekan-rekan yang lainnya. Inilah pengalaman berharga yang bisa saya bagikan kepada pembaca semua. Saya mengajak pembaca untuk mengunjungi dan memakai situs Alkitab SABDA. Kunjungi situsnya sekarang juga! Tuhan Yesus memberkati.

Roma

Tentang Roma

Romauli Marpaung telah menulis 36 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.