Blog SABDA
25Feb/143

Raker YLSA 2014

Minggu pertama awal tahun 2014 merupakan minggu yang cukup padat bagi para staf YLSA. Semua staf YLSA melakukan pindahan kantor ke Griya SABDA, yang merupakan kantor YLSA yang baru. Pindahan ini berlangsung kira-kira selama empat hari. Kami melakukan pindahan bukan hanya di kantor yang baru karena kantor yang lama juga masih akan digunakan oleh Divisi ITS. Setelah kedua kantor siap digunakan, barulah rapat kerja (raker) tahunan YLSA 2014 dapat dimulai. Kami memulai raker ini pada hari Kamis, 9 Januari 2014, setelah makan siang. Sesuai dengan rencana, raker tahun ini akan berlangsung selama tiga hari.

Agenda raker hari pertama adalah laporan dari setiap divisi mengenai hasil kerja tahunannya. Presentasi laporan dilakukan oleh divisi Web, Multimedia, ITS, Publikasi, Komunitas, Proyek Alkitab Yang Terbuka (AYT) dan Alkitab Mudah Dibaca (AMD), Humas, HRD, dan Keuangan. Masing-masing perwakilan dari tiap divisi melaporkan segala sesuatu yang telah dikerjakan pada tahun 2013. Pada raker kali ini, saya mendapat kesempatan untuk mempresentasikan laporan hasil kerja dari proyek AYT yang telah dikerjakan oleh semua staf YLSA.

Dari hasil laporan, banyak keberhasilan yang telah diraih, tetapi tidak sedikit juga kegagalan yang dialami. Kami berharap keberhasilan-keberhasilan yang diraih dapat menjadi semangat untuk kami terus melayani di YLSA. Tetapi, kegagalan-kegagalan yang kami alami juga dapat menjadi motivasi untuk kami berusaha lebih baik lagi dari sebelumnya. Untuk divisi ITS, saya rasa banyak kegagalan yang kami alami. Kegagalan ini disebabkan oleh beberapa faktor. Pengerjaan proyek AYT dan AMD sepanjang tahun 2013 cukup menghabiskan banyak tenaga dan waktu sehingga banyak proyek ITS tidak dapat diselesaikan. Namun, walaupun kami tidak mempunyai waktu yang optimal, kami bersyukur karena ada banyak proyek yang tetap bisa kami kerjakan sepanjang tahun 2013. Semuanya hanya karena kekuatan dan hikmat dari Tuhan.

Selain laporan kerja dari 6 divisi, ada juga laporan tambahan dari Benny yang sangat menarik, yaitu laporan proyek Alkitab Aksara Jawa. Proyek Alkitab Aksara Jawa ini adalah proyek yang pertama kali dilakukan di Indonesia. Dalam proyek ini, Benny berhasil mengimplementasikan huruf-huruf aksara Jawa pada Alkitab bahasa Jawa sehingga menghasilkan suatu Alkitab bahasa Jawa dengan huruf aksara yang digital. Di akhir raker hari pertama, kami juga diminta membuat evaluasi dari laporan-laporan yang sudah dipresentasikan supaya bisa kami bahas pada keesokan harinya.

Pada hari kedua, hari Jumat, acara Raker diawali dengan evaluasi dari laporan divisi. Dan pada siang harinya, pada acara rencana kerja 2014, Pak Philip memulai dengan memberikan Presentasi yang berjudul “Alkitab Abad 22”. Pada presentasi tersebut dijelaskan dengan hal-hal yang berhubungan dengan proyek AYT dan Pustaka Terbuka beserta rencana pengembangannya ke depan. Setelah itu, acara diikuti dengan presentasi rencana kerja dari tiap-tiap divisi YLSA. Pada saat presentasi berlangsung, setiap staf diwajibkan membuat tanggapan yang berisi usulan beserta inovasi baru untuk tahun 2014.

Pada hari terakhir, setiap divisi diberi kesempatan untuk membahas usulan-usulan serta inovasi yang telah kami buat. Selain itu, tiap divisi juga diwajibkan untuk memberi “hadiah” sebagai partisipasi kami merayakan ulang tahun YLSA yang ke-20. Akhir dari rangkaian acara Rapat Kerja YLSA ditutup dengan makan bersama di warung makan terapung yang berada di daerah wisata Kedung Ombo.

Setelah mengikuti raker tahun ini, ada banyak pelajaran yang saya dapatkan, baik dari laporan maupun rencana yang telah kami buat. Kami merasa proyek-proyek dan tugas-tugas tahun 2014 adalah tanggung jawab yang sudah Tuhan berikan kepada kami untuk dikerjakan. Khususnya untuk mempersiapkan peluncuran Alkitab Yang Terbuka (AYT) dan juga menyambut ulang tahun YLSA ke-20. Saya berharap semua yang telah direncanakan dapat dikerjakan tepat pada waktunya sesuai dengan pimpinan dan penyertaan Tuhan. Kiranya apa yang akan kami kerjakan pada tahun 2014 ini dapat memberitakan kemuliaan Allah. Soli Deo Gloria. ^_^v

Khenny

Tentang Khenny

Khenny Palandi telah menulis 4 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (3) Trackbacks (0)
  1. Ini adalah kali kedua saya ikut Raker YLSA. Saya melihat tantangan dan ‘pe-er’ untuk pelayanan YLSA ke depan semakin besar dan banyak. Tapi, bersyukur karena kami membahas hal-hal yang lebih konkret dan ‘to the point’ sehingga kami tahu persis evaluasi dan rencana-rencana yang harus kami kerjakan di tahun ini.

    Anyway, entah kenapa saya merasa raker tahun ini lebih ringan dibanding raker tahun lalu. Iya ga teman-teman? Apa karena setelah itu kita piknik ya? haha…:p

  2. Raker tahun ini lebih komplit karena selain laporan tahunan dan rencana kerja untuk tahun 2014, ada presentasi yang tak kalah penting, yaitu presentasi Alkitab Aksara Jawa dan AYT. 😀

    Senang deh karena ada hal-hal baru di YLSA tahun ini. Semakin bersemangat dan tertantang untuk memberikan yang terbaik bagi Tuhan.

  3. Pertama kalinya saya mengikuti raker YLSA. Masa awal bagi saya untuk mengenal raker dan belajar cara presentasi saat raker. Ada yang baru pada raker tahun ini, yaitu Alkitab Aksara Jawa. 🙂 Semoga Alkitab ini bisa segera diselesaikan dan digunakan oleh users.

    Bagi rekan-rekan staf YLSA, semangat semua! Bekerja lebih giat sehingga planning bisa terealisasi. 🙂 God will makes us be Superpower 😀


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.