Blog SABDA
23May/135

Pelatihan SABDA untuk Sinode Gereja Isa Almasih di Semarang

Oleh: Suparjoko T.A.*

“Terima kasih atas pelayanannya, Pak Joko.”

Kata-kata itu yang berkesan di hati saya sebelum pergi meninggalkan SMA YSKI (Yayasan Sekolah Kristen Indonesia) yang beralamat di Jl. Sidodadi Timur 23, Semarang. Ucapan terima kasih diiringi senyuman dari hamba-hamba Tuhan malam itu membuat saya menyadari betapa besar Tuhan kita. Saya yang dari bukan siapa-siapa, tidak mengerti apa-apa, bahkan baru belajar merangkak dalam pelayanan, ataupun belajar firman Tuhan bisa dipakai oleh Tuhan untuk melayani para hamba Tuhan yang rindu menggunakan Software SABDA untuk menunjang pelayanan mereka.

Ya, pada awal bulan Mei lalu, saya beserta tim YLSA, yaitu Ade, Yegar, dan Mbak Evie, bersama-sama melayani pelatihan penggunaan Software SABDA untuk hamba-hamba Tuhan Gereja Isa Almasih (GIA) se kota Semarang. Saya belum lama bergabung dengan YLSA, bahkan baru dalam hitungan hari, tetapi saya sangat bersyukur karena teman-teman di YLSA memberi dukungan dan membantu saya untuk latihan, khususnya Ade dan Yegar yang mau mengorbankan waktu mereka pada malam hari untuk latihan presentasi. Mbak Evie juga sangat membantu dengan saran-sarannya, bahkan menyelamatkan saya dengan menjawab beberapa pertanyaan yang saya belum bisa menjawab.

Pada Kamis, 2 Mei 2013, Tim YLSA berangkat setelah makan siang, yaitu sekitar pukul 12.00 dengan mengendarai mobil menuju Semarang. Dalam mobil, kami berbincang seputar pekerjaan di YLSA dan kami sangat beruntung diantar oleh sopir yang sudah berpengalaman dengan gaya menyetir yang membuat kami tidak bisa mengantuk. Perjalanan yang menyenangkan membuat kami tidak bosan, bahkan tanpa kami sadari, tiba-tiba sudah tiba di Semarang sekitar pukul 14.45. Segera, kami melakukan survei tempat, yaitu di SMA YSKI yang memakai ruang lab komputer untuk tempat pelatihan. Ternyata, di sana sudah ada beberapa orang bapak yang sedang sibuk memasang LCD proyektor, salah satunya adalah Bapak Joko selaku petugas multimedia di lab tersebut. Setelah mengamati dan menganalisis situasi, kami bersyukur menemukan posisi terbaik supaya peserta bisa fokus mengikuti pelatihan dengan maksimal.

Setelah mengatur tempat, menata meja untuk display, menyiapkan segala peralatan yang dibutuhkan untuk presentasi selesai, kami bersiap-siap menyambut peserta yang datang. Acara dibuka oleh Bapak Yusuf, yang khusus datang dari Bandung untuk mengkoordinir pelatihan ini. Presentasi dimulai dengan pembukaan oleh Ade yang memperkenalkan YLSA, kemudian dilanjutkan dengan Yegar yang memberikan presentasi tentang pendahuluan software SABDA–manfaat dan kelebihan software SABDA. Presentasi ini menolong menumbuhkan hasrat ingin tahu dari para peserta untuk menggunakan software SABDA sebelum mereka benar-benar belajar dengan mempraktekan software SABDA. Pada saat saya membawakan presentasi dan mencoba mengajak para hamba Tuhan untuk mempraktikkan bagaimana menggunakan software SABDA, saya menemukan beberapa pertanyaan yang menambah wawasan saya, khususnya tentang versi terjemahan Alkitab, apa saja yang paling diinginkan oleh pengguna software SABDA, dan beberapa sumber bahan yang diinginkan. Bahkan, ketika saya tidak bisa menjawab pertanyaan yang diajukan, beberapa peserta justru membantu menjawab. Apa yang disampaikan menambah wawasan bagi semuanya yang belum tahu (termasuk saya.. hehehe….).

Pada saat mempraktikkan bagaimana menggunakan software SABDA, Ade dan Mbak Evie menyebar untuk membantu para peserta yang mengalami kesulitan. Sedangkan, Yegar menjadi operator selama saya memberikan presentasi. Sebelum acara selesai Yegar juga membantu instalasi Alkitab di handphone bagi peserta yang menginginkan. Saya sangat bersyukur karena para peserta mempunyai motivasi yang tinggi untuk belajar Alkitab dengan software SABDA. Tentu saja, ini menjadi modal utama untuk kesuksesan pelatihan ini. Di samping itu, belakangan baru saya ketahui ternyata sebelumnya para peserta sudah mendapatkan pelatihan sendiri tentang multimedia dan internet. Hal ini tentu sangat membantu karena dapat menjadi pemanasan atau persiapan bagi peserta yang belum mahir menggunakan teknologi komputer.

Setelah saya selesai memberikan pelatihan software SABDA, Mbak Evie mereview hal-hal apa saja yang sering ditemui pada saat menggunakan Software SABDA, dan juga sekaligus membawakan presentasi SABDA Care sebagai penutup. Pada acara ini seluruh peserta menerima paket DVD Library SABDA Anak 1.2 yang kami bagikan secara gratis. Isi dan kegunaan dari DVD ini dijelaskan oleh Ade sebelumnya.

Saya bersyukur telah menyelesaikan tugas roadshow bagi hamba Tuhan GIA Semarang ini. Saya menjadi lebih tahu hal-hal yang harus lebih saya persiapkan dan pelajari. Menguasai bahan itu penting sekali, tetapi ada kalanya kita harus melangkah lebih dulu. Sebagai gambaran, “Saat seseorang berdoa minta ‘kesabaran’ atas masalah yang dihadapi, Tuhan tidak dengan seketika membuat orang itu ‘sabar’, tetapi harus terjun dulu untuk mengalaminya. Begitu juga dengan hal-hal yang belum kita pelajari dan kuasai, saat kita mulai melangkahlah ada kekuatan, ada kemampuan, apalagi ketika melayani di ladangnya Tuhan.

“Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.” Kol. 3:23

Terima kasih. Tuhan memberkati.


*Suparjoko T.A. adalah staf YLSA divisi Humas untuk training yang sedang dalam masa percobaan.

Joko

Tentang Joko

Suparjoko T.A. telah menulis 3 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (5) Trackbacks (0)
  1. Senang bisa bekerjasama dengan Pak Joko dalam roadshow di Semarang kali ini. :D… Semoga bisa semakin memperlengkapi para hamba Tuhan dalam mendalami Alkitab dan semakin jadi berkat buat banyak orang. Yeeyy 😀

  2. Mas Jokoo … Mantaapp ngasih pelatihannya … hehehe … Lanjutkan!!

    • To : Ade dan Yegar

      Ayo kita sama-sama maju dalam segala perjalanan, pekerjaan, dan pelayanan kita di YLSA….
      Kesempatan yang tidak biasa bisa satu tim dengan kalian yang masih muda seperti saya…..

      Ayo anak muda… Selamat datang di dunia persilatan… Eh dunia pelayanan…..

      ~man for others~

  3. Hohohoho… Mari Pak! Semoga bisa menjadi tim yang baik untuk pelayanan ini. God bless us!:D

  4. Selamat bergabung dengan SABDA, Mr. Joko. 🙂

    Kesan pertama begitu menyenangkan ya… bisa ikut Roadshow SABDA? Selanjutnya semakin menantang dan membahagiakan dong… bisa bertemu banyak orang dan banyak belajar memberikan training kepada banyak saudara seiman agar mereka dapat mempelajari Alkitab dengan cara yang menyenangkan juga.

    Dengan banyak berlatih dan berbekal pengalaman yang Anda miliki, saya yakin Anda bisa menjadi trainer andal SABDA! 🙂

    Semangat ya!


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.