Blog SABDA
20Mar/1310

Mimpi yang Menjadi Nyata: SABDA di Toraja

Kangen nenek! Itulah pikiran pertama yang muncul di benakku ketika membuat rencana jauh-jauh hari untuk pulang ke kampung halaman tercinta, “Tator — Tana Toraja”. Sudah 12 tahun aku tidak menginjakkan kakiku di sana….

Bagi-bagi produk SABDA! Itu adalah pikiran kedua yang muncul. Aku rindu bisa membagikan berkat bagi pelayan anak dan hamba Tuhan di Tator. Mumpung pulang kampung!

Selama ini, aku sudah diberi kesempatan oleh Tuhan melayani di SABDA dan sudah berkali-kali ikut roadshow-roadshow SABDA di beberapa tempat. Aku juga sudah cukup diperlengkapi untuk mempresentasikan pelayanan SABDA di beberapa gereja dan persekutuan. Nah, sekarang saatnya untuk berbagi pula dengan sauadara-saudara seiman di Tator dan sekitarnya. Akhirnya, aku kontak banyak rekan-rekan di sana. Sayangnya, aku akan pulang pada bulan Desember dan bulan itu adalah bulan super sibuk bagi semua gereja dan pelayan Tuhan di Tator. Perayaan Natal akan diadakan di mana-mana dan jadwal sudah penuh. Sebenarnya agak sedih karena tidak bisa memberi presentasi ke gereja terutama ke guru-guru SM di sana. Namun, semangat untuk berbagi tidak surut. Aku tetap memutuskan untuk berbagi dengan siapa pun yang nanti aku temui: hamba Tuhan, pelayan anak, guru, atau siapa saja yang Tuhan izinkan aku jumpai. Jauh-jauh hari aku sudah minta tolong ke beberapa teman di kantor. Terima kasih untuk Khenny, Tika, Lusi, dan mbak Anik :). Selain membawa DVD Library SABDA Anak 1.2 dan CD Alkitab Audio, aku juga membawa beberapa file presentasi.

Namun, Tuhan punya rencana yang lebih indah! Pada tanggal 2 November 2012, teman-teman redaksi Renungan Harian berkunjung ke SABDA. Pak Stefanus, salah satu pengurus RH, bercerita dengan semangat tentang pelayanan Yayasan Gloria ke Toraja. Ternyata, mereka akan ke sana lagi pada bulan Januari 2013. Dan, tidak disangka-sangka, mereka mengajak SABDA untuk bergabung dalam acara tersebut. Bahkan, mereka memberikan waktu kepada SABDA untuk masuk dalam jadwal acara Training Guru Sekolah Minggu Sinode Gereja Toraja. Wah, Tuhan Yesus memang luar biasa!

Sebenarnya, ada kendala karena aku sudah membeli tiket pulang pada tanggal 3 Januari ’13 (tiket promo yang sangat murah). Padahal, pelayanan dengan Yayasan Gloria dijadwalkan tanggal 5 Januari ’13. Kalau tiketku dibatalkan, berarti harus cari tiket pulang tanggal 7 Januari dan setelah aku cek, harganya mahal sekali! Tapi, lagi-lagi Tuhan itu luarrr biaassaaaa! Tiket promoku, yang seharusnya tidak bisa diundur, ternyata bisa diundur sampai tanggal 7 Januari. Dan, bukan hanya tiketku, bahkan tiket seluruh keluargaku dari Jawa yang bersama-sama dengan aku ke Toraja, semuanya bisa diundur ke hari yang sama!

Tgl 18 Desember 2012 aku sudah menginjakkan kaki di Makassar, untuk selanjutnya menuju ke Tator. Perjalanan ke Tator membutuhkan waktu hampir 10 jam. Puji Tuhan aku sampai dengan selamat, dengan perut yang diaduk-aduk selama dalam perjalanan…. Di Tator, aku mulai membagikan Alkitab HP kepada beberapa orang yang aku temui. Sayangnya, beberapa HP tidak mendukung aplikasi tersebut, sehingga belum dapat dimasukkan ke HP mereka. Aku ikut juga ke mana pun orang tuaku melakukan pelayanan sehingga ada kesempatan bertemu dengan beberapa hamba Tuhan. Aku bisa sedikit berbagi tentang Software SABDA dan lebih banyak tentang DVD Library SABDA Anak 1.2. Setiap ada anak-anak berkumpul, aku membuka laptopku untuk memutarkan beberapa animasi Alkitab dan film Yesus yang ada dalam DVD Library SABDA Anak 1.2. Mereka sangat antusias dan menonton sampai selesai. Pada 27 Desember 2012, Tuhan memberiku kesempatan melayani dalam sebuah Natal Anak-Anak SM di daerah yang belum masuk layanan listrik. Ketika selesai ibadah, aku memutarkan film Yesus versi anak dan Video Kabar Baik. Selama 3 jam lebih mereka mengerumuni netbook kecilku itu. Untung sudah diisi penuh baterainya sebelum masuk ke pedalaman itu :). Kiranya, Tuhan membuka hati anak-anak itu untuk menerima Dia sebagai Juru Selamat dan semakin mengasihi Tuhan setiap hari.

Jadwal presentasi SABDA di Tator bersama Tim Gloria dimajukan menjadi tanggal 3 Januari 2013. Pkl. 07.30 WITA aku sudah tiba di lokasi, karena acara akan dimulai pkl. 08.00 WITA. Namun, kenapa belum ada yang datang ya? Ternyata acara molor dan baru dimulai pkl. 11.00 WITA. Ada sekitar 100 peserta dari berbagai klasis Gereja Toraja. Tidak hanya yang di Tator, tapi juga dari kabupaten sekitar. Sembari menunggu acara dimulai, aku membagi-bagikan aplikasi Alkitab dan Kidung Kristen ke HP peserta yang sudah datang. Presentasi SABDA masuk dalam sesi pelayanan Multimedia untuk Pelayanan Anak. Materi yang disampaikan adalah tentang Pelayanan YLSA, IT 4 God, dan DVD Library SABDA Anak 1.2. Karena acara tersebut adalah pelatihan untuk guru-guru sekolah minggu, aku pun banyak memberikan contoh-contoh penggunaan bahan yang ada dalam DVD untuk pelayanan di SM. Senang melihat antusias para peserta yang sebagian besar sudah berusia setengah baya. Aku mendorong mereka untuk mengikuti juga perkembangan teknologi. Jangan malu untuk belajar teknologi HP atau multimedia dan mengajarkannya kepada anak-anak mereka atau pemuda di gereja. Peserta sangat senang ketika tahu bahwa mereka akan mendapatkan paket produk SABDA untuk masing-masing klasis. Mereka akan mengcopy sendiri semua bahan-bahan dalam DVD ke komputer mereka melalui gereja/pengurus SM.

Ini adalah pengalaman pertama mengerjakan semuanya sendirian tanpa partner hehehe. Persiapan dan latihan presentasi, operator, install Alkitab ke HP, dan instal SABDA ke laptop, semuanya aku lakukan sendiri. Tapi walau sendiri, aku tahu aku tidak sendiri. Ada Tuhan Yesus yang setia menyertai dan menjadi sumber kekuatan bagiku. Puji Tuhan! Saat melakukan instalasi, ada seorang peserta, tanpa diminta, membantu untuk menginstalkan Software SABDA di laptop-laptop yang antre. Jadi, aku bisa fokus untuk pasang aplikasi Alkitab dan Kidung Kristen ke HP-HP peserta. Mereka senang sekali ketika akhirnya ada Alkitab dan Kidung Kristen di HP mereka. Dari komentar dan ekspresinya, mereka tahu bahwa mereka baru saja memperoleh sesuatu yang berharga. Dan, harus demikian! Sekarang, di mana saja dan kapan saja, mereka bisa membaca firman Tuhan melalui HP mereka. Jika selama ini mereka hanya menelepon, SMS, atau berjejaring sosial dengan HP-nya, maka sekarang mereka pun bisa membaca atau mendengar firman Tuhan.

Akhirnya, SABDA datang ke Toraja, ke kampung halaman nenek moyangku. Dua kerinduan besar terjawab sudah dengan cara yang ajaib. Menengok nenekku dan berbagi berkat pelayanan SABDA di sana. Bagiku, ini mimpi yang menjadi kenyataan. Terpujilah Tuhan yang sudah melayakkan aku memperoleh kesempatan istimewa ini. Terima kasih kepada Ibu Yulia selaku pimpinan SABDA yang sudah mengizinkan aku cuti lebih lama dari libur Natal dan mendorong aku untuk ambil kesempatan pelayanan dengan tim Gloria. Terima kasih pula atas doa semua teman-teman SABDA. Kalian tidak ada di sana, namun setiap doa menjadi “partner” bagiku. Terima kasih kepada tim Gloria yang sudah memberikan waktu kepada SABDA di tengah padatnya jadwal training di Toraja.

Terima kasih banyak Tuhan Yesus! Biarlah segala kemuliaan hanya bagi-Mu!

Evie

Tentang Evie

Davida Dana telah menulis 39 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (10) Trackbacks (0)
  1. Wah…orang ‘tana toraja’ yang satu ini…memang sudah mumpuni di dunia per-roadshow-an SABDA, sampai-sampai handle semua presentasi, instalasi, dan semua persiapan sendirian selama di Toraja. Luar biasa euyy…!

  2. Mbak Evie ni memang mantappppp!!! Selain termasuk penatua di SABDA, jangkauan aksinya terhitung paling jauh secara peta 🙂

    Jangan mudah lelah ya, Mbak… tahun 2013 ini mau roadshow ke mana lagi?

  3. Wow, Evie hebat! Tuhan lebih hebat lagi!

  4. Wah hebat Mbak Evie, staf pertama yg roadshow di luar pulau Jawa, sendirian lagi. Lain kali lanjut terus ke Manado ya? 😀

  5. Keren!! 😀

    Pelayanan SABDA sampai ke Toraja. 🙂 Wah, salut aku sama mbak Evie yang bisa melakukan semuanya sendiri … (hemmm, ada Tuhan yang senantiasa menolong).

    Semangat dan maju terus!!

  6. Thanks untuk oleh-olehnya.
    Thanks untuk kecintaanmu pada Tana Toraja, aku yakin Tuhan juga cinta orang Toraja.

  7. Trims mbak Evi ya… Program SABDA sangat membantu pelayanan kami. Tuhan berkati mbak Evi dan YLSA.

  8. Terima kasih semuanya 🙂 Tuhan memang luar biasa ….

    Untuk Pak PM Tangke, terima kasih banyak sudah mampir di Blog SABDA. Jangan lupa, untuk menjadi duta SABDA di Toraja ya Pak 🙂

    Tuhan Yesus memberkati.

  9. Bagaimana cara untuk mendapatkan DVD Library SABDA Anak untuk dapat membantu pelayanan di gereja kami di Papua Barat, tepatnya di Kota Manokwari?

  10. Shaloom Obed,

    Terima kasih sudah berkomentar di Blog SABDA. Terkait dengan permintaan DVD Library SABDA Anak, kami sudah mengirimkan formulir pemesanan ke email Bapak. Silakan cek email. Tuhan Yesus memberkati.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.