Blog SABDA
31Oct/123

SABDA di STT Bethany Surabaya

“Dear Bu Yulia, saya ikut doakan agar semua acara pelatihan Tim SABDA berlangsung dengan baik, lancar dan diberkati Tuhan, dan semakin banyak orang yang mendapat berkat dan karunia Tuhan melalui SABDA. Kalau diperkenankan saya ada sedikit masukan untuk SABDA, pada hemat saya “software SABDA” kalau saya analogikan adalah merupakan sebuah peta pulau Jawa yang sangat lengkap dan detail, yang seharusnya disampaikan kepada orang-orang yang berjiwa dan bersemangat petualang tinggi, sehingga peta itu akan terpakai atau tertelusuri secara keseluruhannya sampai pada pelosok-pelosoknya. Orang-orang petualang itu adalah mahasiswa-mahasiswa baik prog S1/S2 yang bersemangat tinggi untuk menelusuri program SABDA karena dorongan tugasnya untuk membuat paper atau skripsi/thesis secara maksimal. Itulah sebabnya saya segera menghubungi STT Bethany agar penyampaian software ini jadi bermanfaat secara maksimal. Mohon maaf jika saya katakan bahwa masukan ini bersifat pribadi, sehingga jika Anda tidak berkenan mohon masukan ini dianggap tidak ada. Sesungguh-sungguhnya masukan ini saya kemukakan sebagai penghargaan saya pada software SABDA. GBU” (Gunawan)

Email di atas adalah awal dari rencana kami mengadakan pelatihan SABDA di STT Bethany, Surabaya. Dari surat itu, ditetapkanlah bahwa tanggal 16 — 17 Juli 2012, Tim SABDA ke Surabaya. Yang berangkat adalah Bu Yulia, Billy, dan saya. Kami sangat bersyukur Billy bisa ikut karena waktu itu kami masih bingung siapa yang akan membantu dalam hal teknis karena pesertanya cukup banyak (diperkirakan 60 mahasiswa). Billy berangkat dari kota Batu, Jawa Timur (tempat dia tinggal) karena dia baru saja pulang dari Jerman setelah 1,5 bulan off dari kantor.

Ketika berangkat dari Solo, kami masih tidak yakin apakah Billy bisa ikut maka saya mencoba untuk belajar instalasi Alkitab ke HP. Terima kasih untuk Khenny dan Jessica yang sudah melatih saya karena memang mungkin akan ada banyak HP yang harus diinstal Alkitab dan ini akan menjadi pengalaman pertama saya. Yang saya masih ragu adalah bagaimana membantu Bu Yulia presentasi, yaitu mengoperasikan software SABDA. Diam-diam, saya latihan di rumah, untuk jaga-jaga 🙂 Kalau saya merasa takut dan tidak berani untuk melakukan tugas, itu berarti saya sedang mengandalkan diri sendiri dan tidak percaya bahwa Tuhan akan tolong. Puji Tuhan, 2 hari sebelum keberangkatan ke Surabaya, Billy memberi kabar bahwa bisa ikut. Wihh, leganya :). Persiapan saya yang utama adalah memberikan presentasi pengenalan produk SABDA, terutama DVD Library SABDA Anak 1.2.

Minggu, 15 Juli 2012, saya dan Bu Yulia bertemu dan siap menuju ke Surabaya. Di tengah perjalanan, tepatnya di Madiun, kami bertemu dengan seorang ibu yang suaminya adalah pemilik Radio Sanjaya di Magetan. Meskipun radio umum, radio itu juga menyiarkan program acara kerohanian Kristen. Ibu Yulia memberikan DVD Library SABDA Anak 1.2 kepada ibu tersebut dan berjanji akan mengirimkan pula CD Alkitab Audio. Kami bersyukur bisa menjadi berkat bagi komunitas Kristen di Magetan. Tiba di Surabaya kami dijemput oleh Ibu Anna dan suaminya Pak Martinez, yang adalah alumni PESTA. Minggu sore itu kami sempat beribadah di Gereja Bethany Nginden, dan melihat ruang ibadahnya yang sangat besarrrrrr…. Menurut informasi, gereja itu bisa menampung 35.000 orang dalam sekali kebaktian… wow!!

Acara Minggu sore adalah berkunjung ke pelayanan Studi Teologia Awam Reformed Surabaya (STARS). Kami sudah siap dari pkl. 18.00, tapi karena adanya miskomunikasi, pkl. 19.30 kami baru sampai di STARS. Pertemuan ini bersifat tidak resmi, tujuannya untuk memperkenalkan beberapa produk YLSA, terutama software SABDA. Meskipun pesertanya hanya 4 orang, ibu-ibu pengurus dan seorang bapak, namun Ibu Yulia tetap memberikan pelatihan dan hanya berlangsung 1,5 jam saja. Malam itu, Tuhan tolong kami dengan memberikan istirahat yang baik dan paginya bisa bangun dengan lebih segar.

Senin, 16 Juli 2012, pkl. 05.30, Billy sudah tiba dari Batu dan pkl. 07.00 sudah siap bergabung untuk mulai pelatihan SABDA di STT Bethany. Peserta pelatihan dibagi menjadi 2 kelompok — Kelompok Pagi dimulai pkl. 08.00 — 13.00 (kurang lebih 40 peserta), dan Kelompok Sore dimulai pkl. 17.00 — 21.00 (kurang lebih 30 peserta). Masing-masing akan mengikuti pelatihan selama 2 hari, tanggal 16 dan 17 Juli.

Pada hari pertama, semua laptop yang dibawa peserta dapat diinstal software SABDA dengan baik. Selain saya dan Billy, bergabung pula Pak Tony Kohar untuk membantu. Dia adalah salah satu Sahabat SABDA di Surabaya yang sering ikut membantu jika kami melakukan pelatihan di Surabaya. “Thanks banyak Pak Tony. Senang bisa ketemu lagi di Surabaya.”

Materi yang disampaikan pada hari pertama adalah:
1. Pengenalan YLSA dan Penjelasan Isi Software SABDA
2. Pelatihan SABDA 3 Menit
3. Pengenalan Produk SABDA dan DVD Library SABDA Anak 1.2

Selama pelatihan Software SABDA, peserta memberi respons yang makin lama makin baik dan makin antusias mempelajarinya. Baru pertama kali ini saya mengikuti pelatihan yang pesertanya banyak bertanya ketika menemukan kesulitan dalam mengoperasikan software SABDA. Pelatihan cukup melelahkan dan berakhir pada pkl. 13.30. Setelah beristirahat siang, pkl. 17.00 kami memulai lagi pelatihan untuk kelompok sore. Materinya sama dengan kelompok pagi. Meski lebih sedikit pesertanya, tapi antusias tidak kalah besar dibandingkan kelompok pagi. Terlihat sekali kerinduan untuk bisa memakai software sehingga dapat menolong mereka menggali Alkitab dengan lebih bertanggung jawab. Oh ya, ada juga salah satu alumni PESTA yang turut ikut pelatihan ini, dia adalah Pak Edy Natan. Senang bisa berkenalan dengan salah satu peserta PESTA lagi 🙂 Beliau dan istri mengajak kami makan siang bersama di Galaxy Mall. Wah, terima kasih Pak Edi dan istri karena hari itu kami bisa sedikit santai di tengah pelayanan yang melelahkan. Untuk pertama kalinya saya dan Ibu Yulia mencicipi makanan khas Surabaya, Rujak Cingur 🙂

Pada hari kedua, tidak banyak lagi laptop yang diinstal hanya ada 1 — 2 peserta yang kemarin belum datang. Materi hari kedua adalah:
1. SABDA Lanjutan (1)
2. IT 4 God
3. Metode Penggalian Alkitab (A.L.A.T.)
4. Test

Meskipun materinya lebih berat dibanding hari pertama, namun semangat peserta justru makin antusias, khususnya kelompok sore. Saya sendiri menyimak materi yang disampaikan Ibu Yulia dan sangat terberkati karena ada beberapa fungsi software SABDA yang bisa saya ketahui dengan lebih maksimal. Yang paling berkesan adalah ketika Ibu Yulia menyampaikan penjelasan mengenai IT 4 God. Dalam materi tersebut Ibu Yulia mengajak para peserta untuk menggunakan teknologi bagi kemuliaan Tuhan. Jika gereja tidak merangkul teknologi, maka gereja akan kehilangan generasi masa depan. Banyak peserta yang mengaminkan hal ini. Pada akhir pelatihan, diadakan test tertulis. Setiap peserta harus mengerjakan 10 pertanyaan sehubungan dengan pelatihan ini. Reaksinya bermacam-macam. Ada yang antusias, ada pula yang takut dan katanya perutnya sampai mules-mules :). Tapi, pada akhirnya semua bisa mengerjakan test dengan baik, meski ada beberapa yang harus dipandu untuk menjawab pertanyaan dengan baik.

Saya sungguh bersyukur bisa ikut roadshow kali ini karena mendapat berkat dan pelajaran yang berharga. Terima kasih, Pak Gunawan, untuk dorongannya. Saya merasakan Tuhan memimpin dan memberi kemampuan sehingga kami dapat melaksanakan tugas dengan baik. Respons dari peserta juga sangat mendorong kami untuk semakin antusias membagikan produk-produk SABDA bagi kemuliaan nama Tuhan. Saya semakin menyadari lagi bahwa pekerjaan sekecil apa pun di balik layar YLSA bisa berdampak besar bagi kemajuan pelayanan di penjuru Nusantara. Lebih bergirang lagi, software SABDA dapat menolong orang percaya jadi suka belajar dan menggali Alkitab. Saya juga belajar bahwa meskipun tubuh mengalami kelelahan ketika melayani, roh kita tetap bersemangat karena Tuhan yang memberi kekuatan. Segala kemuliaan dan pujian hanya bagi Tuhan Yesus Kristus!

Evie

Tentang Evie

Davida Dana telah menulis 39 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (3) Trackbacks (0)
  1. Hemmm… acaranya padat ya. 🙂 Selain bisa memberi pelatihan, tentunya banyak orang baru yang dikenal… pasti menyenangkan.

  2. Wah… dari ceritanya, jadi berasa pingin ikut roadshow ke tempat-tempat jauh nie. Selain untuk melayani Tuhan dengan menawarkan produk-produk SABDA, sekalian bisa nambah wawasan tentang berbagai karakter orang dan pemandangan di kota-kota indah yang Tuhan sudah ciptakan.

    Kapan ya, ada kesempatan ke sana???? 🙂

  3. Mendapatkan alat, seperti software SABDA di satu pihak adalah berkat, tapi di pihak lain, ada bahaya. Jika kita tidak bertanggung jawab, maka alat ini hanya akan dipakai untuk mencapai tujuan saja tanpa menghargai prosesnya. Karena itu, doa kami, para mahasiswa memakainya untuk semakin mencintai firman Tuhan dan semakin rindu menggali lebih dalam.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.