Blog SABDA
27Aug/128

Roadshow Software SABDA di Sragen

Saya bersyukur kepada Tuhan Yesus Kristus yang telah memanggil saya bergabung dalam dunia pelayanan. Hal itulah yang kemudian membawa saya kepada Yayasan Lembaga SABDA yang lebih akrab disebut YLSA. Nama saya Doni, saya mulai bergabung menjadi tim pelayanan YLSA penuh waktu sejak pertengahan Juli 2012. Saya sangat senang dengan pelayanan ini, terlebih lagi saya diberi kesempatan untuk bergabung dalam tim Roadshow SABDA. Kali ini yang menjadi tujuan roadshow SABDA adalah kota Sragen, tepatnya di GKJ Tanon kelurahan Tanon, Sragen. Pada kesempatan ini, YLSA melatih para hamba Tuhan untuk menggunakan Software SABDA, mengenalkan produk-produk YLSA, dan memberi penjelasan isi DVD Library SABDA Anak 1.2. Acara tersebut terselenggara pada tanggal 24 Juli 2012. Selain pimpinan YLSA, ibu Yulia, staf SABDA yang ikut dalam pelatihan adalah Yochan, Billy, Ryan, Sigit, Setya, Tika, dan saya sendiri.

Perjalanan dimulai dari kantor YLSA pada pukul 07.00 dan tiba lokasi pukul 08.30. Perjalanan cukup lancar, walaupun kami sempat bingung di jalan karena di antara kami belum ada yang pernah ke Tanon. Sesampainya di Tanon, kami disambut dengan sangat ramah oleh Gembala dan Majelis GKJ Tanon, Pak Harinoto (contact person), serta hamba-hamba Tuhan dari gereja-gereja setempat yang ingin mengikuti pelatihan SABDA. Saya secara pribadi, baru menyadari bahwa pelatihan di gereja itu ternyata sekaligus untuk mengisi acara “Persekutuan Garis Depan”, yang memang biasa diadakan setiap bulan sekali.

Sebelum acara dimulai, tim YLSA membagikan paket SABDA serta menginstal Software Alkitab SABDA di beberapa laptop dan Alkitab di HP peserta. Acara pelatihan diawali dengan sebuah sambutan hangat dari perwakilan gembala Garis Depan, dan dilanjutkan dengan perkenalan pelayanan YLSA dan penjelasan isi Software Alkitab SABDA oleh Ibu Yulia. Adapun materi pelatihan “SABDA 3 Menit“, yaitu perkenalan fungsi-fungsi dasar Software SABDA yang dibawakan oleh Ryan dan presentasi tentang DVD Library SABDA Anak 1.2 oleh Sigit. Acara roadshow berakhir pada pukul 13.30 WIB dan diakhiri dengan acara ramah tamah. Pada akhir acara tersebut, saya melihat banyak peserta yang merasa diberkati. Namun di balik semua itu, kami menyayangkan yang datang hanya 50 orang, padahal anggota mereka ada lebih dari 70 orang. Juga peserta yang membawa laptop tidak banyak, sehingga tidak semua peserta bisa ikut mempraktikkan pelatihan yang kami berikan. Meski demikian, kami berharap apa yang sudah kami berikan bisa mereka praktikkan dengan komputer mereka di rumah masing-masing. Kami juga senang bisa membagikan CD-CD Alkitab Audio kepada para peserta, terutama CD Alkitab Audio dalam bahasa Jawa karena mereka dapat memakainya, untuk pelayanan kepada jemaatnya yang masih banyak memakai bahasa Jawa. Kami juga menyediakan “flash disk” yang berisi banyak bahan biblika bagi mereka yang membutuhkan. Setelah semua acara selesai, kami pun berbenah untuk pulang.

Perjalanan pulang terasa lebih cepat dibandingkan waktu berangkat. Kami sudah berada di kantor YLSA pada pukul 14.30. Sesampainya di kantor, kami langsung melakukan evaluasi pelayanan yang sudah kami lakukan, untuk melihat hal-hal apa yang masih perlu diperbaiki untuk pelatihan yang akan datang. Bagi saya, ini adalah pengalaman pertama ikut dalam roadshow SABDA. Pengalaman ini tidak akan pernah saya lupakan. Saya belajar bahwa Software SABDA sangat bermanfaat bagi gembala-gembala jemaat dan bagi kaum awam yang ingin mendalami Alkitab secara mandiri. Banyak dari mereka yang mungkin kekurangan sumber bahan. Bahan dalam Software SABDA maupun DVD Library SABDA Anak 1.2, kiranya dapat menolong mereka untuk menggali kebenaran firman Tuhan lebih mendalam lagi. Terpujilah Tuhan!

 

Tentang Doni

Doni Kukuh Mandiri telah menulis 3 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (8) Trackbacks (0)
  1. Roadshow di Sragen sangat menyenangkan. Karna itu pertama kalinya saya ikut roadshow dan sekaligus presentasi. Awalnya grogi memang, namun lama-lama jadi asyik berbicara dan memperkenalkan DVD Library SABDA Anak kepada para hamba Tuhan dan aktivis gereja. Terus semangat SABDA. 🙂

  2. Wah, pasti menyenangkan ya pergi keluar kota untuk pelayanan. Presentasi mengenai SABDA dan produk-produk lainnya yang sama pentingnya, merambah ke seluruh pelosok negeri. Ayo semangat ya!! Biar semua pelayan Tuhan bisa lebih mudah dan tepat dalam mempelajari firman Tuhan.

    Tuhan Yesus Memberkati. 🙂

  3. Puji Tuhan, saya dapat terlibat dalam pelayanan yang luar biasa ini. Saya senang karena banyak orang diberkati dengan pelayanan SABDA.

  4. Semangat terus SABDA!!
    Tidak hanya pelayanannya saja yang meluas, tetapi pekerjanya juga semakin banyak. Amin!

    Kiranya banyak orang semakin mencintai firman Tuhan dan memberitakan Kebenaran-Nya! 🙂

  5. Saya sudah install, tetapi sampai saat ini belum mengerti programnya SABDA 4, tidak tahu harus memulai dari mana.

  6. @Harris:

    Setelah Bapak selesai install program SABDA, di dekstop muncul 4 icon baru: Panduan Teknis SABDA, Petunjuk Pengguna SABDA, SABDA 3 Menit, dan Program SABDA 4.

    Bapak bisa menjalankan SABDA 3 Menit untuk mengetahui secara sekilas isi program SABDA. Bapak juga bisa memanfaatkan petunjuk pengguna dan panduan teknis untuk menggunakan program SABDA dengan lebih dalam. 🙂

  7. Pengalaman pertama yang sangat mengesankan untuk tim PESTA dan ini juga kesempatan pertama kali untuk mengisi presentasi roadshow di Sragen. Dalam roadshow ini, saya dipercaya untuk menyampaikan presentasi SABDA 3 Menit. Saya sangat bersyukur menjadi bagian dalam roadshow kali ini karena dapat menjadi saluran berkat untuk memperkenalkan alat yang luar biasa di depan para pelayan Tuhan yang ada di Sragen.

  8. Hmm, roadshow SABDA di Sragen ini membuat saya lebih “memasyarakat”. Mengapa? Karena saya bisa berkomunikasi banyak dengan para peserta yang baru kali pertama ini saya temui dan “ngeblend” dengan mereka dengan mudah.

    Dalam roadshow ini, saya berperan sebagai petugas “front office”. Saya melayani pendaftaran, pembagian paket SABDA, sekaligus penyediaan USB bagi yang ingin membeli. USB ini disediakan untuk peserta yang tidak membawa komputer dalam pelatihan. Dengan menyediakan USB yang sudah diisi bahan-bahan Biblika, kami berharap bisa memberikan bahan-bahan Biblika kepada peserta, bukan untuk tujuan komersial. E… ternyata banyak juga yang memilih membeli USB karena banyak dari mereka yang tidak membawa komputer/laptop. Selain itu, banyak juga yang meminta Alkitab Audio. Mereka memintanya untuk mendukung pelayanan mereka dalam PA dan visitasi, serta ingin memutarnya saat ada orang meninggal (sebagai alternatif selain puji-pujian).

    Kebanyakan peserta roadshow di Sragen ini adalah orang-orang yang sudah cukup berumur, namun kebersamaan dan semangat mereka dalam Tuhan tidak kalah dibanding anak-anak muda. Senang sekali bisa bertemu dengan orang-orang tua yang masih semangat dalam menggali firman Tuhan. Tetap semangat ya, Bapak, Ibu, Saudara/i! 🙂


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.

© 2009-2020 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran