Blog SABDA
15Sep/182

Membaca Kliping Artikel Koran di SABDA

Oleh: Maskunarti

Surat Kabar atau yang lebih dikenal dengan koran masih menjadi salah satu media populer yang digunakan masyarakat untuk mendapatkan berbagai informasi. Koran tidak hanya dibaca oleh kalangan pejabat atau pengusaha, tetapi juga kalangan umum, seperti guru, pekerja swasta, pegawai negeri, mahasiswa, dan tukang becak. Selain untuk mengikuti berita perkembangan dunia aktual, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri, koran juga bisa dipakai sebagai media pembelajaran.

Nah, pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi mengenai kegiatan membaca artikel koran di SABDA. Berdasarkan pengalaman di tempat-tempat kerja sebelumnya, saya belum pernah menemui adanya kegiatan membaca artikel koran dalam pekerjaan. Namun, ketika saya bekerja di SABDA, kegiatan membaca artikel koran menjadi bagian dari budaya kerja di kantor SABDA, yang dilakukan setiap Selasa. Artikel koran yang diedarkan sudah berupa kliping dengan judul yang berganti setiap minggu. Biasanya, Ibu Yulia yang mempersiapkan artikel korannya. Saya bersyukur mempunyai pemimpin yang memiliki kepedulian terhadap kemajuan pengetahuan dan wawasan stafnya. Menurut saya, ini adalah budaya cerdas yang perlu didukung.

Selain itu, di tengah-tengah kesibukan, kami dilatih untuk meluangkan waktu membaca artikel yang diambil dari sumber koran nasional yang tepercaya. Menurut saya, kegiatan membaca ini sangat banyak manfaatnya, di antaranya untuk melatih kemampuan membaca cepat, selalu belajar untuk menambah wawasan mengenai isu-isu atau topik tertentu, dan mengembangkan kemampuan untuk berpikir kritis. Ketika membaca artikel koran, saya dan staf SABDA lainnya tidak sekadar membaca, tetapi juga harus bisa memberi tanggapan dari apa yang dibaca. Tanggapan bisa berupa blog, komentar, quote, atau membagikannya di acara persekutuan staf. Tugas menanggapi artikel ini cukup menantang karena saya harus membaca dengan teliti dan menemukan gagasan utama dari yang disampaikan oleh si penulis. Yang paling menarik adalah setelah membaca artikel, saya juga banyak merefleksi diri bagaimana mengaplikasikan apa yang saya baca.

Saya senang dapat membaca artikel koran dengan topik-topik yang bermanfaat. Saat ini, kebiasaan membaca berita koran maupun membaca pada umumnya perlahan-lahan mulai berkurang seiring dengan kehadiran internet. Harapan saya, kehadiran artikel koran yang beredar di SABDA, kiranya dapat menjadi pemicu bagi generasi muda (khususnya staf-staf SABDA yang baru) untuk mulai kembali menanamkan kebiasaan membaca supaya menjadi manusia yang cerdas. Mari bersama-sama kita tumbuh kembangkan minat membaca. Terima kasih. Tuhan memberkati.

Maskunarti

Tentang Maskunarti

Maskunarti Wahyu Budiarti telah menulis 17 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (2) Trackbacks (0)
  1. Saya juga sangat mendukung kegiatan membaca artikel koran ini. Sangat bermanfaat bagi setaip staf yang membaca. Karena dapat memberikan informasi terkini, selain itu juga membuka wawasan dan memperbaharui pola pikir staf yang membaca.

  2. Kegiatan ini sangat bagus, karena banyak manfaat yang kita dapatkan , menambah wawasa dan yang penting adalah bisa melatih kesehatan otak….


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.