Blog SABDA
13Sep/180

Roadshow #Ayo_PA! di Salib Putih, Salatiga

Nama saya Nikos Septian, biasa dipanggil Nikos dan bisa dibilang saya adalah “newcomer” di Yayasan Lembaga SABDA (YLSA). Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan pengalaman dan pelajaran yang saya peroleh dari acara roadshow YLSA yang baru pertama kali saya ikuti di Salib Putih, Salatiga. Sebagai informasi tambahan, di roadshow YLSA ini, saya bertugas sebagai penjaga booth, sedangkan dua staf lain akan bertugas sebagai presenter, yaitu Mas Aji dan Mas Danang. Tanpa banyak kata lagi, silakan simak cerita saya berikut ini.

Pada Minggu, 9 September 2018, saya, Mas Aji, dan Mas Danang mewakili YLSA memberikan presentasi #Ayo_PA! bagi karyawan-karyawan dari perusahaan Agungtex, di Salib Putih, Salatiga. Sebelumnya, Jumat, 7 September 2018, kami melakukan persiapan di ruang perpustakaan dengan beberapa staf YLSA untuk pematangan presentasi dan tampilan Powerpoint dari Mas Aji dan Mas Danang. Pada hari yang sama, saya mengikuti orientasi booth yang dipandu oleh Kak Rode, staf YLSA yang bertanggung jawab untuk persiapan booth. Awalnya, saya bingung, karena banyak produk YLSA yang belum pernah saya kenal sebelumnya, seperti traktat, brosur, panduan Anda Punya Waktu (APW), dan lain sebagainya. Namun, ketika sudah mulai menyentuh dan membaca satu per satu produk YLSA, saya mulai bisa mengingatnya dengan baik.

Acara pada Minggu pagi itu akan dimulai pukul 09.00 WIB. Kami bertiga sampai di lokasi 45 menit lebih awal untuk mempersiapkan booth dan hal teknis yang dipakai untuk presentasi. Acara dimulai dengan menyanyi 3 lagu pujian. Lalu, tibalah saatnya bagi Mas Aji untuk menyampaikan bahan presentasinya. Mas Aji menyampaikan materi yang berisi aplikasi-aplikasi YLSA yang bisa dipakai untuk melakukan pendalaman Alkitab (PA). Ada lima aplikasi:

1. Aplikasi Alkitab SABDA
2. Aplikasi Alkipedia
3. Aplikasi Kamus Alkitab
4. Aplikasi Bible Maps (Peta Alkitab)
5. Aplikasi Tafsiran

Mas Aji menjelaskan bagaimana melakukan PA dengan menjelaskan fungsi utama dari lima aplikasi tersebut. Pertama adalah Aplikasi Alkitab SABDA, yang secara singkat adalah Alkitab elektronik yang berisi berbagai macam versi dan bahasa Alkitab. Yang kedua adalah Aplikasi AlkiPEDIA, yang merupakan ensiklopedia Alkitab yang berisi latar belakang kitab-kitab dalam Alkitab. Yang ketiga, Aplikasi Kamus Alkitab, yang berisi informasi tentang daftar definisi kata-kata kunci dalam Alkitab. Selanjutnya, Aplikasi Bible Maps; aplikasi yang berbasis pada Google Maps, yang menunjukkan tempat-tempat penting yang disebutkan dalam Alkitab. Yang terakhir adalah Aplikasi Tafsiran; berisi tafsiran Alkitab yang diambil dari berberapa sumber. Setelah itu, giliran Mas Danang yang mencontohkan bagaimana cara ber-PA menggunakan lima aplikasi tersebut dengan mengambil topik Stefanus. Mas Danang meminta para peserta untuk membuka Aplikasi Alkitab SABDA dan mencari kata “Stefanus”. Setelah itu, dia berbagi pengalaman PA pribadi dengan topik Stefanus dengan memanfaatkan fitur-fitur aplikasi Alkitab SABDA dan yang telah terintegrasi dengan empat aplikasi yang lain. Menurut pendapat saya, hal itu membuat para peserta menjadi antusias dan lebih terbuka wawasannya bahwa cara ber-PA tidak hanya dengan buku Alkitab, tetapi ada cara lain yang lebih variatif. Antusiasme peserta tersebut terbukti ketika sesi Mas Danang berakhir, dan para peserta mengunjungi booth. Para peserta juga sangat tertarik dengan beberapa produk YLSA tentang PA, seperti APW, Alkitab audio, dan 2 versi traktat anak. Bahkan, ada yang mengambil traktat anak untuk anak-anak sekolah minggu di href=”http://gereja.co/Halaman_Utama”>gereja mereka. Roadshow kami diakhiri dengan berfoto bersama dengan semua peserta.

Setelah beres-beres, kami pamit pulang dan membawa pelajaran pribadi di benak masing-masing. Bagi saya, pengalaman mengikuti roadshow #Ayo_PA! membuat saya semakin tahu bahwa masih banyak orang Kristen di luar sana yang membutuhkan variasi atau pengayaan dalam ber-PA. Pengayaan tersebut tidak hanya soal materi atau bahan PA, tetapi juga alat-alat yang dapat membantu mereka mendalami firman Tuhan secara lebih mudah dan menyenangkan. YLSA sangat berkomitmen untuk mewujudkan pengayaan tersebut agar lebih banyak lagi orang yang terberkati dan nama Tuhan semakin dinyatakan di bumi. Terima kasih sudah berkenan menyimak cerita ini. Tuhan Yesus memberkati.

Tentang Nikos

Nikos Kristian telah menulis 1 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

(required)

No trackbacks yet.

© 2009-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran