Blog SABDA
13Aug/181

Diskusi Buku “Pencobaan” di Klub Buku SABDA

Oleh: Santi

Di tengah-tengah kesibukan tim SABDA mengerjakan proyek Alkitab Yang Terbuka (AYT), tim Penjangkauan YLSA membuka diskusi buku pada pertengahan semester I lalu. Buku "Pencobaan" karya John Owen yang diterbitkan oleh Momentum menjadi bahan diskusi di Klub e-Buku SABDA periode Juni-Juli 2018. Dengan 32 peserta dan seorang moderator, diskusi KBS bisa berlangsung dengan lancar dan dinamika diskusi cukup menarik. Tidak hanya menjawab pertanyaan atau mendiskusikan isi buku, tetapi peserta juga menyelipkan pengalaman atau kesaksian pribadi terkait topik yang sedang dibahas. Inilah yang membuat diskusi menjadi hidup dan berkesan. Oh ya, jangan hanya saya yang memberi kesan, teman-teman yang lain juga ada yang mau memberi kesan atau kesaksian lho. Ini dia ....

Juni Liem:
Mau lebih banyak menyediakan waktu untuk membaca firman Tuhan dan berdoa. Karena sering kali di tengah kelelahan, firman Tuhan dan doa diabaikan dan memilih tidur.

Pertanyaan yang diberikan oleh moderator, membuat saya belajar untuk berpikir lebih kritis dan merenung karena tidak semua pertanyaan berasal dari buku. Dan, saya pun banyak belajar dari komentar teman-teman yang lain.

Suratman Aripin:
Aplikasi yang saya lakukan setelah mengikuti diskusi ini: belajar mencari titik lemah saya, membawanya dalam doa, dan tidak menyepelekan titik awal kejatuhan saya. Jadi, saya harus lebih berhati-hati (berjaga-jaga). Kesaksian saya selama mengikuti diskusi ini: saya sungguh bersyukur walaupun sebelumnya saya pernah membaca buku ini secara pribadi, tetapi melalui diskusi ini saya semakin dipertajam pemahamannya, khususnya melalui pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh moderator dan juga masukan dari rekan-rekan lainnya. Sekali lagi, terima kasih diskusi ini sungguh bermanfaat bagi saya. Dan, terus kembangkan pelayanan ini.

Puji Arya Yanti:
Buku ini membawa saya untuk mengamini sekali lagi bahwa tetap berjaga-jaga dan berdoa adalah perlengkapan untuk mengadapi pencobaan.

Kesan selama diskusi: Tidak semua jawaban pertanyaan mengacu buku, tetapi berasal dari pendapat peserta dan itu semakin memperkaya isi buku ini. Terima kasih untuk peran aktif moderator dan teman-teman diskusi, dan mohon maaf saya sering terlambat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan. Terima kasih.

DanceYefrason Faah:
Ada hal-hal baru yang saya dapatkan dalam diskusi kali ini. Dan, hal-hal itulah yang saya pakai untuk kekuatan saya. Pokoknya sangat membantu saya dalam pertumbuhan/proses menjadi murid Kristus. Luar Biasa. Doa dan harapan saya, semoga Tuhan selalu memberkati semua tim YLSA agar selalu menjadi saluran berkat bagi orang lain. Amin!

Prilian Abet Nego:
Diskusi ini menolong saya memahami tentang pencobaan yang sangat berbahaya bagi kehidupan rohani. Saya harus bisa menyadari potensi pencobaan yang hadir. Kemudian, terus menyadari kelemahan yang sering membawa jatuh ke dalam pencobaan. Setiap pencobaan harus dilawan. Setiap waktu harus berdoa dan berjaga-jaga agar kuat menghadapi pencobaan. Terima kasih sudah bisa berdiskusi bersama, menambah wawasan, dan saling menguatkan.

Arief Kristianto:
Melalui diskusi ini, saya mendapat berkat kembali diingatkan untuk terus mendekat kepada Tuhan karena pencobaan (yang ternyata sangat berbahaya) selalu akan kita hadapi. Hanya dengan kekuatan dari Tuhanlah, kita bisa mengatasi semua pencobaan. Terima kasih kepada teman-teman yang sudah aktif berdiskusi. Tuhan memberkati kita semua.

Romauli Boru Marpaung:
Aplikasi bagi saya sendiri adalah saya bisa mengetahui kapan saat pencobaan itu mulai ada, dan bagaimana cara saya bisa menghadapinya. Kesannya, saya bisa lebih berhati-hati dan berjaga-jaga terhadap kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi. Saya juga bisa memperlengkapi diri saat dengan siap melalui doa untuk menang menghadapi segala pencobaan jikalau Tuhan izinkan itu terjadi.

Sebagai penutup, ingatlah kutipan pendek ini, yang saya ambil dari buku "Pencobaan" karya John Owen, "Bertindak sesuai panggilan Yesus merupakan satu-satunya jalan yang telah Allah tetapkan untuk menjaga Anda agar tidak masuk ke dalam pencobaan dan jatuh ke dalam dosa." Doa saya, diskusi buku ini bisa menjadi berkat bagi peserta, terutama untuk mendorong mereka semakin dekat dengan Tuhan dan peka akan kehendak-Nya. Sekian kesaksian saya dan teman-teman dari Klub e-Buku SABDA tentang diskusi buku kali ini. Selamat melayani, Tuhan Yesus memberkati. :)

Comments (1) Trackbacks (0)
  1. Diskusi yang memberkati dan menjaddi pelajaran yang baik bagi setiappeserta dan yang terlibat di dalamnya. Tq SABDA.


Leave a comment

(required)

No trackbacks yet.

© 2009-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran