Blog SABDA
2Jul/182

Pengalaman Mengerjakan Komik Alkitab di SABDA

Oleh: Yudo

Sejak April 2018, Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) mengerjakan sebuah proyek yang sama sekali berbeda dari proyek-proyek sebelumnya. Jika selama ini SABDA dikenal sebagai penyedia Alkitab dan bahan-bahan biblika, kini Tuhan menantang SABDA untuk melakukan sesuatu yang sedikit berbeda, penerjemahan komik Alkitab!

Saya baru melamar kembali ke SABDA tepat saat Tuhan memberikan proyek ini untuk dikerjakan di SABDA, dan saya sangat bersyukur dapat menjadi bagian untuk mengerjakan proyek yang sangat menarik ini. Suka membaca komik dan memiliki pengalaman menerjemahkan, sangat menolong saya untuk jatuh hati pada proyek ini. Namun demikian, menikmati sebuah komik sangat jauh berbeda dengan menerjemahkannya.

Sejauh ini, ada tiga komik yang sedang dikerjakan SABDA:

1. Komik Jezus Messiah: Naskah dan ilustrasi komik bergaya franco-belgian ini dibuat oleh Willem de Vink, seorang seniman komik dari Belanda. Komik ini diterbitkan oleh Wycliffe Netherlands dan sudah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Komik Jezus Messiah menitikberatkan ceritanya pada perjalanan pelayanan Tuhan Yesus, mulai dari baptisan-Nya di Sungai Yordan, penyaliban-Nya, sampai kenaikan-Nya ke surga. Komik ini juga dilengkapi dengan panduan pendalaman Alkitab yang dikembangkan dari halaman-halaman komiknya. Dengan demikian, pembacanya tidak hanya terhibur dengan gambar dan cerita yang indah, tetapi juga beroleh pengenalan yang lebih dalam tentang pribadi Yesus, Sang Mesias.

2. Komik Super Bible: Super Bible adalah kumpulan komik yang diterbitkan oleh Kingstone Comics. Berbeda dengan Yesus Mesias, komik-komik terbitan Kingstone Comics sangat bergaya Amerika; baik dari segi ilustrasi, kecepatan cerita, dan formatnya. Komik Super Bible terdiri atas 72 judul, mulai dari Penciptaan sampai Wahyu, yang dijabarkan dalam sekitar 2.000 halaman full-color. Penggemar komik Amerika terbitan Marvel Comics maupun DC Comics pasti akan menyukai komik-komik ini karena ilustrasinya dikerjakan dengan apik oleh seniman-seniman komik senior, seperti Danny Bulanadi, Sergio Cariello, dan Kyle Hotz.

3. Singa Yehuda: Secara umum, Singa Yehuda dapat disebut sebagai Injil Markus dengan ilustrasi. SABDA menggunakan Alkitab ilustrasi yang diterbitkan oleh Scripture Union Malaysia ini sebagai basis untuk memperkenalkan Injil Markus Ilustrasi versi AYT.

SABDA percaya bahwa Komik Kristen dengan ilustrasi yang apik dan cerita yang menarik memiliki kekuatan untuk mengarahkan pembaca kepada Alkitab. Karena itu, komik-komik ini pun tidak hanya diterjemahkan untuk sekadar menjadi bacaan hiburan. SABDA juga berusaha menciptakan ekosistem pendukung (seperti situs, panduan pendalaman Alkitab, berbagai format distribusi, dll.) supaya komik-komik ini juga menjadi bagian dari ekosistem biblika SABDA yang akan terus bertambah. Dengan demikian, kisah-kisah dan kebenaran alkitabiah yang terkandung dalam komik-komik ini dapat dipelajari dengan lebih dalam lagi oleh para pembacanya. Terus terang, ketika sedang membahas ekosistem pendukung ini, saya teringat dengan beberapa komik Kristen yang memiliki ilustrasi keren, tetapi kini sudah tidak tahu lagi riwayatnya, seakan sudah tidak dapat ditemukan lagi. Mungkinkah komik-komik itu “hilang” karena tidak ditunjang oleh ekosistem yang memadai? Sangat mungkin.

Ada banyak hal menarik yang saya pelajari selama terlibat dalam proses penerjemahan komik Alkitab ini. Dari kru editor AYT, saya belajar tentang standar akurasi terjemahan dan penerapan ‘quality control’ yang ketat. Tahap-tahap penerjemahan seperti ‘reading pair’ dan diskusi antarpenerjemah sangat menolong saya dan tim untuk mengevaluasi hasil terjemahan sehingga siklus tahap berikutnya menjadi lebih cepat dan bersih. Dari tim Baca Tepat AYT, saya pun belajar untuk menghasilkan terjemahan naskah komik yang enak dibaca, luwes, dan menarik.

Proyek penerjemahan komik Alkitab ini memang baru seumur jagung, masih jauh dari kata selesai. Namun, ada banyak mimpi dan harapan yang terkandung dalam proyek ini. Secara pribadi, saya berharap melalui proyek komik ini, orang tua dan gereja semakin menyadari bahwa Tuhan kita adalah Tuhan yang kreatif. Dia adalah Pencipta bahasa dan Tuhan yang berbicara dalam banyak bahasa, termasuk bahasa visual zaman milenial ini. Kiranya Tuhan memakai komik-komik ini untuk memenangkan hati dan pikiran generasi milenial kepada Allah. Teruslah berdoa bagi kami. Soli Deo Gloria!

Yudo

Tentang Yudo

Yosua Setyo Yudo telah menulis 17 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (2) Trackbacks (2)
  1. Kiranya Tuhan Yesus selalu memberkati dan menolong dalam setiap proses pengerjaan komik Alkitab ini. Biarlah melalui komik Alkitab ini bisa menjadi media untuk memenangkan hati dan pikiran generasi milenial kepada Allah. Tuhan memberkati.

  2. Senang rasanya SABDA melakukan pengerjaan komik. Saya sebagai penggemar komik kiranya tujuan pengerjaan komik tercapai bukan sebagai hiburan tetapi menjadi sarana injil. Praise the Lord!!!


Leave a comment

Connect with Facebook