Blog SABDA
2Feb/181

Pengalaman Baru Mengerjakan Tugas Membuat Gambar untuk Quote

Oleh: Indah, Mei, dan Kun

Berdasarkan keputusan bersama pada rapat akhir tahun 2017 di Yayasan Lembaga SABDA (YLSA), tugas membuat quote gambar akan dilakukan oleh masing-masing tim. Hal ini perlu dilakukan untuk meringankan beban tim Multimedia yang personelnya terbatas, sedangkan tugasnya sangat banyak. Oleh karena itu, dengan teknologi yang ada, seperti Quote Generator atau Power Point, diharapkan anggota-anggota tim dapat membuat sendiri gambar quote secara mandiri. Hal ini adalah pengalaman baru bagi beberapa orang yang mendapatkan tugas ini. Berikut ini adalah cerita dari Indah, Mei, dan Kun yang juga mendapatkan tugas baru tersebut.

“Shalom, saya Indah, dari tim Penjangkauan. Saya ingin berbagi cerita tentang pengalaman mengerjakan tugas membuat quote yang saya terima pada awal tahun ini. Awalnya, saya bergumul karena merasa kurang paham dalam mengerjakan tugas ini. Namun, dengan semangat yang Tuhan beri, saya mendorong diri untuk belajar dan mencari cara guna mendapatkan hasil yang maksimal. Saya mendapat tugas untuk membuat quote gambar bidang e-Wanita. Bahan untuk membuat quote, berupa kumpulan quote teks, saya dapatkan dari Mbak Okti sebagai pemimpin redaksi publikasi e-Wanita.

Hal pertama yang menjadi kesulitan saya adalah cara pembuatan quote. Banyaknya masukan dari beberapa teman terhadap quote yang sudah dikerjakan membuat saya semakin bingung. Saya pernah membuat quote memakai aplikasi di handphone, tetapi hasilnya tidak sebaik jika menggunakan CorelDraw, sementara saya belum begitu menguasai CorelDraw. Akan tetapi, saya bersyukur karena teman-teman menolong saya belajar menggunakan PPT untuk membuat quote gambar. Terima kasih untuk teman-teman yang bersedia berbagi ilmu dalam pembuatan quote, kiranya apa yang kalian bagikan dapat saya terapkan.

Quote pertama yang saya buat adalah quote untuk bulan Januari. Namun, hasil kerja saya mendapat banyak masukan dan perbaikan dari tim Multimedia. Akhirnya, saya merasakan juga apa yang dirasakan oleh teman-teman tim Multimedia ketika mendapatkan feedback quote dari para pemimpin redaksi, termasuk saya. :) Dari proses quality control (QC), rasanya sulit sekali mendapat kata “OK” untuk quote gambar yang saya kerjakan. Saya juga pernah harus mengganti background berkali-kali dan tetap saja harus direvisi. Puji Tuhan, ada yang menolong saya dalam proses perbaikan quote. Tuhan kirimkan Lukas untuk memberi masukan dan mencarikan background yang sama seperti yang saya mau. Oh ya, ada satu teman lagi yang memberikan masukan mengenai jenis tulisan (font) yang saya pakai dan dia bersedia menyediakannya. Terima kasih Kak Hadi.

Ya, beginilah suasana pengerjaan quote, semakin saya bingung semakin banyak teman yang Tuhan kirim untuk menolong. Dan, masih ada satu kesulitan lagi yang saya temui, yaitu bagaimana cara memadumadankan warna antara gambar dan font karena terkadang background yang penuh warna mempersulit pemilihan warna untuk jenis tulisan. Mencari background pun juga tidak boleh sembarangan karena background harus mewakili maksud tulisan.

Saya bersyukur karena quote bulan Januari dan Februari sudah terpasang di Facebook dan Instagram SABDA_ YLSA. Banyak hal dan cara baru yang saya dapatkan dalam proses belajar kali ini. Puji Tuhan!”


Shalom, saya Mei, dari tim Pendidikan Kristen. Saya bersyukur karena dipercaya untuk membuat quote gambar bidang e-BinaAnak dan e-Humor. Pekerjaan ini merupakan hal baru bagi saya. Akan tetapi, saya bersyukur karena sebelumnya sudah pernah berlatih membuat quote setiap hari Selasa dalam rangka menanggapi kliping artikel koran yang wajib dibaca untuk menambah wawasan kami. Walau tugas ini merupakan hal baru, tetapi saya bersemangat mengerjakannya. Awal mengerjakan tugas ini, saya dibantu beberapa staf yang tidak pelit dalam berbagi ilmu mereka. Hingga akhirnya, saya mulai terbiasa mengerjakan sendiri. Ada kepuasan ketika quote itu jadi dan lolos cek dari tim Multimedia. Saya bersyukur karena di SABDA, saya belajar banyak hal baru, salah satunya tugas membuat quote. Saya berharap quote yang sudah saya dan teman-teman buat dapat memberkati orang-orang yang membacanya.”

—-

Shalom, saya Kun, dari tim Pembinaan. Senang rasanya mendapat tugas baru yang belum pernah saya kerjakan. Tugas baru ini menuntut kreativitas dan kesabaran dalam membuatnya. Tugas ini adalah membuat quote gambar. Dalam pembuatan quote gambar, saya dipercaya untuk membuat quote bidang Misi dan Doa. Setiap bulannya, tim Pembinaan menerbitkan dua quote untuk setiap bidang. Menurut saya, pembuatan quote gambar ini tidak begitu sulit karena saya sudah mendapatkan training sehingga saya tinggal menerapkannya. Meski demikian, ada juga kendalanya, yaitu dalam proses QC dari tim Multimedia. Ketika mendapat feedback dari mereka, saya merasa kewalahan karena masih bingung juga dalam perbaikannya. Kadang dalam perbaikan, saya harus lebih detail dalam “mengutak-atik” ikon-ikon yang ada di PPT. Mari menjadi insan yang terus kreatif dan berkarya. Inilah pengalaman yang bisa saya bagikan. Terima kasih. Tuhan memberkati.”

Tentang indah

margareta indah telah menulis 4 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (1) Trackbacks (0)
  1. Sungguh pengalaman yang memberkati. Sayapun awalnya juga memiliki kesulitan dalam membuat quote. Quote yang saya buat pun kata-katanya agak sukar sehingga saya harus mencari background yang sepadan. Berbagai masukan dari oranglain pun saya alami. Namun, justru dari masukan tersebut saya menjadi lebih tahu dan lebih mengerti cara membuat quote yang baik. GBU and Keep spirit !! :) )


Leave a comment

Connect with Facebook

(required)

No trackbacks yet.

© 2009-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran