Blog SABDA
8Jan/180

Roadshow #Ayo_PA! di SMK Warga, Solo

Oleh: *Irene

Pada 24 November 2017, saya diberi kesempatan untuk mengikuti acara roadshow #Ayo_PA! di SMK Warga, Solo. Jujur, saya sedikit khawatir karena saya belum begitu paham tentang acara ini. Saya belum pernah menggunakan aplikasi-aplikasi yang digunakan YLSA untuk pendalaman Alkitab, dan saya khawatir apakah saya bisa membantu teman-teman di sana. Pukul 10.45 WIB, saya berangkat menuju SMK Warga bersama Okti, Santi, Hadi, dan Pio. Sebelumnya, saya diberi tahu bahwa tugas saya nanti adalah membuat dokumentasi dan menjaga booth.

Sesampainya di sana, ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan harapan kami, seperti ruangan yang masih digunakan, kursi yang belum ditata, tidak adanya mike, dll. Akan tetapi, saya salut dengan teman-teman YLSA karena tetap tenang dan mulai mengerjakan hal yang bisa dilakukan terlebih dahulu. Kami mulai dengan memasang banner, mempersiapkan bahan presentasi, menata booth dan kursi, sambil menunggu Pak Iwan (guru pembimbing). Selang beberapa menit kemudian, aula yang tadinya sepi mulai penuh dengan siswa-siswa yang akan mengikuti persekutuan siang hari itu. Ada sekitar 100-an siswa yang datang. Kami juga meminta bantuan salah satu siswa untuk memainkan gitar saat pujian pembuka.

Sesi pertama tentang “Tujuh Alasan Pentingnya Mempelajari Alkitab” disampaikan oleh Kak Okti, dan dilanjutkan oleh Kak Santi pada sesi kedua tentang “Penggunaan Teknologi Digital untuk ber-PA”. Selain itu, pada sesi kedua ini juga dijelaskan tentang metode PA yang telah dikembangkan oleh YLSA, yaitu S.A.B.D.A (Simak, Analisa, Belajar, Doa/Diskusi, dan Aplikasi). Kedua presenter menyampaikan materi dengan sangat baik meskipun ada waktu-waktu tertentu mereka harus menegur beberapa siswa karena tidak fokus dan ramai. Siswa-siswa yang membawa HP dan memiliki paket data rata-rata berhasil mengunduh lima aplikasi yang telah dijelaskan, yaitu aplikasi Alkitab, AlkiPEDIA, Tafsiran, Kamus, dan Peta Alkitab. Mereka tidak sungkan untuk bertanya pada saat mengalami kesulitan, dan teman-teman YLSA dengan sigap membantu. Pada akhir presentasi, Santi memberi kuis untuk siswa-siswa tersebut. Mereka diberi instruksi untuk mencari berapa jumlah kata “firman” dalam kitab-kitab Injil. Para siswa SMK ini sangat antusias, mereka berebut untuk bisa menjawab. Namun, banyak dari mereka yang tidak mendengarkan instruksi dengan baik sehingga jawaban mereka kurang tepat, dan Santi harus mengulang instruksi. Alhasil, ada satu siswa yang bisa menjawab dengan tepat dan mendapatkan hadiah dari YLSA.

Saya sangat bersyukur bisa mengikuti kegiatan ini. Mungkin pada awal acara, banyak hal yang tidak sesuai dengan harapan kami, tetapi Tuhan menolong kami. Saya percaya bahwa Roh Kudus akan membimbing mereka dan memberikan pertumbuhan. Saya pun bersukacita karena setelah persekutuan selesai, ada beberapa siswa yang menghampiri booth kami. Mereka mengambil brosur “Anda Punya Waktu 60 Hari” yang bisa membantu mereka untuk menyelesaikan membaca Alkitab PB dalam waktu enam puluh hari. Saya berdoa kiranya mereka bisa berkomitmen dalam melakukannya dan bisa membagikan apa yang mereka dapat ke orang-orang di sekitar mereka.

Tentang Penulis Tamu

telah menulis 96 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

(required)

 

No trackbacks yet.

© 2009-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran