Blog SABDA
5May/175

Perayaan Paskah YLSA dan +TED@SABDA Tim Pembinaan: Passion for The Christ

Ada yang berbeda dari acara Paskah YLSA tahun ini. Jika pada tahun-tahun sebelumnya acara Paskah YLSA hanya dirayakan oleh staf YLSA beserta tamu undangan saja, tahun ini acara Paskah YLSA dirangkai bersama dengan acara +TED @SABDA untuk dirayakan bersama-sama mitra dan Sahabat YLSA. Mengangkat tema “Passion for The Christ“, Tim Pembinaan yang menjadi penyelenggara acara berharap peserta yang hadir akan semakin bergairah mengasihi dan melayani Tuhan dan sesama dengan waktu, tenaga, pemikiran, dan talenta yang mereka miliki. Kristus sudah mati bagi kita, mari kita hidup bagi Dia.

Acara berlangsung sedikit terlambat sore itu karena hujan yang turun semenjak pukul setengah empat sore. Peserta yang tadinya diperkirakan akan hadir sekitar 50 orang menyusut menjadi sekitar 40 orang, khususnya peserta dari luar kota. Acara dimulai pada pukul 17.15. Tim Pembinaan yang diwakili oleh saya sebagai Koordinator membuka acara dengan sambutan dan perkenalan panitia, MC, dan moderator, lalu disambung dengan pemutaran video profile Tim Pembinaan. Acara yang dipandu oleh MC, yaitu Ayub, memulai dengan pujian dan doa pembukaan. Sesudah itu, moderator pertama, Tika, memulai +TED sesi satu dengan pemutaran video kesaksian Jim Caviezel, aktor utama dalam film Passion of The Christ. Walaupun saya sudah pernah menonton video ini sebelumnya, saya tidak pernah menjadi bosan, karena video ini sangat memberi dorongan untuk saya semakin menghargai dan memaknai karya pengorbanan Kristus yang begitu berharga.

Sesudah menyaksikan video, acara dilanjutkan dengan mendengar presentasi dari dr. Yudhie Chandra yang membawakan materi “Sisi Medis Penyaliban Tuhan Yesus” serta presentasi kedua dari Pdt. Andi Halim mengenai Teologi Reformed. Setelah tanya jawab dengan kedua presenter dan penyerahan kenang-kenangan dari panitia, acara kemudian beralih pada ibadah Paskah, yang diisi dengan pujian, renungan, dan doa Paskah. Renungan Paskah yang berjudul sama dengan tema acara, “Passion for The Christ” dibawakan oleh Wahyu Kriscahyanto. Beliau adalah sahabat YLSA yang juga mengambil bagian sebagai panitia sie acara pada +TED@SABDA ini dan pernah mengisi acara +TED Oktober 2016. Sesudah ibadah Paskah selesai, kami rehat sejenak untuk makan malam bersama.

+TED sesi dua, yang dimoderatori oleh Odysius, lebih banyak membahas tentang materi pembinaan sebagai wujud aplikasi dari panggilan Allah bagi orang-orang percaya. Bapak Arie Saptaji, seorang penulis Kristen dari Yogyakarta tampil untuk membawakan presentasi yang berjudul “Proses Kreatif Menulis Renungan“. Sesudah itu, Ibu Yulia, ketua YLSA, mempresentasikan materi “Misi pada Era Digital“. Presentasi ditutup dengan materi “Pemuridan abad 21” yang dibawakan oleh Santi, koordinator Tim Penjangkauan. Setelah acara tanya jawab dan pemberian kenang-kenangan dari panitia, acara kemudian ditutup dengan doa dan foto bersama dengan seluruh peserta.

Ada banyak pembelajaran yang saya dapatkan melalui acara Paskah dan +TED @SABDA kali ini. Pertama, saya jadi banyak tahu tentang seluk beluk mengatur acara setelah terlibat dalam sie acara. Kedua, saya belajar banyak dari sisi membuat strategi dan perencanaan untuk melangsungkan acara, dimulai dari menentukan tema acara, menentukan kepanitiaan, menentukan tugas-tugas untuk kepanitiaan, menghubungi pembicara, membuat konsep video, brosur, dan rundown acara, dengan memperhatikan detail-detailnya, dan juga belajar dari kesalahan-kesalahan yang ada. Yang ketiga, saya mendapat berkat melalui materi-materi yang disampaikan oleh para pembicara, yang memberikan wawasan serta pertanyaan bahkan pergumulan baru di benak saya. Di atas semua itu, saya sungguh bersyukur untuk acara perayaan Paskah dan +TED@SABDA yang sudah terselenggara. Kiranya acara +TED yang menjadi media membagikan ide-ide kristiani bagi pelebaran kerajaan Allah ini akan terus menjadi berkat bagi banyak orang, dan menghasilkan dampak nyata bagi kemajuan Kerajaan Allah.

Sampai jumpa dalam +TED@SABDA pada 28 Juli 2017. Solus Christus!

Okti

Tentang Okti

Okti Nur Risanti telah menulis 21 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (5) Trackbacks (0)
  1. Bersyukur saya juga bisa mengikuti TED pembinaan dan paskah di SABDA. Sangat diberkati dengan salah satu presentasi tentang sisi medis penyaliban Tuhan Yesus. Mendengarkan presentasi tersebut, saya seolah turut merasakan kesakitan yang dialami Tuhan Yesus, tak hanya fisiknya yang terluka tetapi psikologinya. Namun Allah tidak pernah gagal dalam menggenapi rencana-Nya. Allah dalam diri Tuhan Yesus, menerima segala kesakitan yang dialami untuk manusia berdosa agar hubungannya dengan Tuhan dipulihkan. Berharap seminar-seminar TED ke depannya semakin kreatif lagi. In Christ #kun

  2. Bersyukur bisa mengikuti TED Pembinaan & paskah di SABDA. Kiranya acara seperti ini ke depannya bisa memberkati banyak orang lagi. Semoga materi-materi yang disampaikan ke depannya lebih variatif lagi. In Chris

  3. Luar biasa..YLSA memang lain dari yang lain. Acara Paskah bukan hanya mendapat firman Tuhan, tapi juga pengetahuan-pengetahuan umum.
    Terimakasih YLSA…

  4. Bersyukur sekali karena banyak mendapat pengetahuan baru melalui TED kali ini, walaupun saya merinding ketika mendengarkan presentasi tentang penderitaan Kristus dari segi medis. Ngeri sekali. Tuhan Yesus sangat baik karena telah menanggung penderitaan itu untuk kita semua.

  5. kapan ya diadakan lagi acara seperti ini di jakarta?


Leave a comment

Connect with Facebook

(required)

 

No trackbacks yet.

© 2009-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran