Blog SABDA
9Mar/170

Roadshow SABDA di Pulau Dewata (I)

Tahun lalu, Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) menerima permintaan pelayanan dari STT Kingdom (GBI Rock Lembah Pujian), Bali, untuk pelatihan Software SABDA kepada mahasiswa dan jemaat di sana. Bu Yulia, Ketua YLSA, menerima tawaran tersebut dan memutuskan untuk diadakan pada 25 Februari 2017. Setelah bertemu dengan Pdt. Jenik dari Bali dan menghubungi beberapa gereja serta sekolah teologi di Bali, kesempatan pelayanan pun menjadi berkembang hingga akhirnya diputuskan untuk berada di Bali sampai 28 Februari 2017. Puji Tuhan!

Tim SABDA yang berangkat adalah Bu Yulia, Aji, Hadi, dan saya. Karena keluarga dan kesibukan di kantor, diputuskan saya dan Hadi akan ikut pada 24 — 26 Februari 2017 saja, sedangkan Bu Yulia dan Aji akan tinggal sampai tanggal 28 Februari. Kami berangkat Jumat pagi, 24 Februari 2017. Ini adalah perjalanan saya yang pertama dengan pesawat ke Bali. Setibanya di Bandara I Gusti Ngurah Rai, kami dijemput oleh tim penjemputan GBI Rock Bali untuk menuju ke lokasi pelatihan di STT Kingdom. Kami segera survei tempat dan menata booth. Kami sengaja melakukan persiapan awal agar keesokan harinya tidak perlu tergesa-gesa. Selesai mengerjakan itu semua, kami langsung ke “guest house” tempat kami akan menginap selama pelatihan di GBI Rock. Rencananya, kami akan segera mandi dan bersiap untuk pergi ke acara persekutuan Lansia GKA Zion (GKAZ) jam 18.00. Akan tetapi, baru 10 menit di “guest house”, sebelum bisa mandi semua, kami sudah dijemput jam 17.00 oleh Ibu Henny (istri Pdt. Jenik dari GKAZ). Ibu Henny sangat ramah menjelaskan kepada kami hal-hal apa saja yang perlu diketahui untuk pelayanan di GKAZ sore itu dan Minggu nanti.

Setibanya di GKAZ, kami bersyukur karena acara diawali dengan makan malam sehingga kami bisa mengisi perut dan mulai mengenal beberapa lansia. Ibadah lansia dibuka dengan sharing dari jemaat dan dilanjutkan dengan khotbah oleh Ibu Henny tentang “Hidup yang Berdampak” (Kej. 12:13 & Mat. 5:16). Selesai berkhotbah, Ibu Henny memberi pengantar bahwa Ibu Yulia akan berbagi berkat Tuhan. Berkat tersebut adalah bahan-bahan audio dari YLSA yang bisa dinikmati lansia untuk bisa semakin dekat dengan Tuhan. Empat puluh anggota lansia yang hadir dapat menyimak dengan penuh perhatian dan bersemangat. Bahkan, sesekali saya melihat banyak yang setuju dengan keluhan-keluhan lansia ketika belajar firman Tuhan, yaitu susah membaca huruf-huruf Alkitab yang kecil-kecil dan cepat capai ketika membaca. Untuk itu, SABDA menyediakan bahan-bahan audio sehingga lansia tidak perlu membaca lagi, tinggal mendengarkan saja. Bahan-bahan Alkitab audio dari SABDA kami instalkan ke HP dan tablet jemaat setelah selesai ibadah. Tetapi sayang, hanya beberapa jemaat yang tinggal karena hari sudah keburu malam. Senang melihat antusiasme para lansia.

Pelatihan SABDA pada Sabtu, 25 Februari 2017 di STT Kingdom adalah pelatihan software SABDA dan #Ayo_PA dari pkl. 09.00 sampai 16.00 Wita. Akan tetapi, acara agak molor karena panitia masih harus mempersiapkan peralatan listrik di ruangan dan kami melakukan instalasi Software SABDA. Setelah mengisi buku tamu, peserta mendapat 1 paket DVD SABDA dan laptop diinstal dengan sofware SABDA. Di antara peserta, ternyata beberapa sudah pernah mengikuti pelatihan Software SABDA kira-kira 8 tahun y.l.. Mereka ikut lagi karena program SABDA belum banyak mereka pakai sehingga banyak yang lupa. Puji Tuhan, acara pelatihan Software SABDA yang dibawakan oleh Bu Yulia berlangsung dengan lancar dan peserta antusias mengikutinya. Bahkan, ketika pkl. 12.00 tiba (waktunya makan siang), mereka lebih memilih untuk menyelesaikan pelatihan Software SABDA daripada berhenti untuk makan siang. Tim SABDA diajak panitia makan siang Babi Guling, makanan khas Bali yang enak. Setelah makan siang, pelatihan dilanjutkan dengan materi #Ayo_PA! yang disampaikan oleh Aji. Saya bersyukur bisa melayani peserta dengan menjaga booth, sedangkan Hadi mengurus semua urusan teknis dan menjadi operator saat presentasi berlangsung. Bersyukur, kami bisa beristirahat pkl. 18.00 Wita. Namun, belum sempat mandi, kami sudah dijemput panitia untuk makan malam ikan bakar khas Bali yang juga sangat lezat. Kecapaian sepanjang hari ini dibalas dengan tidur pulas untuk persiapan keesokan harinya.

Pada Minggu, 26 Februari 2017, jam 06.00, kami sudah siap makan pagi dan memulai pelayanan dengan membuka booth bagi jemaat yang datang di ibadah pagi GBI Rock Lembah Pujian. Sayangnya, booth SABDA tidak terlalu banyak dikunjungi, mungkin karena gereja tidak memberikan penjelasan tentang adanya booth SABDA kepada jemaat.

Pada pkl. 11.00 Wita, kami dijemput mobil GKAZ untuk memberikan pelatihan #Ayo_PA! Puji Tuhan! Ada lebih dari 130 jemaat yang hadir siang itu untuk mengikuti pelatihan, baik remaja, pemuda, dewasa maupun lansia. Sebelum pelatihan, panitia telah menyediakan makan siang untuk semua peserta dan mereka juga harus menginstal 5 aplikasi SABDA Android di HP mereka. Sungguh menyenangkan melihat keluarga besar GKAZ berkumpul bersama memakai gadget untuk belajar firman Tuhan. Ketika pelatihan berlangsung, peserta diminta untuk mempraktikkan apa yang diajarkan. Rata-rata mereka dapat mengikuti dengan baik meski beberapa orang tua harus dibantu. Setelah selesai, Ibu Yulia diberi waktu untuk memberikan presentasi tentang DVD Library Anak kepada guru-guru SM. Sementara itu, Hadi dan Aji menolong peserta yang ingin mendapatkan Alkitab audio dan aplikasi Alkitab di HP mereka, dan saya melayani di booth untuk jemaat yang membutuhkan CD-CD Alkitab Audio.

Puji Tuhan! Acara sepanjang hari itu memberikan kelelahkan yang menyenangkan. Setelah beristirahat sebentar, pkl. 17.00 Wita saya dan Hadi diantar ke bandara untuk kembali ke Solo. Sementara itu, Ibu Yulia dan Aji masih akan tinggal sampai tanggal 28 Februari 2017.

Senang rasanya mengikuti roadshow kali ini. Melihat semangat peserta membuat saya ikut bersemangat, khususnya melihat para lansia yang punya kemauan belajar tinggi, bahkan belajar mengunduh aplikasi sendiri dan berbagi mengajari rekan-rekan samping kanan kirinya. Ini pengalaman pertama saya roadshow SABDA di luar Pulau Jawa :) Puji Tuhan!

Selanjutnya, silakan Anda membaca tulisan Aji dalam blog Roadshow SABDA di Pulau Dewata (II).

Elly

Tentang Elly

Melina Martha telah menulis 11 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

(required)

 

No trackbacks yet.

© 2009-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran