Blog SABDA
21Feb/170

Staf SABDA Mengikuti Seminar “Answers in Genesis”

Sabtu, 11 Februari 2017, saya dan Ayub menghadiri seminar “Answers in Genesis” di Griya Konseling, Solo. Saya tertarik menghadiri seminar ini karena sebelumnya, sekitar awal Januari, Ibu Vivi dan anaknya datang ke SABDA untuk menginformasikan tentang seminar ini. Jadi, saya punya harapan seminar ini akan mengupas lebih dalam tentang argumentasi seputar teori Big Bang, teori evolusi, dan lainnya. Namun, materi yang saya sebutkan itu ternyata hanya dibahas permukaannya, tidak mendalam. Banyak sekali topik yang dibahas, tetapi pembahasan tidak mendalam. Penyampaiannya juga terkesan melompat-lompat dan kurang terstruktur.

Berikut beberapa hal yang saya belajar dari seminar ini: Pertama, setiap manusia dalam berpikir dan mengambil keputusan pasti dipengaruhi oleh cara pandangnya (worldview). “Starting point” akan memengaruhi kesimpulan akhir kita. Pembicara sempat memutar satu video tentang dua ilmuwan yang memiliki starting point berbeda. Ilmuwan pertama memulai dari sudut pandang naturalis, maka kesimpulan akhirnya adalah evolusi itu benar, kisah penciptaan di Alkitab itu salah. Namun, ilmuwan kedua yang memulai sudut pandangnya dari sisi Alkitab, pada akhir penelitiannya menyimpulkan bahwa Alkitab memang benar. Selain itu, pembicara juga menunjukkan alat peraga yang ia gunakan untuk mengajarkan Alkitab kepada anaknya dengan cara yang berbeda, sesuai dengan porsi untuk anak-anak. Tujuannya supaya sejak dari kecil, anak juga dapat belajar apologetika.

Seminar ini berdurasi 3 jam. Dua jam pertama berisi pembahasan materi, dengan waktu istirahat sekitar 10 menit di pertengahan. Setelah itu, 1 jam terakhir peserta diberi kesempatan untuk bertanya dalam sesi tanya jawab. Pertanyaan disambut dengan antusias dan pertanyaannya menarik untuk dibahas. Beberapa pertanyaan yang diajukan berkaitan dengan asal mula manusia purba, asal mula ras manusia, ada juga tentang bagaimana mengajarkan materi ini kepada anak-anak karena banyak di antara peserta adalah guru.

Sebagai lanjutan dari seminar ini, panitia akan mengadakan seminar dengan pembicara dari Amerika pada September mendatang. Semoga seminar selanjutnya dapat memaparkan materi dengan lebih baik lagi.

Liza

Tentang Liza

Elizabeth Witanto telah menulis 6 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

(required)

 

No trackbacks yet.

© 2009-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran