Blog SABDA
15Aug/160

Pengalaman Pertama Mengikuti Roadshow #Ayo_PA di SMP Kalam Kudus

Oleh: Lukas*

Nama saya Lukas Febrian, dan saya termasuk staf baru di Yayasan Lembaga SABDA (YLSA). Saya ingin berbagi cerita pengalaman pertama saya ketika bertugas mengikuti Roadshow #Ayo_PA! di SMP Kalam Kudus, Solo, pada tanggal 13 Agustus 2016. Kami berangkat pukul 06.15 dengan diiringi oleh hujan lebat yang mengguyur kota Solo pagi itu. Meski sempat kaget dengan keadaan yang tidak biasa ini, tetapi hal itu tidak menurunkan semangat kami bertiga, yaitu saya, Bu Yulia, dan Bara, yang akan pergi melayani guru-guru SMP Kalam Kudus.

Kami justru datang yang pertama dan disusul oleh kepala sekolah, Pak Felix, yang dengan senang menemui kami. Setelah itu beberapa guru mulai berdatangan. Namun karena hujan, acara yang dijadwalkan mulai jam 06.45 itu terpaksa mundur untuk menunggu semua guru hadir. Setiap guru yang datang kami berikan paket DVD Library Anak dan kami juga meng-install-kan aplikasi-aplikasi SABDA Android bagi guru yang belum memiliki aplikasi-aplikasi itu di HP mereka.

Acara akhirnya dimulai jam 07.30 dengan diawali presentasi pertama dari Bu Yulia yang dimulai dengan diskusi tentang apakah itu PA dan pentingnya ber-PA. Selain itu, Bu Yulia juga memperkenalkan tentang metode S.A.B.D.A. dan bagaimana ber-PA dengan metode ini di era digital, terkhusus untuk guru-guru yang setiap hari menghadapi generasi digital yang fasih menggunakan gawainya. Presentasi kedua dibawakan oleh Bara, yang memperkenalkan aplikasi-aplikasi apa saja yang dapat digunakan untuk membantu kita dalam ber-PA dan bagaimana cara memakainya. Acara selesai jam 08.20 dan banyak guru segera meninggalkan acara untuk melanjutkan kegiatan sekolah hari itu.

Kesan saya mengikuti Roadshow #Ayo_PA! di SMP Kalam Kudus adalah ternyata masih banyak guru yang perlu tahu pentingnya ber-PA dan cara melakukan PA dengan menggunakan teknologi. Saya sendiri juga banyak belajar tentang pentingnya ber-PA dan bagaimana kita dapat memperkenalkan PA S.A.B.D.A., baik kepada para digital native maupun kepada para digital immigrant. Kiranya pengalaman saya ini dapat menjadi berkat bagi kita semua. #Ayo_PA!

Tentang Penulis Tamu

telah menulis 85 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

(required)

 

No trackbacks yet.

© 2009-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran