Blog SABDA
7Jul/150

Training Kepemimpinan “Today Matters”

Pada awal Juli yang lalu, tepatnya tanggal 4 — 5 Juli 2015, saya bersama dua rekan yang lain — Hadi dan Evie, mengikuti training kepemimpinan yang diadakan oleh TOTAL yang bekerja sama dengan EQUIP di Solo. Sebelumnya, kami bertiga sudah mengikuti seri pertama dari training kepemimpinan ini Januari yang lalu. Apakah Anda masih ingat judul topik training yang pertama tersebut? Ya, “Pemimpin 360 Derajat“! Training bagian kedua ini berjudul “Today Matters” — hal-hal penting hari ini.

Pembicara yang menyampaikan materi dalam training ini sama dengan pembicara training sebelumnya, Bapak Sunjoyo Soe dan Bapak Paulus Winarto. Materi yang disampaikan terdiri atas 6 pelajaran yang dibagi dalam 6 sesi. Secara garis besar, ada 12 poin yang tercakup dalam 6 pelajaran tersebut. Dua belas poin tersebut antara lain adalah Sikap Hati, Prioritas, Kesehatan, Keluarga, Berpikir, Komitmen, Keuangan, Iman, Hubungan, Kemurahan Hati, Nilai, dan Pertumbuhan.

Dari masing-masing poin yang dijelaskan, saya menyimpulkan bahwa untuk menjadi seorang pemimpin Kristen yang efektif, saya harus memerhatikan kedua belas poin tersebut dengan bijak. Mengapa? Sebab, kedua belas poin itu saling memengaruhi dan melengkapi untuk menghasilkan seorang pemimpin yang sehat dan berkarakter. Menurut saya, kita semua memiliki bakat untuk menjadi pemimpin, asalkan kita mau memperlengkapi diri dengan kedua belas poin di atas dan sekaligus mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari. Memang benar, kita tidak dapat memiliki kekuatan yang besar dalam kedua belas poin tersebut, tetapi setidaknya kita memiliki bagian-bagian yang kuat dan terus mengembangkan bagian-bagian yang masih lemah.

Satu bagian yang tidak akan saya lupakan saat mengikuti training kali ini adalah saya menjawab tantangan Pak Sun, panggilan akrab Bapak Sunjoyo Soe, untuk menentukan hal-hal yang menjadi prioritas dalam hidup saya dengan memilah-milah beberapa kartu yang bertuliskan legalisme, hikmat, iman, keluarga, komitmen, kolega, dll.. Pertama, saya memilah mana yang memiliki nilai penting dan tidak penting, lalu saya memilih 8 nilai yang penting, dan terakhir, memilih 3 nilai yang terpenting, yaitu iman, hikmat, dan keluarga.

Bagi saya, iman dalam Kristus adalah fondasi yang harus saya miliki agar saya dapat bertahan hidup sesuai kehendak-Nya, saya perlu hikmat dari Bapa untuk menentukan langkah, dan saya memerlukan dukungan keluarga untuk berjuang dalam menjalankan amanat Tuhan. Saya memang belum menjadi pemimpin besar, tetapi saya harus menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan dapat menjadi contoh yang baik bagi sesama. Saya bersyukur kepada Tuhan Yesus karena diberi kesempatan untuk mengikuti training kepemimpinan ini. Tak lupa, saya berterima kasih juga kepada YLSA yang telah memberi kepercayaan kepada saya untuk belajar dari training ini. Saya sudah membagikan apa yang saya dapatkan kepada teman-teman di YLSA supaya rekan-rekan sekerja yang lain dan Anda yang membaca blog ini, diberkati. Bangkitlah, dan jadilah pemimpin-pemimpin berintegritas!

Setya

Tentang Setya

Sri Setyawati telah menulis 18 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.