Blog SABDA
13Apr/153

Training Tanpa Judul di SABDA

Oleh: Anin*

Lho, kok judulnya begitu ya? Lebih jelasnya lihat tulisan aneh di bawah ini ya. ^_^

Senin, 23 Maret 2015. Satu hari yang penuh dengan tanda tanya. Hari itu adalah hari pertama training di kantor SABDA. Training apa? Tidak tahu karena nggak ada judulnya training apa :D. Tapi yang jelas, banyak yang diajarkan. Tentang Digital Ministry, konsep pembuatan proyek web, prosesnya, teknisnya, dll..

Hari pertama harusnya pengenalan (harusnya sih, karena kalau pelatihan yang lain biasanya seperti itu), tapi langsung dikasih PR!! Luar biasa!! PR-nya buat inventarisasi bahan yang akan digunakan untuk proyek E-Library STTIAA yang saya kerjakan. Padahal datang tanpa persiapan sama sekali, nekat ya?! :D. Tiap hari dikasih PR lagi, mantab yak?! 😀 Oh iya, trainingnya dari tanggal 23 Maret — 2 April 2015 atau satu setengah minggu di kantor Griya SABDA. Di sana, saya tidak sendiri dengan tim dari SABDA saja, tapi juga ada tim dari Scripture Union (SU) Indonesia, ada Pak Yusak dan Mbak Yuni. Kalau lihat tulisan ini: Halo Pak Yusak! Halo Mbak Juni! Apa kabar? Siap tempur buat proyeknya nggak nih? Semangat ya guys!! :D.

Lanjut ke cerita singkat trainingnya…

Hari pertama diajarkan tentang zaman yang berubah ke dunia digital, kemudian teknis pembuatan proyek dan tentang skill juga. Yang menjadi fokus di sini adalah tentang pembuatan web/situs. Selama training, diajarkan tentang tahap-tahap pembuatan situs, dari pembuatan proposal, ngumpulin bahan-bahannya, sitemapstoryboard, mock up, rapid prototype juga diajarkan tentang SWOT. Bahasanya tinggi, jadi saya sulit memahami :D. Ternyata dalam pembuatan situs itu bukan cuma buat saja, tapi juga harus tahu nantinya atau tujuan pembuatan situs itu apa. Bagaimana situs itu menyenangkan pengunjung situsnya, konten apa aja yang ada di situ, fungsi yang disediakan apa saja, dll.. Nah, dari situ akan tahu situs yang ingin dibuat seperti apa. Ribet? Sangat ribet guys :D. Selama pelatihan itu banyak pusingnya, tapi akhirnya tahu tujuan semuanya itu apa. Hampir setiap hari presentasi PR yang dikerjakan, bingung iya, pusing iya. Pokoknya campur aduk. Selama presentasi itu banyak dikasih masukan, bukan hanya masukan untuk proyeknya tapi juga buat diri sendiri. Banyak melakukan brainstorming juga.

Dari situ, saya mulai tahu. Ternyata itu adalah training Sistem Manajemen Proyek. (Kalau nggak salah lho ya?! :D)

Bukan cuma di training aja, tapi setiap hari sebelum training pasti ada Pemahaman Alkitab. Seperti yang diajarkan dalam training, segala sesuatu itu diawali dengan doa. Ketika diawali dengan doa, akan diakhiri dengan syukur. Jadi bukan hanya ilmu saja, tapi juga membangun iman kita agar lebih lagi pada Tuhan.

Dari training itu, saya belajar banyak hal. Selain tentang pengetahuan teknis, yang lebih penting itu pelajaran di balik training itu. Pertama jelas, kita tidak bisa melakukan semuanya itu sendiri. Kemudian kita menjadi tahu kelemahan diri kita, belajar terima kritik dan saran yang membangun pastinya, belajar memecahkan masalah, dan tentang kerja tim juga. Di SABDA, saya mendapat teman baru yang saling mendukung. Yang jelas, banyak hal yang tidak ada di tempat lain, ada di training SABDA ini.

Terima kasih buat semua yang terlibat dan yang sudah memberikan saya ilmu baru yang sangat bermanfaat. Sebenarnya, selama di sana itu saya pusing dan ribet, tapi rasanya pingin lagi ketemu dengan orang-orang yang ternyata mengasyikkan :D. Yang jelas, terima kasih untuk teman-teman di SABDA yang sudah membantu, dan sukses terus untuk pelayanan SABDA di dunia digital. Akhir tulisan, “We can’t do alone, but with GOD, we can“.

Tuhan memberkati SABDA.

Tentang Penulis Tamu

telah menulis 179 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (3) Trackbacks (0)
  1. Hai Anin!

    Tetap semangat melayani Tuhan, ya!
    Bersyukur kepada Tuhan karena bisa kenal kamu dan sempat ngobrol juga. Ternyata dunia ini sempit ya … haha … ternyata temanmu kerja adalah temanku kerja dulu. 😀

    Oh ya, aku mau bilang nih: ada banyak hal yang masih harus kita pelajari supaya kita bisa semakin efektif dalam melayani Tuhan.

  2. Hai juga Anin, 🙂
    Walaupun memberi blog ini “Training Tanpa Judul” tetapi sebenarnya ada judulnya, kan trainingnya banyak dan satu per satu ada judulnya. Kayak Agile Development, Scrum, Pace, Code, dll. Itu judul setiap training yang sudah kamu ikuti. 😀

    Tetap semangat ya Anin untuk mengerjakan program e-Library. Jangan menyerah dan tetap memiliki semangat untuk belajar. Tuhan memberkati.

  3. Hai juga mbak Santi, senang juga udah kenal sama mbak Santi..
    Akhirnya ketemu juga sama seorang ya bisa dibilang Social Media Stretegist kayak mbak Santi, harus banyak belajar dari mbak Santi ini tentang ngelola socmed..hehee
    Emang sempit dunia ini mbak, kalo cuma di Solo dan sekitarnya…hahahaa
    Tetep semangat melayani ya mbak, tularkan semangatnya ke aku juga..hehe 😀

    Hi mbak Amidya..
    Hahaahaha, ya itu judul per sesi kalo secara keseluruhan kan gak itu mbak..wkwkwk
    Yups.. 😀
    Tetep semangat juga pelayanan di sana ya mbak.. 🙂

    Salam untuk teman-teman di sana.. 🙂


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.