Blog SABDA
25Aug/142

Raker Mini YLSA 2014

Bertepatan dengan hari pengumuman dari KPU mengenai hasil pilpres pada 9 Juli 2014 lalu, semua staf YLSA berkumpul bersama. Namun, kami berkumpul bukan untuk mengikuti detik-detik pengumuman dari KPU, tetapi untuk mengikuti rapat kerja tengah tahun 2014 sebagai evaluasi dari pelayanan yang telah YLSA kerjakan selama bulan Januari hingga Juni 2014. Rapat kerja tengah tahun ini kami sebut ‘Raker Mini’. Sebelumnya, raker selalu diisi dengan berbagai laporan dan rencana dari masing-masing divisi dari pagi hingga petang, tetapi raker kali ini berbeda karena memberikan pelajaran lebih banyak bagi semua peserta. Agenda Raker Mini adalah persekutuan doa, laporan kerja divisi secara keseluruhan, presentasi oleh 11 staf YLSA, waktu doa pribadi, sharing, dan doa bersama. Tentu, yang tidak ketinggalan adalah makan-makan bersama. :)

Raker Mini YLSA 2014 dilaksanakan mulai pkl. 07.30 hingga pkl. 18.00. Kami membukanya dengan bersekutu bersama dan mendengarkan renungan singkat. Setelah itu, kami mendengarkan laporan global tengah tahun yang disampaikan oleh Ibu Yulia. Dalam laporan ini, banyak sekali masukan yang ditujukan kepada setiap koordinator divisi karena ada masalah di sana-sini dalam pembuatan laporan. Untuk itu, kami akan menindaklanjutinya dengan training membuat laporan supaya laporan yang akan datang bisa lebih lengkap dan tepat. Acara raker ini memang dibuat lebih fleksibel oleh Mbak Evie, tetapi tetap disiplin sehingga acara demi acara dapat terlaksana dengan baik.

Acara selanjutnya sangat menarik karena kami mendengarkan presentasi dari beberapa staf YLSA yang sudah menyediakan diri sebelumnya, yaitu Mbak Santi, Mbak Evie, Pak Gunung, Mas Ryan, Kak Meland, Mas Hadi, Mas Yudo, Mbak Setya, Mbak Okti, Mas Benny, dan Kak Yochan. Para presenter diberikan waktu sebanyak 15 menit untuk memberikan presentasi bebas sesuai dengan minat mereka. Melalui presentasi ini, kami banyak belajar tentang gairah kerja, relasi, karakter, kesehatan kerja, lingkungan hidup, dan masih banyak lagi. Dan, yang menarik adalah presentasi terakhir dari Kak Yochan yang mempresentasikan tentang “Apa Arti SABDA Untukmu?”. Presentasi ini juga menjadi pengantar ke rangkaian acara berikutnya. Kami semua diajak untuk merenungkan makna keterlibatan kami dalam pelayanan SABDA. Banyak hal yang dapat disyukuri dan diperjuangkan selama melakukan pelayanan di SABDA.

Acara presentasi ini diikuti dengan acara “renungan pribadi” karena setiap staf diminta untuk mengambil waktu pribadi untuk merenungkan hidup, khususnya dalam tiga area, yaitu rencana hidup pribadi, rencana YLSA, dan rencana Tuhan. Setelah itu, kami berkumpul dalam kelompok-kelompok kecil untuk saling mensharingkan hasil perenungan kami. Dalam kelompok kecil ini, saya bersyukur karena masing-masing kami membagikan ayat firman Tuhan yang kami baca selama perenungan tadi. Kami juga dapat saling mendoakan rekan sepelayanan, baik pergumulan hidup maupun rencana pelayanan yang akan dilakukan. Di samping itu, kami juga dapat bersyafaat bagi rencana Tuhan bagi pelayanan YLSA serta bagi bangsa dan negara ini.

Menjelang sore hari, kami semua pindah tempat pertemuan ke mess cewek untuk melihat televisi karena kami ingin mendengar pengumuman hasil perhitungan KPU, siapa yang akan terpilih sebagai Presiden RI periode 2014-2019. Namun, karena pengumuman tersebut diundur, kami pun melanjutkan acara raker dengan sharing di kelompok besar. Semua staf sharing dan bersyukur untuk setiap pelajaran yang mereka dapatkan selama setengah tahun ini. Bagi saya, melayani Tuhan di YLSA adalah satu kesempatan yang sangat baik. Bahkan, bukan saja kesempatan, tetapi anugerah yang Tuhan berikan yang luar biasa kepada saya. Raker Mini selesai dan diakhiri dengan doa, kemudian makan malam bersama. Kiranya ke depannya, pelayanan YLSA dapat menjadi berkat bagi lebih banyak orang dan bagi bangsa Indonesia. Semangat!!

Bayu

Tentang Bayu

Yohanes Bayu telah menulis 7 artikel di blog ini..

suka diam dan merenung. tapi juga seneng hal yang lucu…

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (2) Trackbacks (0)
  1. Raker mini tahun ini seru banget! Ada banyak wawasan baru dari presentasi yang diberikan.. Terima kasih ya para presentator!:D

    Bersyukur juga ada kesempatan untuk merenung dan merefleksi rencana ke depan. Terima kasih untuk acaranya, HRD!:D

    Tapi, PR selanjutnya adalah membuat laporan dan rencana pelayanan semester II oleh para sekretaris. Semangat para sekre!!!!^^

  2. Wah, baru kali ini saya ikut raker mini YLSA. Sebelum ada raker mini, sudah ada situs-situs mini … kok sekarang ada beberapa “mini” ya? :D

    Saya bersyukur karena melalui raker mini ini, saya punya pengalaman untuk ikut TED (presentasi singkat). Menarik sih, tapi …. saya sepertinya tidak on time.

    Terima kasih YLSA karena selalu memberi pengalaman baru di hidup saya. :D


Leave a comment

Connect with Facebook

(required)

 

No trackbacks yet.

© 2009-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran