Blog SABDA
25Aug/142

Pelatihan Penggunaan Software SABDA untuk Staf YLSA

Oleh: Arkha*

Perkenalkan nama saya Arkha. Pada kesempatan ini, saya ingin berbagi ucapan rasa syukur karena telah mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan Software SABDA di Yayasan Lembaga SABDA. Pelatihan ini dilaksanakan pada Kamis, 17 Juli 2014, dari pkl. 13.00 sampai kurang lebih pkl. 16.00, dan diikuti oleh 9 orang staf YLSA, termasuk saya.

Pelatihan dipimpin langsung oleh Ketua YLSA, yaitu Ibu Yulia. Dengan segala pengalaman dan jam terbangnya, Ibu Yulia menyampaikan presentasi Software SABDA ini dengan baik, serta bisa memberi informasi dan pengetahuan secara detail tentang fitur-fitur yang dimiliki software SABDA untuk penggalian Alkitab.

Bagian pertama dari pelatihan adalah pengenalan Software SABDA, setelah itu masuk ke sesi pelatihan dengan menggunakan “Tutorial SABDA 3 Menit“. Dalam tutorial ini, terdapat sepuluh cara dasar penggunaan software SABDA. Satu per satu langkah di tutorial ini dikupas supaya segenap peserta pelatihan antusias dan memperhatikan langkah demi langkah yang dijelaskan. Karena setiap peserta membawa laptop, kami bisa langsung mempraktikkan langkah-langkah yang telah diberikan oleh Ibu Yulia.

Saya melihat sendiri betapa lengkapnya software ini karena ada lebih dari 80 versi terjemahan Alkitab, yaitu 14 modul Alkitab versi terjemahan bahasa Indonesia modern, 7 modul Alkitab versi terjemahan bahasa Melayu kuno abad ke-17 s/d 19, 12 modul Alkitab versi terjemahan bahasa Ibrani & Yunani, 26 modul Alkitab versi terjemahan dalam bahasa suku/daerah, dan 25 modul Alkitab versi terjemahan bahasa asing lainnya. Tidak hanya itu, SABDA juga dilengkapi dengan ratusan buku, kamus leksikon (bahasa Yunani dan Ibrani) dan kamus-kamus lain, koleksi peta, tafsiran, catatan ayat, pengantar kitab, serta diperkaya dengan cerita Alkitab bergambar untuk anak. Saya melihat ini adalah sesuatu yang luar biasa.

Saya pribadi merasa sangat senang mengikuti pelatihan ini dan mendapat banyak manfaat untuk ke depannya. Saya akan memperkenalkannya kepada hamba-hamba Tuhan di gereja saya sendiri dan kepada teman-teman pemimpin PA/renungan, terutama kepada mereka yang sering kebingungan dalam mempersiapkan materi khotbah atau renungan.

Setelah pelatihan ini selesai, semua peserta juga diberi waktu untuk memberi kesaksian pribadinya tentang pelatihan yang diadakan selama kurang lebih tiga jam tersebut. Wow… Ternyata setiap kami mempunyai kesan tersendiri dari pelatihan ini. Yans Albert, salah satunya, merasa kagum dengan materi yang diberikan dan software ini telah memberi motivasi baginya untuk menggali kebenaran Firman Tuhan lebih lagi.

Kesimpulannya, SABDA sangat berkesan bagi kami, seperti ungkapan yang disampaikan oleh Ibu Yulia, “Jika Anda membawa pulang software ini, sama saja Anda membawa koleksi buku perpustakaan biblika yang sangat lengkap”. Harapan dari Ibu Yulia, software ini dapat disebarkan kepada orang-orang yang membutuhkan sehingga mereka dapat semakin diberkati dengan kebenaran firman Tuhan dan kerajaan Tuhan akan semakin diperluas di bumi ini.


*Arkha adalah staf YLSA yang pernah mengikuti masa percobaan selama Juni-Juli 2014.

Tentang Penulis Tamu

telah menulis 96 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (2) Trackbacks (0)
  1. Terima kasih untuk share-nya, Mas Arkha.. Saya ingin mengikuti latihan/training SABDA.. Kapan akan diadakan kelas tranining-nya ? Dan, di mana? Saya juga akan mengajak teman-teman saya untuk ikut apabila diperbolehkan.

    Terima kasih banyak,
    Rina


Leave a comment

Connect with Facebook

(required)

 

No trackbacks yet.

© 2009-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran