Blog SABDA
22Oct/131

Pelatihan Khotbah Langham di Cawas

Ibu Yulia bersama Tim Klub Pengkhotbah Langham Jateng mengadakan pelatihan bagaimana mempersiapkan khotbah dengan metode Langham di Cawas, Klaten, pada hari Kamis, 19 September 2013. Pelatihan itu ditujukan untuk anggota persekutuan Nazareth dan diadakan di Gereja Bethel Indonesia, Karangmojo, Weru, Sukoharjo. Saya mendapatkan kesempatan untuk ikut dalam pelatihan tersebut untuk menjadi operator Software SABDA saat Ibu Yulia memberikan pelatihan.

Kami dijemput di stasiun Klaten oleh Pak Tri (anggota tim Langham dari Klaten) dan anggota persekutuan dari Yogyakarta. Kami berangkat dari stasiun Klaten sekitar pukul 08.30. Perjalanan sampai ke tempat pelatihan membutuhkan waktu hampir 1 jam, dengan kondisi jalan yang cukup baik. Setibanya di sana, peserta yang sudah datang baru ada 2 orang. Ibu Yulia mulai menata display CD Alkitab Audio, paket DVD Library SABDA Anak 1.2, traktat-traktat, dan brosur-brosur yang akan dibagikan. Sedangkan saya mulai menyiapkan slide presentasi yang akan dibawakan serta software SABDA 4 yang akan digunakan pada pelatihan. Acara dimulai sekitar pukul 10.30, sedikit terlambat dari yang dijadwalkan, yaitu pukul 10.00. Rupanya banyak peserta yang tidak hadir dan yang hadir saat itu kurang lebih ada dua puluh orang.

Pelatihan dibagi dalam tiga bagian; pertama, bagian pembuka yang menjelaskan latar belakang Klub Pengkhotbah Langham, yang dibawakan oleh Pak Andri, yaitu anggota tim Langham dari Jepara. Acara yang kedua dibawakan oleh Ibu Yulia (Koordinator tim Langham Jateng), pelatihan mempersiapkan khotbah dengan metode Langham yang juga disertai praktiknya. Acara yang ketiga dibawakan oleh Pak Julio, yaitu anggota tim Langham dari Yogyakarta, yang membawakan bagian follow-up. Peserta mengikuti keseluruhan acara dengan penuh perhatian. Pada waktu pelatihan, nas yang dipraktikkan diambil dari Matius 8:23-27. Peserta mengikuti setiap langkah dan ikut ambil bagian dalam menjawab pertanyaan dari tiap-tiap langkah. Selama mempraktikkan penggalian Alkitab Ibu Yulia meminta saya membuka program SABDA untuk mempermudah peserta melakukan penggalian Alkitab. Awalnya, saya merasa khawatir karena sudah lama saya tidak mendapat tugas untuk menjadi operator software SABDA. Puji Tuhan, acara pelatihan tersebut dapat berjalan dengan baik. Saat masuk bagian follow-up, para peserta diberi nas dari Alkitab dan diminta untuk membuat persiapan khotbah dengan menggunakan langkah-langkah dari metode Langham yang sudah dipelajari. Bu Yulia dan anggota Langham lainnya berharap, setelah para peserta mendapatkan pelatihan persiapan khotbah ini, nantinya di Klaten juga akan terbentuk klub pengkhotbah Langham Klaten.

Setelah acara pelatihan selesai, secara singkat Ibu Yulia memperkenalkan paket DVD Library SABDA Anak 1.2, CD Alkitab Audio, dan traktat yang kami bawa. Setelah itu, seluruh peserta mendapatkan CD, paket DVD Library SABDA Anak 1.2, serta traktat remaja dan anak untuk mendukung pelayanan mereka. Bahan-bahan yang kami bawa hampir tidak bersisa. Akhirnya, keseluruhan acara selesai sekitar pukul 13.00. Kemudian kami semua makan siang di rumah Bapak Gunawan, salah satu anggota persekutuan, yang ternyata adalah sebuah rumah kasih untuk anak-anak yatim piatu. Setelah itu, kami pulang sekitar pukul 14.00.

Saya sangat bersyukur karena acara pelatihan ini dapat berjalan dengan lancar. Melalui pelatihan ini saya bersyukur karena diingatkan kembali langkah-langkah belajar Alkitab dengan metode Langham yang sudah lama tidak saya terapkan. Semoga untuk berikutnya akan ada semakin banyak hamba Tuhan yang rindu untuk dapat menggali firman Tuhan dengan benar sehingga para jemaat pun juga akan semakin diberkati. Tuhan memberkati.

Lusia

Tentang Lusia

Lusia Ratih telah menulis 8 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (1) Trackbacks (0)
  1. Wah…memang khotbah itu perlu dipersiapkan dengan sebaik mungkin, sekalipun sudah sering berkhotbah. Slide mengenai persiapan khotbah dengan metode Langham juga sangat memberkati untuk kita semua lebih mengerti apa yang sudah dibawakan oleh Ibu Yulia dan tim Langham di Cawas waktu itu. Terima kasih. Tuhan Yesus memberkati!


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.