Blog SABDA
21Oct/132

Hore! SABDA Space Genap Berusia Enam Tahun

Pada 31 Juli 2013 yang lalu, SABDA Space genap berusia enam tahun. O iya, mungkin ada yang belum tahu ya, apa itu SABDA Space? SABDA Space (SS) adalah situs komunitas blogger YLSA, yang menjadi wadah bagi para blogger Kristen dari berbagai denominasi gereja untuk berbagi tulisan (blog) tentang kekristenan. Tujuan komunitas ini adalah untuk menjangkau orang lain bagi Kristus, memperkuat iman Kristen, dan mempererat persaudaraan dalam Kristus, serta memperluas wawasan pengetahuan melalui tulisan-tulisan para blogger. Nah, sudah ada gambaran ‘kan tentang SABDA Space?

Ulang tahun SS yang keenam ini dirayakan dengan acara yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya (SABDA Space Mau Ulang Tahun, 31 Juli SABDA Space Ultah, Mari Bernostalgia, ULANG TAHUN SABDA Space Pasar Klewer). Tahun ini, SS dirayakan dengan mengadakan lomba menulis blog. Lomba ini diikuti oleh semua anggota blogger yang telah mendaftar/bergabung menjadi anggota komunitas SS dan menulis blog antara tanggal 31 Juli — 31 Agustus 2013. Selama sebulan itu, semua blogger SS diharapkan memasang tulisan-tulisan terbaiknya di situs SS.

Setiap hari, saya (yang saat ini mengurusi SS) selalu mengintip halaman depan SS apakah ada blog-blog baru yang muncul (karena secara otomatis akan diikutkan dalam lomba) … Ah lega, setidaknya ada penambahan blog setiap harinya. Senangnya lagi, tidak hanya blogger lama (blogger yang sudah bertahun-tahun menjadi anggota SS) yang menulis blog, tetapi beberapa blogger baru ikut ambil bagian. Duh, senangnya … blog-blog di SS semakin “berwarna” dengan kehadiran para blogger baru ini. Setidaknya, ide-ide tulisan semakin bervariasi, cara penyampaian cerita semakin kreatif, dan komunitas SS semakin ramai … hehe. Dag dig dug … itulah yang saya rasakan saat batas waktu pengiriman karya berakhir. Jangan-jangan hanya ada beberapa tulisan saja yang ikut lomba. Ternyata … puji Tuhan, ada 19 blogger dan 46 blog yang ikut dalam lomba menulis ini! :)

Memasuki bulan September, tim juri lomba menulis SS yang beranggotakan Mbak Evi, Yudo, Berlin, Setya, dan saya, mulai bekerja keras untuk membaca dan menilai semua blog yang sudah masuk. Ada banyak pengalaman unik dari juri ketika membaca blog-blog tersebut. Ada yang seperti naik roller coaster karena pada saat membaca blog-blog tersebut, kadang merasa senang, sedih, khawatir, tak berekspresi, dll.. Ada yang geregetan karena blog-blog tertentu sangat panjang sekali ceritanya. Ada yang tertawa sendiri karena cara penyampaian idenya unik dan kreatif. Bahkan, ada yang sampai tegang, mungkin karena jalan ceritanya susah dipahami atau karena diksi yang dipakai terlalu rumit … hehe. Di balik semua pengalaman itu, saya belajar bahwa menulis itu menyenangkan. Seseorang bisa menjadi apa saja yang ia mau, bisa mengeluarkan semua kreativitas dan ide-idenya dengan bebas, dan seseorang bisa menjadi berkat untuk orang lain melalui tulisannya.

Oiya, supaya tidak penasaran bagaimana tim juri memberi nilai untuk semua blog yang masuk, berikut ini saya bagikan kriteria penilaian lomba menulis ini:

1. Isi tulisan

  • Nilai spiritual
  • Gagasan (kreatif dan spesifik)

2. Penyampaian tulisan

  • Alur jelas
  • Bahasa benar dan tidak kaku

3. Manfaat tulisan

  • Relevan dengan isu masyarakat
  • Bisa menjadi berkat dan diaplikasikan

Akhirnya, setelah satu minggu penilaian, tim juri menentukan tiga pemenang dengan karya terbaik mereka, yaitu Pak Tee (Nenekku, Surat Cinta dan Buku-Buku Wasiatnya), Widdiy (Aku Merindukan Masa Itu), dan Purnomo (Kesetiaan – Barang Langka). Ingin membaca pengumuman resminya? Baca di sini ya: Pengumuman: Pemenang Lomba Menulis Blog di SABDA Space. Selamat untuk semua pemenang!! Sebagai staf YLSA, saya senang sekali karena YLSA memberi kesempatan kepada semua orang Kristen untuk menjadi berkat bagi orang lain melalui tulisan-tulisan mereka. Selain itu, dengan adanya komunitas SS ini, diharapkan akan banyak orang Kristen yang semakin termotivasi untuk menulis dan berkarya bagi Tuhan. Mari kita menulis terus! Menulis yang kreatif, menginspirasi, memberkati, dan berguna bagi Kerajaan Allah. Semangat!!

Santi

Tentang Santi

Santi Lestari telah menulis 26 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (2) Trackbacks (0)
  1. Selamat ulang tahun SABDA Space!

    Seru sekali mendengar cerita tentang lomba menulis di SABDA Space. Senang melihat antusias para peserta. Semoga ke depannya SABDA Space bisa semakin menjadi komunitas penulis blog Kristen yang memberkati banyak orang. Amin! ^^

  2. Yeeee … tak terasa SS sudah berusia 6 tahun. Harapan saya, SS semakin maju, baik dalam kualitas maupun kuantitas (blog dan bloggernya). Amin.


Leave a comment

Connect with Facebook

(required)

 

No trackbacks yet.

© 2009-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran