Blog SABDA
10Oct/118

State of SABDA 2011

Ibarat seorang yang sudah berumur 17 tahun, maka ia dianggap dewasa dan akan diserahi tanggung jawab dan kepercayaan yang lebih besar, contohnya sudah bisa mendapat SIM. Demikian pula yang saya lihat dengan Yayasan Lembaga SABDA (YLSA). Di usianya yang ke-17 ini saya merasakan sendiri bagaimana Tuhan semakin memercayakan pekerjaan-pekerjaan yang besar kepada YLSA. Melalui tulisan ini saya mencoba untuk meringkas pencapaian YLSA sejak awal tahun kemarin (Oktober 2010).

Dimulai dengan SABDA yang mulai merambah ke dunia peranti mobil (HP) dan membuat situs http://alkitab.mobi dan beberapa situs publikasi mobile (i-Humor, e-Artikel, e-MISI, dan SOTeRI), kemudian dilengkapi dengan aplikasi GoBible untuk HP dalam berbagai bahasa (Indonesia dan daerah). Tidak dilewatkan, dunia audio pun dimasuki oleh YLSA. Selain HP dan audio, berbagai macam aplikasi juga tengah dikembangkan, antara lain untuk Android dan multimedia — aplikasi Kidung Jemaat dan buku puji-pujian Kristen yang lain; dan Sekolah Alkitab Audio. Sungguh firman Tuhan itu penuh kuasa dan tidak terbatasi oleh format teks saja. Mulai dari audio, video, gambar, animasi, sampai semua jenis media, dapat dipakai Tuhan untuk menyebarkan Sabda-Nya.

Selama tahun 2011, YLSA telah beberapa kali melakukan roadshow, ikut mengisi dalam seminar-seminar di kota-kota yang lain, bahkan juga berpartisipasi dalam KKR di Solo. Mulai dari persekutuan PERKANTAS Solo, di GKIm Anugerah, STT Gamaliel, One Day Mission di YSKI Semarang, pelayanan di SAAT Malang, presentasi di Palembang, KKR untuk para pemulung, KKR untuk para siswa, dan beberapa seminar lainnya. Dalam perjalan-perjalanan itu pun Tuhan secara luar biasa menunjukkan tuntunan-Nya, untuk menyebarkan semakin banyak Alkitab melalui kios-kios HP. Selain itu, dari kesempatan mengadakan berbagai pelayanan untuk anak-anak remaja, YLSA juga membuka sebuah grup Facebook untuk mewadahi mereka, yakni Grup Remaja Kristen.

Komunitas pelayanan YLSA di dunia maya juga terus bertambah seiring dengan semakin banyaknya orang menggunakan internet sebagai sarana berjejaring sosial. YLSA mulai rutin mengadakan PA pagi dengan bahan Santapan Harian dan Renungan Harian di Facebook. YLSA melalui divisi PESTA juga membuka beberapa komunitas baru, seperti grup Klub e-Buku SABDA, kelas bahasa Yunani e-Kalimera dan Klub Pengkhotbah Alkitabiah. Tahun ini PESTA juga sudah melaksanakan kelas-kelas diskusi lewat milis: kelas Dasar-Dasar Iman Kristen (DIK) angkatan XIV dan XV, kelas Natal 2010 dan Paskah 2011, serta kelas Pernikahan Kristen Sejati (PKS), Dasar Pengajaran Alkitab (DPA), Siapakah Yesus Kristus (SYK). Tidak ketinggalan, dari Twitter, Billy dan tim ITS juga telah membuat sebuah robot yang dapat menjawab permintaan ayat pengguna Twitter.

Dari segi infrastruktur, Tuhan juga mempercayakan lebih banyak lagi kepada YLSA, mulai dari proyektor baru, monitor-monitor tabung yang kini diganti dengan monitor-monitor LCD, CPU-CPU lama yang diganti dengan N-Computing sehingga lebih hemat listrik.

Penyertaan Tuhan juga sangat terasa dengan hadirnya dua divisi baru di YLSA, yakni divisi Komunitas, yang khusus menangani berbagai komunitas SABDA, termasuk blog SABDA ini, dan divisi Multimedia, yang khusus mengurus bermacam-macam media visual untuk menyebarkan Alkitab — audio, video, dan sebagainya.

Dari laporan divisi Sumber Daya Manusia (HRD), telah direkrut delapan orang staf baru di mulai akhir tahun 2010 hingga 2011 ini, yaitu Andre, Sigit, Dicky, Khenny, Gunung, Lusia, Maryadi, Yudo. Sungguh bersyukur atas kebaikan Tuhan yang sudah memanggil mereka untuk bergabung bersama dalam tim SABDA.

Begitu banyak kesempatan pelayanan yang dibukakan Tuhan, sampai kami merasa keteteran, bagai orang yang berlari sprint, dikejar oleh teknologi yang maju dengan demikian pesatnya. Untuk mengumpulkan proyek-proyek yang ada kami mencobanya dengan membuat katalog-katalog daftar proyek yang dilakukan YLSA, di antaranya: daftar proyek div. ITS, katalog proyek Audio Visual dan katalog pemrosesan bahan-bahan SABDA. Pada tahun 2011 ini, YLSA juga menambah deretan panjang situs-situs YLSA dengan 54 (!) situs baru. Tentu saja ini menandakan bahwa kami harus bekerja dengan lebih giat lagi bagi kemuliaan nama Tuhan.

Lalu, dengan semuanya itu, pertanyaannya adalah: What’s next? Apa selanjutnya?

Jawabannya: kita terus setia dan taat melakukan apa yang Tuhan percayakan pada YLSA. Karena itu, dukunglah YLSA dalam doa, khususnya untuk beberapa pergumulan SABDA sebelum tahun ini berakhir, misalnya kerinduan YLSA untuk bisa terpenuhi kebutuhan finansial; kemudian untuk memiliki seorang yang menangani Relasi Publik YLSA sehingga dapat memelihara dan memperluas relasi dengan mitra-mitra YLSA; lalu untuk memiliki lebih banyak staf yang handal dan kompeten dalam bidang IT; dan masih banyak lagi.

Silakan ikuti perkembangan terbaru pelayanan SABDA melalui Facebook SABDA maupun Twitter SABDA (@_SABDA_) dan YLSA (@_YLSA_)

Kusumanegara

Tentang Kusumanegara

Kusuma Negara telah menulis 14 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (8) Trackbacks (0)
  1. Pada tahun 2011 ini, YLSA juga menambah deretan panjang situs-situs YLSA dengan 54 (!) situs baru.

    Wow, sebanyak itukah?
    Dan sudah begitu banyak hal lain yang terjadi selama 2 tahun terakhir ini, sejak terakhir kalinya saya bersama-sama dengan kalian. Puji Tuhan!

    Selamat ulang tahun YLSA! Terus bekerja dan melayani bagi Dia!

  2. Terpujilah Tuhan!

    Setiap hari di YLSA hanya melihat kemurahan-Nya. Meski kadang lemah juga dan merasa tidak layak, tapi melihat semua pencapaian tersebut, nyata Tuhan bahwa Tuhan yang bekerja. Sungguh, jika bukan karena Dia, semua pencapaian ini tidak akan akan ada.

    Terpujilah Tuhan.

  3. Selamat ulang tahun YLSA 🙂

    Banyak hal yang sudah YLSA hasilkan dan itu semua karena kebaikan Tuhan. Hanya Tuhan Yesus saja yang memberikan kemampuan dan kekuatan untuk terus setia pada panggilan-Nya.

    Thanks Jesus 🙂

  4. Di saat YLSA menuai di satu lahan, pada saat yang bersamaan Tuhan menyediakan lahan lain untuk segera ditanami. Jangan lelah bekerja di ladang-Nya Tuhan.

  5. Walau baru beberapa bulan diperkenan menjadi bagian dari pelayanan YLSA, tetapi sudah diizinkan Tuhan untuk melihat perbuatan tangan-Nya di tempat ini. Bagiku, semua terlihat sebagai hal-hal yang besar tapi aku yakin bahwa semua yang besar itu dimulai dari kesetiaan YLSA terhadap hal-hal yang kecil dan tidak menganggapnya sebagai hal yang remeh.

    Dirgahayu YLSA! Semoga Tuhan Yesus memberkati dan terus menyertai perjalanan pelayanan YLSA dalam tahun-tahun yang akan datang!

  6. Selamat Ulang Tahun YLSA. Banyak hal yang telah Tuhan percayakan untuk YLSA. Kiranya semua pelayanan yang dilakukan YLSA menjadi berkat dan diberkati oleh Tuhan.

  7. Terima kasih Tuhan, Engkau berkenan menuntun dan memelihara YLSA hingga tahun ini. Saya percaya Engkau akan terus menyertai kami.

    Sungguh tiada habis-habisnya kasih setia-Mu Tuhan, dan tiada henti-hentinya Kau curahkan berkat-Mu.

    Terima kasih pula, Engkau mengizinkanku ada di YLSA. Oleh karenanya, aku pun tenggelam dalam anugerah kasih-Mu.

    YLSA dan para Sahabat, mari kita terus bergandengan tangan untuk mengerjakan ladang Tuhan.

    Bersatu kita teguh!

  8. Tak terasa umur YLSA di tahun 2011 ini sudah mencapai 17 tahun. Banyak pencapaian dan pergumulan yang kami lalui. Ucapan syukur kepada Tuhan terus meluap dari hati kami dan ucapan terima kasih juga harus kami sampaikan kepada para Sahabat dan Pendukung YLSA, karena tanpa dukungan Anda semua pelayanan YLSA tidak akan bisa maju seperti sekarang ini. Kiranya Tuhan terus melimpahi kita dengan berkat yang dari atas yang memberi kemuliaan bagi Nama Tuhan.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.

© 2009-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran