Blog SABDA
3Dec/107

Akhirnya YLSA masuki pelayanan Mobile!

alkitab.mobiSetelah digumulkan dan didoakan beberapa waktu lamanya, YLSA akhirnya memasuki pelayanan mobile. Melihat dunia yang saat ini hampir bisa dikatakan mobile sentrik (segala sesuatu inginnya bisa diakses lewat HP/mobile), maka menjadi satu langkah yang strategis untuk YLSA memulai pelayanan mobile ini.

Saya merasa Tuhan semakin meneguhkan langkah ini dengan mengirimkan beberapa rekan pelayanan dari Salatiga yang memiliki kerinduan yang sama, yaitu untuk menjangkau banyak jiwa lewat HP. Mereka datang dan menjelaskan keinginan mereka untuk bekerjasama dengan YLSA. Pada kesempatan itu tim SABDA dan tim dari salatiga berdiskusi tentang strategi pelayanan Mobile. Beberapa hal yang didiskusikan adalah mengenai target pengguna yang akan dijangkau, gadget-gadget yang akan disupport, dan beberapa masalah teknis mengenai pengerjaan proyek ini. Puji Tuhan untuk kerjasama yang kita bisa lakukan bagi Tuhan. Nah, sekarang tinggal bagaimana mengimplementasikannya.

Seperti biasa, sebelum mengerjakan sebuah proyek, kami (Tim SABDA) memulainya dengan mengadakan brainstorming dan diskusi untuk mendapatkan konsep dan ide yang lebih jelas untuk produk mobile yang diinginkan. Saya ikut ambil bagian dalam diskusi ini, tapi sejujurnya saya tidak terlalu memahami hal-hal mengenai mobile ini, karena saya tidak memiliki latar belakang atau pengalaman di bidang mobile. Mungkin hanya sebatas pengguna saja, tapi tidak sebagai developer. Tapi puji Tuhan, melalui brainstorming, teman-teman lain yang punya pengalaman yang berbeda-beda akhirnya bisa saling melengkapi dan akhirnya tersusun sebuah konsep dan target untuk produk mobile ini.

Secara singkat, ada 3 target utama yang kami ingin bisa kerjakan yaitu: Reader, Apps dan Browser. Target Reader adalah untuk menghasilkan file-file yang dapat dibaca oleh beberapa program Mobile yang sudah tersedia seperti PDF, DOC, EPUB, dll. Sedangkan Apps, berarti menghasilkan program-program yang bisa diinstall ke tiap jenis mobile/HP yang dimiliki oleh pengguna. Salah satu contoh yang dikerjakan adalah program GoBible. Yang terakhir, Browser, berarti menghasilkan situs-situs yang didesain khusus untuk ditampilkan dalam mobile.

Setelah menyusun konsep dan target, maka langkah selanjutnya adalah mengadakan penelitian atau ‘research’. Saya dan Yochan melakukan research untuk GoBible, sedangkan Hadi mendapat tugas membuat situs Alkitab Mobile.

Puji Tuhan, awal bulan Oktober 2010 situs Alkitab Mobile sudah diluncurkan dengan nama Alkitab Mobi, bisa diakses di < http://alkitab.mobi >. Saat ini, Hadi melanjutkan dengan mengerjakan situs Kamus Bahasa Mobile. Sedangkan untuk GoBible, saya sudah menyelesaikan untuk Alkitab versi bahasa suku (ada 10 bahasa suku), dan saat ini sedang mengerjakan versi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Aplikasi GoBible ini bisa didownload di situs SABDA Labs, atau jika ingin langsung menginstalnya ke dalam HP, bisa diakses melalui situs Alkitab Mobi.

Harapan saya adalah dengan adanya produk-produk mobile, semakin banyak masyarakat luas yang bisa mengakses Alkitab dan bahan-bahan kekristenan sehingga dapat memperlengkapi jemaat untuk semakin bertumbuh dalam Yesus Kristus, Tuhan kita. Amin!

Billy

Tentang Billy

Billy Wagey telah menulis 11 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (7) Trackbacks (0)
  1. ah, akhirnya visi dan nubuat “m-Biblika” waktu itu benar-benar tergenapi ya, selamat! 🙂

  2. Cool 🙂
    Melangkah maju terus!

  3. Wah, keren! Sudah ada Alkitab.mobi 🙂
    Setiap pemilik HP semakin dipermudah untuk belajar dan mendalami Alkitab di mana pun mereka berada.

    Tetap semangat ya dalam melayani Tuhan!

  4. Wah! Hebat… ^_^

    Untuk Mas Hadi yang masih melanjutkan “Kamus Bahasa Mobile” – nya, tetap semangat ya! ^_^

    Tuhan memberkati.

  5. W.O.W!!!
    A.S.Y.I.K.K.K.K.K.K….. udah ada versi mobinya.

    Bat weit, ngemeng-ngemeng hapeku bisa ngedownload ini ngga ya???

    Harap2 bisa dah…
    Thanks, Guys! 🙂

  6. Jadi pengen punya HP yang support GoBible ~~, terima kasih kakak pertama ^^
    -GBU

  7. Moderen juga ya, gue juga mau.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.

© 2009-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran