Blog SABDA
5Nov/1010

Software SABDA – UP or DOWN?

CD-SABDA“Kapan Software SABDA akan selesai?” adalah pertanyaan yang sangat sering saya dengar dalam setahun belakangan ini.

Awal tahun 2010, di Raker YLSA yang diselenggarakan di Kaliurang, kami (Tim SABDA) bertekad untuk fokus mengerjakan Software SABDA agar bisa diluncurkan secepatnya. Kami belajar membuat modul (bahan-bahan yang diintegrasikan dalam Software), dan update core program. Sebenarnya, itu adalah semua yang kami kerjakan selama 10 bulan terakhir ini: upgrade core program dan update modul. Kedengarannya simpel, tapi tak ada yang simpel dalam SABDA — mulai dari bahan-bahannya yang luar biasa banyak dan terintegrasi satu dengan yang lainnya, fasilitas search, kamus interaktif, dll.

Dari Yuppi, kami belajar membuat modul-modul baru. Dimulai dari bahan mentah dalam format xml, pdf atau txt, sampai text diproses dalam format SABDA. Thanks ke Mas Anto yang sudah scan buku-buku yang ada (dari hard-copy ke soft-copy), juga anak-anak Publikasi yang ikut membantu ngecek dan scan gambar, dll.

Dengan kerjasama yang luar biasa ini, bahan-bahan baru ditambahkan untuk SABDA, tapi dengan bertambahnya bahan diperlukan juga sistem penamaan dan pengaturan yang bagus untuk modul-modul yang ada, agar memudahkan pengguna memakai Software SABDA. Dengan pemikiran tersebut, mulailah dilakukan perombakan besar-besaran. Kamus-kamus digabungkan menjadi satu “super kamus”, modul-modul diberi nama sedemikian rupa sehingga jika diurutkan secara alfabetis, mereka akan berkumpul jadi satu. Selain itu, sebagai ganti CD, kami membuat Starterpack dan Modulepacks, supaya lebih mudah untuk dibagikan kepada yang lain atau untuk didownload.

Alhasil sampai saat ini, kami masih bergelut terus untuk menyelesaikan Program SABDA. Masih ada kurang lebih 50 modul yang harus dicek dan dinamai ulang/update, juga bahan-bahan yang mengantri, yang siap diproses untuk dijadikan modul. Perjuangan panjang yang rasanya tak ada habisnya.

Walaupun sampai sekarang Software SABDA masih belum bisa resmi diluncurkan, namun Software SABDA sekarang dan Software SABDA 10 bulan yang lalu sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Kami sudah melampaui target yang sebenarnya ditetapkan. Semoga dalam waktu dekat ini, Software SABDA benar-benar dapat diluncurkan dan membawa berkat bagi banyak orang.

Therra

Tentang Therra

Therra The telah menulis 2 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (10) Trackbacks (0)
  1. Cool…

    Semangat terus Tim Net! Tuhan pasti memampukan kalian menyelesaikannya, teman2 🙂

  2. Tunggu waktunya Tuhan Therr… maju terus untuk Tim NET!!

  3. Jangan menyerah… tim Net!!

    Tuhan tetap turut bekerja dalam segala hal yang dilakukan anak-Nya. Apalagi setiap hal yang dapat memuliakan nama-Nya. Percayakan semuanya pada Tuhan.

  4. Horee!! Ditunggu deh, luncurnya Software SABDA :DD

    Semangat untuk Tim Net!!

  5. Semangat selalu ya!!

    Hasilnya sudah ditunggu-tunggu oleh banyak orang lho. ^_^

    Tuhan memberkati. 🙂

  6. Jadi penasaran pengen coba software SABDA.
    Mudah-mudahan gratis. 🙂

  7. Semangat terus, Tuhan tetap turut bekerja dalam segala hal yang dilakukan anak-Nya. Apalagi setiap hal yang dapat memuliakan nama-Nya. Percayakan semuanya pada Tuhan.Amin.

  8. Semangat Tim Net! Kalian tidak pernah sendiri dalam mengerjakan Software SABDA … Tuhan turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan (Roma 8:28).

  9. Terus maju pantang menyerah untuk Team SABDA. Saya dan rekan-rekan pembaca terkasih lainnya, tetap menantikan penyempurnaan SABDA sambil tak lupa berdoa kiranya Kristus Tuhan kita selalu memberi Hikmat dan kekuatan yang membangkitkan semangat. Amin.

  10. Saya termasuk salah seorang yang sedang dalam masa penantian, menanti software nya diluncurkan. Situs ini sangat membantu saya dalam bekerja, kebetulan sekarang tempat saya masih ada dalam jangkauan internet … mudah-mudahan softwarenya bisa segera selesai, supaya bisa digunakan walaupun berada di luar jangkauan internet. Tuhan memberkati pelayanan yang sangat bagus ini.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.

© 2009-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran