Blog SABDA
27Oct/1023

Menghafal Ayat: Latihan Dasar Menjadi Prajurit Kristus

menghafal_ayatLamanya menyandang predikat sebagai orang Kristen, ternyata tidak menjamin bahwa saya kaya akan ayat hafalan. Hafalan ayat-ayat mas yang sering dibacakan di gereja dan persekutuan sih saya lumayan ingat banyak. Tapi tetap saja masih banyak ayat yang belum saya hafal. Apalagi jika dibandingkan dengan jumlah seluruh ayat yang ada dalam Alkitab — 31.102 ayat! Belum ada apa-apanya deh..

Sebenarnya niat hati untuk menghafal ayat Alkitab sudah timbul sejak kali pertama saya jatuh cinta pada Tuhan Yesus, tapi kurangnya kedisiplinan dan rupa-rupa alasan lain selalu menjadi penyebab gagalnya pelaksanaan niat suci ini (gaya banget!).

Menurut hemat saya, menghafal ayat adalah latihan dasar prajurit Yesus Kristus. Dengan memiliki kedisiplinan yang tinggi dalam menghafal ayat maka dijamin kita akan senantiasa lebih kuat dalam menghadapi peperangan rohani. Selain itu, ada banyak manfaat lain yang bisa kita peroleh dari menghafal ayat, antara lain:

  • menolong kita untuk melawan dosa-dosa serta bujukan iblis
  • menolong kita mengatasi rasa kuatir, takut, emosi yang meluap-luap
  • memberi keberanian untuk bersaksi tanpa malu-malu
  • memberi kehidupan rohani yang lebih sehat, dll.

Menurut saya, menghafal ayat itu sangat penting untuk menunjang kehidupan kekristenan, karena itu saya sedih ketika menyadari bahwa saat ini saya masih miskin dengan ayat hafalan. Syukur beribu syukur — bagai gayung bersambut — kesempatan yang saya harapkan tiba juga! Puji Tuhan, pada saat PD (Persekutuan Doa) hari Senin, 17 September 2010 di kantor YLSA, Ibu Yulia mengumumkan bahwa kantor akan mencanangkan program menghafal ayat dengan memakai buku “Topical Memory System”, yang diterbitkan oleh The Navigators, Singapura. Alangkah tepatnya, karena melalui program menghafal ayat ini, akan ada 60 ayat yang harus dihafalkan. Enam puluh ayat tersebut dibagi dalam 5 seri dan tiap seri ada 6 tema dan tiap tema memiliki 2 ayat. Dengan demikian setiap seri ada 12 ayat yang harus dihafalkan. Idealnya, satu tema (2 ayat) dihafalkan dalam satu minggu. Jika Anda tertarik saya bisa berikan rinciannya secara detail. Minggu ini, kami baru selesai menghafal 1 seri (12 ayat). Semoga terus berlanjut, seri demi seri bisa diselesaikan dengan baik.

Saya gembira sekali dengan program kantor ini. Bukan hanya karena keinginan saya menghafal ayat terwujud, tapi juga karena saya sekarang tidak harus berjuang sendiri. Bersama teman-teman sekantor kita bisa berjuang bersama-sama. Jadi semangat deh!

Ada nilai kekal dalam menghafal ayat. Saya yakin teman-teman di kantor ini bisa membagikan kisah pribadi dari manfaat menghafal ayat. Bayangkan, hanya dengan menyediakan waktu beberapa menit kita mendapat harta rohani yang tak ternilai. Alkitab adalah sumber kebenaran, suara Allah yang tertulis. Jadi, dengan membaca, merenungkan, menghafal, dan mengaplikasikannya kita akan lebih banyak mendengar apa yang Tuhan katakan dan inginkan. Kalau kita menjalankannya maka kita akan berhasil dan kita akan beruntung. Amin!

So, menghafal ayat, siapa takut! Percayalah, kita pasti bisa! Ayuuk, kita sama-sama menghafal ayat firman Tuhan agar hidup kerohanian kita terpelihara.

Setya

Tentang Setya

Sri Setyawati telah menulis 18 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (23) Trackbacks (0)
  1. Aku suka dengan “program menghafal ayat” ini. Setiap ayat yang sudah dihafalkan mampu memberi kekuatan di saat-saat yang tepat. Aku percaya bahwa ayat-ayat yang sudah dihafalkan tidak akan sia-sia, jika kita benar-benar menaruh dalam hati kita dan menghidupinya. 🙂

  2. Hari ini semua staf YLSA bersukacita karena berhasil menyelesaikan seri pertama menghafal ayat — 12 ayat sudah dihafalkan. Untuk itu, kami mengadakan beberapa games untuk bisa semakin ingat ayat-ayat yang sudah kita hafalkan.

    Selamat untuk yang sudah memenangkan lomba menghafal ayat… selamat menikmati hadiahnya bersama keluarga 🙂

  3. Selamat juga untuk pemenang juara 2 … hehe 🙂

    Games yang unik dan seru. Selain membuat semakin hafal ayat, games ini juga menambah keakraban semua staf YLSA.

    Ayo menghafal ayat sungguh-sungguh!

  4. Yahoo… permainan kemarin sangat seru dan mendidik. Kami diajarkan untuk bekerja sama dalam tim dan mengatur strategi agar menang (walaupun kayaknya faktor ‘predestinied’ juga ada 🙂 ).

  5. @Setya: Mohon bantuan rincian bagaimana menghafal Alkitab-nya.
    Thanks. GBU

  6. Saya senang sekali bisa menghafal ayat bersama dengan kelompok doa (baca bergiliran kemudian dibaca bersama-sama). Salah satu ayat yang sudah di hafalkan sekarang jadi pegangan hidup saya, yaitu Fil. 4:6-7

  7. Senang sekali, proyek menghafal ayat benar2 latihan ampuh untuk membuat kita selalu siap menghadapi serangan lawan.
    Tepat sekali yang dikatakan Santi, ayat-ayat Alkitab benar-benar memiliki roh! Sering menempelak dan menguatkan juga. Top markotop dah pokoknya 😀

    Untuk kemenangan kelompokku Jumat lalu, pertama-tama aku mau berterima kasih kepada Tuhan. Saya yakin, ini sudah tertulis dalam skenario sejarah orang-orang luar biasa dunk… 🙂 Aku termasuk di dalamnya???! Oh… bener-bener ngga nyangka sama sekali nie! Keren abis!!! (lebay=mode on) :p
    Intinya senang hatiku untuk semuanya. Menghafal ayat, kemenangan, dan dampak spiritual yang pastinya bagus untuk kerohanianku. Tak lupa thanks God untuk memoriku yang nggak payah-payah amat juga.

  8. @ Henry,

    Salam kenal ya… 🙂
    Untuk proyek menghafal ayat kali pertama ini, ada 6 tema yang terdiri dari 12 ayat yang terangkum dalam satu seri “Menghidupi Hidup yang Baru.”

    Rinciannya adalah sebagai berikut:
    1. Kristus Sang Pusat (2 Korintus 5:17 & Galatia 2:19b-20)
    2. Ketaatan pada Kristus (Roma 12:1 & Yohanes 14:21)
    3. Firman Tuhan (2 Timotius 3:16 & Yosua 1:8)
    4. Doa (Yohanes 15:7 & Filipi 4:6-7)
    5. Persekutuan (Matius 18:20 & Ibrani 10:24-25)
    6. Kesaksian (Matius 4:19 & Roma 1:16)

    Mau coba? Soo.. silakan. Untuk kelompok bisa, untuk pribadi juga OK. Good luck! 🙂

  9. Aku senang bisa menghafal ayat. Banyak berkat yang aku terima, khususnya ayat firman Tuhan di Injil Yohanes 15:7. Ternyata memang benar, bahwa firman Tuhan adalah jawaban doa dan berisi janji-janji Tuhan yang luar biasa untuk kita.

    Asyik.. permainan kemarin. Melaluinya, membuat ayat tersebut semakin diingat dan diresapi. Bersyukur untuk semuanya.

  10. Waktu games “ujian” menghafal ayat, awalnya aku dag-dig-dug juga. Karna sekarang bekerja part time, aku jadi sering bolos dari persekutuan hari Kamis 🙁

    Yaah, dengan kemampuanku yang (kurasa) paling ketinggalan timbang temen2 yang lain, aku tetep ikut game itu. Hasilnya… kelompokku kalah! Hehehehe. Tapi gak papa, kelompokku pun udah ngasi yang terbaik kok 🙂 Maap ya temen2 sekelompok, kalo aku mengecewakan…

    Nah, game selanjutnya? Harus menang dong! Hehehe

  11. Serasa balik SD lagi. Bedanya ujiannya pakai permainan, jadi lebih asyik.

  12. Kok susah banget ya menghafal 12 kutipan saja… padahal dulu ya sudah pernah menghafal beberapa di antaranya.

    Kebanyakan bahasanya (versi TB) udah terasa lawas dan tidak mudah untuk diucapkan… mungkin sudah saatnya ganti versi Alkitab.

    Paling susah menghafal alamat >.< wong jalanan aja aku susah menghafalnya … paling aman bawa selembar kertas berisi seluruh ayat di dompet 😛

  13. Saya sangat tertarik dengan program menghafal ayat. Tolong saya diberikan rincian 5 seri yg dimaksud decara detail, saa tertarik untuk membagikannya di kegiatan sekolah minggu gereja kami. thanks

  14. Saya terinspirasi menghafal Alkitab dari cerita-cerita pengikut Kristus yang teraniyaya (dari buku ‘The Heavenly Man’), sampai menghafal semua 4-kitab Matius, Markus, Lukas dan Yohanes.

    Tapi sekarang mentok hanya 3 pasal nih. Selain butuh permainan, butuh pengayaan pula kali yah? 😛

  15. Bagi saya menghafal ayat atau alkitab = membaca alkitab dari memori jangka panjang (MJP) yang sebelumnya di proses install dulu secara efektif. Terus terang saja kemampuan membaca alkitab dalam memori jangka panjang itu sangat penting dan merupakan kebutuhan (need) bagi saya pribadi demi survival pertumbuhan rohani saya. Ini pemahaman pengalaman dan logika lho, coba bayangkan saya merasa begitu mudah memasukkan data dalam MJP saya hal-hal yang pahit dalam hitungan puluhan tahun sehingga pengalaman pahit itu lebih mendominasi ruang MJP saya dan akibatnya saya harus menikmati tidur di rumah sakit sampai 7 x. Saya sangat bersyukur atas kebenaran Mazmur ps 1. Saya sangat bersyukur proses instalment Alkitab Maz ps 1 – 121 dan Roma ps 1 – 22 telah terjadi dan hasil akhirnya saya lebih sering membaca alkitab dalam mimpi tidur saya daripada membaca pengalaman pahit saya dan THE TRUTH membebaskan saya dari DERITA — silahkan coba kebenaran ini.

  16. @ Henry,

    Baiklah… saya akan memberitahu Anda.
    Tapi maaf, tidak bisa hari ini. Sabar ya…. 🙂

    @ Rusdy,

    Hi Bro..
    Menghafal 4 Injil? Keren amat! Semua ayatnya hafal?
    W.O.W!! Saluuut.. 🙂

  17. hm….menghafal ayat ternyata menyenangkan…….. ^_^

    Ayat-ayat tersebut tak hanya berguna untuk “menguatkan” diri sendiri (jikalau ada pergumulan yang belum selesai), tapi juga berguna untuk “menguatkan” orang lain. 🙂

    Bersyukur untuk program “menghafal ayat” ini…. :p

    Masih tetap berlanjuuuutt…… Semangat ya teman-teman!!

  18. Mbak, thanks untuk sharingnya. Trus permainannya gimana, bisa dishare juga kah ?

  19. Hai Setya yang baik, bisakah saya diemail materi penghafalan ayatnya?

    Terimakasih & JBU

  20. @ Guntur,

    Boleh-boleh… dengan senang hati.
    Saya akan kirim secepatnya.. silakan ditunggu.. *_^

    @ Henry,

    Maaf, baru bisa membagikan 5 seri menghafal ayat sekarang. Berikut rinciannya:

    Seri I: Menghidupi Hidup yang Baru
    – Kristus Sang Pusat (2 Korintus 5: 17 & Galatia 2:19b-20)
    – Ketaatan pada Kristus (Roma 12:1 & Yohanes 14:21)
    – Firman Tuhan (2 Timotius 3:16 & Yosua 1:8)
    – Doa (Yohanes 15:7 & Filipi 4:6-7)
    – Persekutuan (Matius 8:20 & Ibrani 10:24-25)
    – Kesaksian (Matius 4:19 & Roma 1:16)

    Seri II: Memproklamirkan Kristus
    – Semua Orang telah Berbuat Dosa (Roma 3:23 & Yesaya 53:6)
    – Upah Dosa (Roma 6:23 & Ibrani 9:27)
    – Kristus Menebus Dosa (Roma 5:8 & 1 Petrus 3:18)
    – Keselamatan Bukan Karena Perbuatan (Efesus 2:8-9 & Titus 3:5)
    – Harus Menerima Kristus (Yohanes 1:12 & Wahyu 3:20)
    – Jaminan Keselamatan (1 Yohanes 5:13 & Yohanes 5:24)

    Seri III: Bergantung pada Kekayaan Kemuliaan Allah
    – Roh Allah (1 Korintus 3:16 & 1 Korintus 2:12)
    – Kekuatan Allah (Yesaya 41:10 & Filipi 4:13)
    – Kesetiaan Allah (Ratapan 3:22-23 & Bilangan 23:19)
    – Damai Sejahtera Allah (Yesaya 26:3 & 1 Petrus 5:7)
    – Pemeliharaan Allah (Roma 8:32 & Filipi 4:19)
    – Pertolongan Allah dalam Pencobaan (Ibrani 2:18 & Mazmur 119:9,11)

    Seri IV: Menjadi Murid Kristus
    – Mendahulukan Kristus (Matius 6:33 & Lukas 9:23)
    – Dipisahkan dari Dunia (1 Yohanes 2:15-16 & Roma 12:2)
    – Berdiri Teguh (1 Korintus 15:58 & Ibrani 12:3)
    – Melayani Orang Lain (Markus 10:45 & 2 Korintus 4:5)
    – Memberi dengan Murah Hati (Amsal 3:9-10 & 2 Korintus 9:6-7)
    – Mengembangkan Visi Dunia (kisah 1:8 & Matius 28:19-20)

    Seri V: Bertumbuh Menyerupai Kristus
    – Kasih (Yohanes 13:34-35 & 1 Yohanes 3:18)
    – Kerendahan Hati (Filipi 2:3-4 & 1 Petrus 5:5-6)
    – Kemurnian (Efesus 5:3 & 1 Petrus 2:11)
    – Kejujuran (Imamat 19:11 & Kisah Para Rasul 24:16)
    – Iman (Ibrani 11:6 & Roma 4:20-21)
    – Pekerjaan Baik (Galatia 6:9-10 & Matius 5:16)

    Untuk mencari ayat-ayat Alkitab secara online, kunjungilah Alkitab SABDA. Anda bisa juga mengakses ayat-ayat Alkitab melalui ponsel Anda, kunjungi Alkitab Mobi.

    Oke, selamat menghafal ayat ya… *_^

  21. Saya memang salut ma kalian yang bisa mengingat firman, tapi saya bisa bilang bahwa kalau saya ini bisa lupa apa yang dibaca. Saya barusan baca Alkitab sampai kitab Hakim-hakim dalam beberapa minggu yang lalu.

  22. Moga trus maju dalam pelayanan…

  23. @ Geadley,

    Amin! Terima kasih, Teman 🙂


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.