Blog SABDA
19Aug/1010

Memproses Teks Alkitab di YLSA

P1070706Dari kota Jogja tempat aku belajar dan bertumbuh, kupijakkan kakiku ke kota lain untuk mengaplikasikan ilmu yang telah kudapat. Di kota Solo, Tuhan mempertemukanku dengan YLSA untuk menjadi tempatku belajar dan berkarya.

Nama saya Hadi, dan mulai bergabung di YLSA pada bulan Mei 2010. Di YLSA ini saya ditempatkan di Divisi Software sesuai dengan kemampuanku sebagai junior programmer. Selama beberapa bulan pertama, makanan saya sehari-hari adalah bermain-main dengan teks. Mata dan pikiran harus bisa berkolaborasi memandang dan mencerna setiap karakter yang tersusun untuk mencermati pola-pola teks. Sedangkan tanganku tanpa protes menekan tuts keyboard untuk setiap pikiran yang terlintas dalam otakku.

Itulah tugas pertama ketika datang ke YLSA, belajar memproses teks, dalam hal ini teks yang saya kerjakan adalah teks Alkitab dalam bahasa suku. Saya belajar mengenali pola-pola teks, mengganti karakter-karakter yang tidak wajar, melakukan versifikasi, membandingkan dengan sumber teks Alkitab lain, memeriksa tanda baca, ejaan, dsb.. Script pertama yang saya buat adalah untuk memecah pasal menjadi ayat-ayat. Teks Alkitab yang saya kerjakan kebanyakan adalah Perjanjian Baru, dan teks ini akan dipakai untuk menampilkan lirik dari Alkitab audio yang sudah dikerjakan oleh Sdri. Therra. Script lain yang saya buat adalah untuk melakukan versifikasi supaya penomoran ayat-ayat sesuai dengan versi KJV. Saya juga mengkonversi file EXP menjadi file SFM yang nantinya akan dipakai untuk mengolah teks Alkitab ke dalam aplikasi ParaText. Menyediakan data teks Alkitab yang bersih dengan format yang benar supaya dapat dibaca oleh semua orang adalah tujuan kami. Karena itu, setiap proses yang telah saya selesaikan harus melewati pengujian mutu (Quality Control). Proses QC ini dilakukan oleh Sdri. Therra, yang sering kami sebut sebagai “Miss QC”. Jika sudah lulus, maka teks Alkitab ini dapat dipakai menjadi modul program software Alkitab SABDA, atau proyek-proyek YLSA lainnya.

Selain mengerjakan tugas rutin ini di kantor, pada bulan Juli 2010 yang lalu saya juga mendapat kesempatan untuk ikut roadshow ke Salatiga bersama Ibu Yulia dan Sdr. Billy. Tidak sama dengan yang saya kerjakan di kantor — berinteraksi dengan teks, kali ini saya harus berinteraksi dengan orang. Kami membagikan CD Alkitab Audio kepada peserta yang menginginkan. Tidak hanya itu saja, kami juga memberikan presentasi program software Alkitab SABDA, dan situs Alkitab SABDA. Saya bersyukur Sdr. Billy yang melakukan presentasi, dan dia melakukannya dengan baik sehingga dapat memotivasi peserta untuk memakai alat studi Alkitab yang sangat lengkap ini. Acara bagi CD dan presentasi SABDA ini dilakukan pada jam istirahat, di sela waktu kosong peserta, karena roadshow kali ini adalah dalam rangka retreat guru YSKI, dan ibu Yulia sebagai salah satu pembicara. Kami berbahagia melihat hasil roadshow ini, karena para peserta sangat antusias menerima pelayanan kami. Kegiatan roadshow ini membuat saya semakin tahu bahwa pekerjaan yang kami lakukan di kantor sangat memberikan dampak besar bagi banyak orang.

Tidak hanya dalam pekerjaan saja, YLSA juga begitu memerhatikan kebutuhan spiritual para stafnya. Setiap pagi kami melakukan pemahaman Alkitab, dan pada hari-hari tertentu kami mendapat training yang dapat memberikan pertumbuhan iman dan pribadi untuk semua stafnya. Hal yang mungkin tidak bisa didapat di tempat kerja yang lain. Masih banyak yang akan saya dapatkan dari YLSA. Saya siap belajar dan berkarya bersama YLSA untuk memberikan yang terbaik bagi kemuliaan Tuhan.

Hadi

Tentang Hadi

Hadi Pramono telah menulis 13 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (10) Trackbacks (0)
  1. Selamat bergabung di YLSA!
    Mari berkarya bagi DIA, Allah yang kita kenal di dalam Tuhan Yesus Kristus.

  2. Hadi: “Masih banyak yang akan saya dapatkan dari YLSA. Saya siap belajar dan berkarya bersama YLSA untuk memberikan yang terbaik bagi kemuliaan Tuhan.”

    Betul sekali, Hadi, tulisanmu di atas. Saya yang sudah hampir 10 tahun di YLSA pun masih harus belajar banyak sekali hal :) dan setiap waktu harus selalu siap belajar. Nah, Hadi, kalau kamu mau dan tekun dan punya hati untuk menyenangkan Tuhan, nikmatilah setiap “pelajaran” di YLSA ini :)

  3. Mas Hadi,

    Anggota baru dengan tanggung jawab yang cukup besar, memproses teks Alkitab.

    It’s not easy, but in Christ nothing is impossible! :)

    Kerjakan semua dengan sukacita, belajar terus dan yang penting selalu melihat ke atas (kepada Tuhan maksudnya hehe..)

    Good Job! (Riyanti Cartwright mode: on)

  4. Itu fotonya Billy sedang melihat ke mana? Ke samping atau agak ke atas :) Bercanda kok, Billy.

    Ya, selama di YLSA aku rasa banget, banyak tantangan, hampir menyerah, tapi dari situ aku bisa rasakan aku kerja di YLSA bukan karena aku bisa, tapi karena Tuhan yang selalu campur tangan … :)

  5. Saya sangat diberkati dengan hasil pekerjaan dan pelayanan saudara-saudara. Jerih lelah saudara dalam Tuhan, tidak sia-sia. GBu

  6. Terima kasih ibu yulia atas kesempatan yang diberikan.
    @Billy & @Evi : trima kasih kakak :)
    “in Christ nothing is impossible!”

  7. Mas Hadi, tangan saya juga penurut kok…tidak pernah protes, hehehe…..

    Betul Mas, di YLSA ini adalah gudang ilmu. Jadi kalau kita sudah masuk didalam’nya’ pasti akan menemui banyak pelajaran :-)

    Tetap semangat ya Mas Hadi…!!

  8. Semangat karena jerih payahmu tidak akan sia-sia..amin

  9. Pak Saya Bisa minta Scrip untuk buat di Alkitab. Boleh ya Pak?

  10. @Jack: script yang seperti apa, pak Jack? Sumber dan kebutuhannya kan berbeda, bisa saja algoritma yang saya pakai berbeda dengan sumber yang Bapak miliki. Mungkin yang paling baik adalah mempelajari pola yang ada pada sumber yang Bapak miliki, lalu diimplementasikan dalam bahasa pemrograman yang Bapak kuasai.
    Terima kasih atas responnya Pak, Tuhan memberkati.


Leave a comment

Connect with Facebook

(required)

 

No trackbacks yet.

© 2009-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran