Blog SABDA
25Feb/104

Situs Kamus SABDA

kamusKira-kira sebulan yang lalu, dalam salah satu rapat bulanan Tim SABDA, saya mendapat tugas untuk membuat sebuah situs, yang sekarang dinamakan situs Kamus SABDA. Tapi jangan salah sangka dulu ya, karena membuat situs kamus bukan berarti YLSA membuat sebuah kamus baru, tapi membuat situs yang berisi kamus-kamus bahasa, baik kamus bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Salah satu contoh kamus yang dapat diakses di situs ini, yang sudah pasti sangat kita kenal bersama, adalah KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia).

Situs Kamus SABDA memuat lebih dari sepuluh jenis kamus dari bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Sebenarnya dalam situs Alkitab SABDA, kamus-kamus ini bisa ditemukan dalam fitur Studi Kata. Namun karena berbagai pertimbangan, akhirnya diputuskan untuk membuat situs Kamus SABDA secara terpisah.

Puji Tuhan, pembuatan situs Kamus SABDA tidak terlalu mengalami masalah yang berat. Tantangan awalnya adalah untuk membuat alamat URL yang sederhana (baca: clean URL). Setelah beberapa hari mengutak-atik file .htaccess, sambil melihat-lihat kode-kode peninggalan para programmer SABDA terdahulu, akhirnya tantangan ini bisa terlewati.

Tantangan berikutnya adalah untuk membuat situs ini bisa menampilkan definisi kata yang dicari dalam bahasa yang tepat. Misalnya, ketika memasukkan kata “love” dalam kamus Indonesia. Karena salah bahasa, seharusnya kata itu tidak ditemukan, tapi di sini masih bisa ditemukan, dengan langsung mengarahkannya ke kamus Inggris. Puji Tuhan hal ini pun bisa teratasi.

Meski awalnya kami tidak merencanakan untuk membuat situs yang besar, tapi karena muncul ide-ide baru sejalan dengan perkembangan situs ini, situs Kamus SABDA akhirnya muncul padat berisi, karena kami menambahkan beberapa fitur yang pasti akan membantu pengguna mencari definisi kata dengan lebih baik.

Selain itu, masih berhubungan dengan hal kamus, Titus juga sedang mengerjakan sebuah aplikasi kecil yang kami sebut kamus.xpi. Ini adalah Firefox addons yang mengambil data yang dihasilkan dari situs Kamus SABDA. Untuk selengkapnya, silahkan menunggu blog yang khusus akan membahas tentang XPI tersebut.

Nah, kami undang Anda untuk berkunjung ke < http://kamus.sabda.org > dan coba memasukkan kata ke dalam kotak pencarian. Bagaimana hasilnya? Kalau tidak puas dan ada usulan-usulan, jangan segan-segan menyampaikannya kepada kami. Semoga situs ini dapat menjadi berkat bagi masyarakat Indonesia secara luas!

Billy

Tentang Billy

Billy Wagey telah menulis 11 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (4) Trackbacks (0)
  1. Kalo bisa penjelasan spt di atas (mengenai program kamus) disertakan di situs program tersebut.

    Maju terus!

  2. saya sangat diberkati lewat situs ini.
    maju terus .
    IMANUEL

  3. Yeremia 17:7
    Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN!

    Maju terus, Bro :)


Leave a comment

Connect with Facebook

(required)

 

No trackbacks yet.

© 2009-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran