Blog SABDA
22Jan/1067

Alkitab Audio SABDA

alkitab_audio_sabdaSaya baru bergabung dengan YLSA pada bulan November 2009 yang lalu. Panggilan saya di kantor adalah Therra dan tugas pertama saya di YLSA adalah membuat algoritma untuk memotong lirik dalam teks Alkitab audio Terjemahan Baru — Perjanjian Baru (TB — PB), yang sudah di-karaoke-kan sebelumnya oleh Billy. Pemikiran kenapa lirik yang ada perlu untuk dipotong adalah karena layar dalam pemutar MP3 biasanya kecil dan tidak bisa menampilkan keseluruhan teks yang ada. Karena itu, perlu suatu program yang bisa memotong teks per ayat yang sudah ada menjadi lebih pendek lagi. Begitu jadi, program itu akan dijalankan dengan melakukan tes di beberapa berkas (file) Alkitab audio. Hasilnya bagus, tidak ada masalah, dan semua lancar-lancar saja.

Tapi, ternyata tidak sampai di sini saja. Saya diminta untuk mengembangkan program dengan membuat pengindeks audio (audio-indexing), yaitu suatu program yang memungkinkan kita untuk mencari suatu kata tertentu dalam audio. Untuk itu kita memerlukan informasi waktu (time data) untuk setiap kata yang ada dalam audio. Tidak ada masalah untuk saya membuat programnya, tapi ketika program dijalankan, masalah mulai bermunculan. Ternyata ada banyak informasi waktu yang tidak pas dengan audio yang dipakai, bahkan ada informasi yang menunjuk ke waktu yang semestinya tidak ada.

Akhirnya muncul pertanyaan, audio manakah yang dulu dipakai untuk membuat informasi waktu, karena setelah dicek ternyata kita punya banyak sekali berkas audio untuk versi Alkitab audio ini (waktu itu saya fokus untuk membuat lirik Alkitab Audio TB — PB). Karena masih belum tahu audio manakah yang seharusnya dipakai, akhirnya proyek ini sempat tertunda beberapa waktu, dan saya ganti fokus dengan membuat antarmuka (interface) untuk pengindeks audio.

Mungkin, kalau bukan karena Bu Yulia yang sebenarnya ingin membagikan CD Alkitab Audio TB — PB untuk para peserta roadshow di Purwokerto, saya tidak akan mengotak-atik data audio TB — PB lagi dan hanya fokus ke pembuatan antarmuka audio. Setelah menghabiskan waktu hampir satu minggu, akhirnya saya menemukan kalau ternyata informasi waktu yang kita miliki itu dibuat berdasarkan audio TB — PB versi .wav OLB yang kualitasnya tidak begitu bagus dan kita tidak punya versi MP3-nya. OK…, berarti waktu yang ada untuk setiap ayat harus digeser sesuai dengan lama audio MP3 yang ada dengan patokan audio .wav OLB.

Thanks to God, akhirnya kita bisa mencetak CD Alkitab Audio TB — PB untuk dibagikan di roadshow Salatiga 16 Januari 2010. [Mohon maaf untuk para peserta roadshow di Purwokerto kalau CD Audio TB — PB yang dibagikan memiliki beberapa kekurangan]. Dan sekarang saya sedang memproses data yang ada untuk membuat CD audio Alkitab versi Bahasa Indonesia Sehari-hari (BIS). Semoga berjalan lancar dan hasilnya dapat menjadi berkat. God Bless.

Update 1:
Sekarang juga telah tersedia audio sebagian dari Perjanjian Lama (Mazmur, Amsal, Pengkhotbah) lengkap dengan lirik teks Alkitabnya. Bagi Anda yang ingin dikirimi tambahan ini, silakan tinggalkan komentar di bawah.

Therra

Tentang Therra

Therra The telah menulis 2 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (67) Trackbacks (0)
  1. Shalom, saya mau minta copy cd Alkitab Audionya juga dong. Thanks JBU

  2. Shallom…
    Saya sudah lama cari alkitab audio ini, dikarenakan ibu saya terganggu penglihatannya jadi mengalami kesulitan dalam membaca alkitab. Saya senang sekali bila bisa di kirim cd audio alkitab ini…thanks GBU…

  3. Saya salah satu yang menerima berkat dengan selalu menerima kiriman CD SABDA, bolehkah saya juga menerima dan membagi berkat dengan CD Audio SABDA? Terima kasih, Kristus memberkati.

  4. Shallom

    Saya ingin dikirimi CD Audio Alkitab PL-PB.

    Terima kasih

    JBU

  5. Tuhan Yesus akan selalu pakai anak-anak-Nya yang selalu available dan segala kemampuan akan diberikan untuk pekerjaan-Nya. Btw… dimana ya tempat untuk download PL – PB dalam mp3 lengkap. Yang saya temukan di SABDA kan harus satu-satu downloadnya, tidak bisa sekaligus. Ada tidak ya yang bisa sekaligus langsung download semua.

    JBU

  6. Aku mau donk audio alkitab untuk perjanjian lamanya yah…

  7. Terimakasih saya telah berhasil mendownload Alkitab audio PB dlm bentuk ISO, tapi kenapa yang PL tidak komplit (hanya Mazmur, amz & Pengkotbah), bisakah saya mendapatkan link yg lebih komplit?
    Jika persediaan masih ada, saya juga mau donk dikirimi CD audio Alkitab PL & PB nya, alamat saya di Villa Aster II / Q.11 – Semarang).
    Terimakasih, Tuhan memberkati…

  8. Saya ingin membeli Audio Alkitab dalam bahasa Indonesia dan bahasa Sunda. Di mana saya mendapatkannya ya?

    Thanks & God Bless

  9. Terima kasih Mutia atas komentarnya,

    Alkitab Audio diberikan secara gratis. Jadi, Mutia tidak perlu membelinya. Kami akan menghubungi Anda melalui email untuk konfirmasi selanjutnya. Tuhan Yesus memberkati.

  10. Saya sangat tertarik dengan audio bible yang ada, karena sebagian besar orang termasuk saya lebih banyak di marketplace daripada di dalam lingkungan gereja. Saya sedang mencari audio bible dengan kualitas suara bagus yang bisa saya dengarkan di mana pun saya berada. Mohon informasi bagaimana mendapatkan CD audio bible ini ya. Tuhan memberkati.

  11. Selamat datang di Blog SABDA, Andre 🙂

    Kami akan menghubungi Anda secepatnya melalui email mengenai informasi pemesanan CD Audio Alkitab ini. Tuhan Yesus memberkati 🙂

  12. Mas saya juga mau dong dikirimi CD alkitabnya. PL-nya lengkap tidak ya? 🙂

  13. @Parni: Shalom, selamat datang di Blog SABDA. Terima kasih atas kunjungannya 🙂

    Alkitab Audio yang PL baru ada 3, yaitu Mazmur, Pengkhotbah, Amsal. Kami akan segera menghubungi Anda melalui email dan akan memberikan informasi selengkapnya tentang pemesanan CD Alkitab Audio.

    Tuhan Yesus memberkati.

  14. Saya membutuhkan Alkitab PL dan PB audio. Tolong hubungi saya via email mengenai prosedurnya. Saya mau membelinya. Terima kasih. GBU.

  15. @Joshua: Shalom. Selamat datang Joshua di blog SABDA dan terima kasih atas komentarnya :D. CD Audio kami sediakan secara gratis. Terkait dengan permintaan CD Audio, kami sudah mengontak Anda melalui emai. Silakan cek email. Tuhan Yesus memberkati 🙂


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.