Blog SABDA
27Aug/0911

YLSA Melayani di Dunia Nyata

ylsa_melayani_di_dunia_nyataYLSA sudah sangat dikenal dengan pelayanannya di dunia maya. Namun demikian, bukan berarti YLSA tidak ada kerinduan untuk melayani di dunia nyata. Saya termasuk salah satu staf YLSA yang sangat mendukung agar YLSA juga berkiprah di dunia nyata. Puji Tuhan, hal ini telah terbukti dan saya selalu dilibatkan untuk ikut merealisasikannya dengan menjadi anggota panitia pelaksana. Bagaimana cara YLSA melayani di dunia nyata?

Sesuai dengan visi dan misinya, maka panggilan YLSA adalah menjadi katalisator bagi jemaat Tuhan (Tubuh Kristus) untuk memperlengkapi mereka dengan prinsip-prinsip dan keterampilan pelayanan sehingga jemaat Tuhan semakin siap membangun Kerajaan-Nya. Tapi YLSA juga percaya bahwa pekerjaan Tuhan ini terlalu besar untuk dikerjakan sendiri, karena itu YLSA menyambut baik sistem kerja sama dengan yayasan/pelayanan lain. Sudah beberapa kali YLSA diundang/mengundang yayasan/pelayanan lain untuk menyelenggarakan seminar/workshop bersama-sama. Di antara mereka adalah Layanan Konseling Keluarga dan Karir(LK3) dan Young Leaders Institute (YLI). Bersama LK3 (Pdt. Julianto Simanjuntak), YLSA telah mengadakan dua kali seminar/workshop untuk memperlengkapi jemaat di kota Solo dengan prinsip dan keterampilan konseling. Dengan YLI (Pdt. Robby I. Chandra), jemaat Solo diperlengkapi dengan prinsip dan keterampilan kepemimpinan. Mimpi YLSA untuk membuka “training center” mudah-mudahan tidak lagi sekadar mimpi karena sudah semakin menjadi kenyataan … :) Pelayanan YLSA benar-benar lengkap … bukan hanya di dunia maya tapi juga di dunia nyata … hehehe ….

Nah, pada bulan Agustus ini, YLSA bersama dengan Institut LK3 kembali mengadakan workshop yang mengambil tema yang cukup menarik, yaitu “Pulihkan Pohon Keluarga Anda”. Saya pribadi punya cerita sendiri setiap kali YLSA menyelenggarakan seminar/workshop seperti ini. Tapi bukan cuma saya yang terlibat, semua staf YLSA ikut terlibat dan mereka pasti juga punya cerita sendiri-sendiri, ya kan? Adrenalin saya selalu terpacu setiap kali terjun menangani tugas-tugas lapangan. Ikut deg-degan kalau pesertanya yang mendaftar baru sedikit :) Selain di bagian pendaftaran peserta, saya juga ikut mengurusi tugas-tugas lain dengan semua rekan di YLSA.

Penyelenggaraan Workshop “Pulihkan Pohon Keluarga Anda” telah selesai kemarin (tgl. 25-26 Agustus 2009). Walaupun sangat capai, tapi melegakan karena pesertanya banyak dan semua acara berjalan baik. Saya dan beberapa rekan tidak bisa mengikuti workshop karena harus bertugas di luar gedung. Tapi doa saya biarlah Tuhan menolong sehingga para peserta mendapat berkat dan keluarga mereka dipulihkan dan jemaat Tuhan dibangunkan. Sungguh menjadi pengalaman yang tidak pernah akan saya lupakan.

Kristin

Tentang Kristin

Kristina Dwi Lestari telah menulis 3 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (11) Trackbacks (0)
  1. Ya, sempat tegang juga, karena manajer restoran yang dipakai untuk tempat workshop agak kaku sehingga jam 9 persis kita harus sudah selesai. Untung pak Julianto cukup mengerti dan bagus dalam mengatur waktu, sehingga kita tidak sampai kena charge tambahan :)

    Materinya sendiri sangat menarik dan menjadi berkat buat saya pribadi. Makasih bang Jul!

  2. Pelayanan “nyata” YLSA di luar dunia maya memang selalu menyenangkan, walau ada tegang-tegangnya juga. Namun, bersyukur, karena selama 8 tahun di YLSA saya melihat Tuhan pun ingin YLSA bergerak lebih relevan lagi dalam menghubungkan pelayanan dunia maya dengan dunia nyata.

    Terlebih, follow up dari seminar kemarin adalah membuka sekolah untuk konselor di kota Solo. Lagi-lagi Tuhan memberikan kesempatan kepada YLSA untuk turut ambil bagian. Mohon doakan agar rencana ini dapat terwujud seturut kehendak Tuhan.

  3. Yang luar biasa juga adalah Tuhan pake kita tidak selalu dengan bidang yang kita pelajari atau tekuni.
    Contohnya saya :)

    Sejujur-jujurnya, saya sangat minim pengalaman di bidang audio. Selama ini cuma sebagai hobby saja, dulu di rumah kadang iseng2 rekam2 permainan gitar saya sendiri (rada narsis juga).

    Tapi dengan pengalaman yang sedikit itu, jika kita serahkan semua untuk melayani Tuhan, maka Tuhan akan berkati dan sediakan skill yang kita butuhkan.

    Sampe sekarang, selama di YLSA, seingat saya sudah 4x seminar, dan dalam 4x seminar itu saya diberi kesempatan untuk bertanggung jawab untuk audio recording :) )

    Thank you God!

    (Nantikan audionya di situs audio YLSA dalam waktu-waktu mendatang)

  4. Pada hari pertama saya keluar masuk ruangan karena di antara dua pilihan, yaitu ingin mendapat berkat dan tuntutan tugas lapangan. Pada hari ke dua, saya berusaha keras untuk tetap duduk di dalam, dan banyak berkat yang saya peroleh.

    Pada waktu workshop jika di hitung-hitung bisa lebih dari 3x saya “tertampar” =P wow…ternyata saya termasuk salah satu dari beberapa kategori yang sedang di bicarakan.

    Kesimpulannya, banyak deh berkat yang saya peroleh, ga cuma berkat rohani, tapi juga berkat pengembangan diri karena harus belajar bersosialisasi dan bekerjasama, dll… Makasih untuk Pak Julianto atas pengetahuan ttg pohon keluarga, untuk teman-teman YLSA yang kompak, rukun, dan baik karena mau mengajarkan pada saya bagaimana berkomunikasi dan bersosialisasi..Tuhan berkati kalian semua.

  5. Oh..iya kelupaan soal tegang…teman-teman tegang itu kadang bagus untuk kita bisa membangkitkan semangat dan adrenalin, selain itu ga bagus loh kita berlama-lama di zona nyaman…tul ga?

  6. 1. Sebelum workshop dimulai ada seorang bapak (ternyata Pak Julianto) yang menjabat tangan saya dan menyebut nama saya, “Tatik”, saya kaget dan ge-er, wah kog saya terkenal ya?…. setelah 10 detik saya sadar bahwa ternyata saya memakai name tag. :)

    2. Melalui sharing disela-sela workshop waktu itu saya jadi tahu bahwa teman saya (mbak Ivana) ternyata cucu kesayangan emak-emaknya…. :p

    3. Dari workshop saya mendapat pelajaran yang menarik melalui 1 kalimat, yaitu “Hidup Sukses, Mati Berkualitas” :)

  7. Saya baru pertama kali ini masuk ke situs ini.

    Syalom, saya sudah pernah mengikuti ceramah Pak Yulianto Simanjuntak Agustus 2008 di Hotel RedTop Jakarta dalam acara yang diselenggarakan oleh LPMI.

    Bagaimana caranya untuk dapat berkonsultasi dengan beliau berkenaan dengan masalah-masalah psikologi remaja/pemuda.

    Mohon infonya. God bless you.

    August Siwy.

  8. Beberapa waktu sebelumnya, saya sudah pernah mengikuti seminar serupa dan sudah pernah membaca buku-buku seputar “Healing Your Family Tree”. Namun saya tidak menyesal bisa terlibat dalam seminar kali ini, karena secara tidak langsung membantu saya untuk mengingat kembali hal-hal yang dulu sudah pernah saya pelajari. :)

  9. @august siwy
    Mungkin Anda bisa masuk di sini sebagai langkah awal untuk dapat berkonsultasi dengan Pak Julianto. Semoga membantu.

    Soal seminar, saya senang dapat ikut membantu juga … apalagi yang ikut banyak dan melebihi target, lihat saja fotonya, nampak sesak. Tapi ya bersyukur karena acaranya bisa berjalan dengan lancar dan banyak orang mendapat berkat.


Leave a comment

Connect with Facebook

(required)

 

No trackbacks yet.

© 2009-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran